Cara Menjadi TKI Di Jepang Yang Patut Anda Coba



Mau bekerja di Jepang?

Cara menjadi TKI di Jepang – Anda pasti sering bertanya-tanya bagaimana sih cara bekerja di Jepang dan ada lowongan pekerjaan yang halal tidak di Jepang. Selain itu, ada juga pertanyaan yang sering timbul di dalam benak tenaga kerja Indonesia yang ingin bekerja di Jepang yakni apakah ada syarat tentang pendidikan seperti harus ada gelar S1 dan IPK minimalnya berapa?. Tiga pertanyaan ini memang sering ditanyakan oleh sebagian orang, pertanyaan ini terlihat sangatlah singkat akan tetapi memerlukan jawaban yang sangat panjang. Meskipun begitu, pertanyaan yang sering diajukan ini tidak ada yang salah, namanya juga orang yang tidak tahu pasti perlu menanyakan kepada orang yang lebih tahu.

Untuk dapat bekerja di Jepang anda harus mengetahui salah satu informasi umumnya yakni anda harus bisa mempelajari bahasa Jepang agar bisa menjadi TKI di Jepang. Karena biasanya penduduk Jepang tidak terlalu faham dengan bahasa Inggris jadi mereka sepenuhnya hanya menggunakan bahasa Jepang. Begitu juga dengan tulisannya, penduduk Jepang juga tidak akan mengerti dengan huruf romawi, oleh sebab itu jika ingin bekerja di negeri sakuran ini anda harus bisa menguasai huruf Jepang seperti hiragana, katanana dan huruf kanji dasar lainnya.

Bagi anda yang ingin menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Jepang sebaiknya harus mengetahui beberapa informasi penting mengenai bagaimanna cara menjadi TKI di di Jepang. Berikut ini akan dipaparkan mengenai cara agar anda bisa menjadi TKI di Jepang, yakni :


Melamar Pekerjaan Di Perusahaan Jepang Di Indonesia


Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk bisa menjadi TKI di Jepang ialah anda harus melamar kerja di perusahaan Jepang yang ada di wilayah Indonesia dan meminta untuk ditempatkan di Jepang. Hal ini bisa anda coba karena sudah banyak orang yang berhasil bekerja di Jepang dengan cara ini. Selain itu, anda juga bisa mencari perusahaan Jepang yang ada di Indonesia yang secara rutin selalu menugaskan karyawannya untuk bekerja di Jepang.

Menjadi Pengawai Magang



Anda bisa menjadi kenshusei atau biasa dikatakan pegawai magang. Dengan bekerja sebagai pegawai magang juga menjadi salah satu cara yang paling banyak dicari oleh mereka yang ingin bekerja di Jepang.  Pada umumnya lowongan untuk pekerja magang sangatlah banyak tersedia dan jika anda sudah menjadi pekerja magang di perusahaan Jepang maka peluang untuk anda menjadi pekerja tetap di Jepang akan lebih besar. Informasi penyaluran pegawai magang ini  bisa anda dapatkan di Departemen Tenaga Kerja. Selain itu, untuk mendaftar sebagai pegawai magang anda juga tidak perlu pendidikan yang terlalu tinggi ataupun pengalaman kerja yang banyak. Karena biasanya pegawai magang akan bekerja di pabrik seperti teknisi mesin ataupun operator mesin dan di bidang  pertanian dan peternakan.


Mencari Sekolah Di Jepang


Untuk menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Jepang, salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari sekolah di Jepang. Hal ini berguna untuk anda bisa pergi ke Jepang dengan visa non-turis. Dengan begitu anda akan lebih mudah mencari lowongan pekerjaan setelah menetap di Jepang. Jika setelah lulus dari sekolah anda berhasil mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan Jepang maka masalah kontrak maupun visa akan diurus langsung oleh pihak perusahaan.

Menjalin Hubungan Dengan Warga Negara Jepang



Cara selanjutnya untuk bisa menjadi TKI di Jepang ialah dengan menjalin hubungan dengan warga negara Jepang. Cara ini memang sangat cocok jika anda masih single karena akan lebih mudah memiliki hubungan pernikahan dengan warga negera Jepang. Cara yang satu ini memang terbilang aneh, akan tetapi ketika anda memiliki pasangan hidup yang merupakan warga negara Jepang maka anda juga bisa menetap disana tanpa adanya gangguan. Setelah anda menetap di Jepang maka untuk mencari pekerjaan akan lebih mudah.

Itulah beberapa informasi mengenai cara menjadi TKI di Jepang. Semoga apa yang telah dipaparkan di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai cara menjadi TKI di Jepang.

Share this:

CONVERSATION

5 comments:

  1. ternyata mau kerja di negara orang ribet juga yah mesti tahu bahasa mereka dulu. ta kirain kalau modal bahasa inggris juga bisa tapi ternyata gak semua orang bisa bahasa inggris ternyata.

    BalasHapus
  2. masih belom kefikiran untuk kerja di negri orang. tapi enggak mau menutup diri juga sih, kalo rejekinya kerja di negri orang, mau gimana lagi. ehe...
    ada poin lagi sih sebenernya untuk bekerja di jepang, yaitu memiliki kawan, nggak perlu orang jepang, orang indo yang menetap lama di jepang pun kadang bisa mencarikan info kerjaan disana.
    tapi beneran deh, kalo pun bisa mengunjungi jepang, ga harus kerja juga, klo pun bsa jdi turis dsana, pgen foto menggunakan baju ala-ala samurai gitu. weheheh

    udh lama nih ga main ke blognya si mas

    BalasHapus
  3. iya neh, banyak temen saya yang nyari beasiswa ke jepang, dan alhamdulillah ada 1 yang lolos dari angkatan saya

    BalasHapus
  4. wah, banyakjalan kok kalau kerja,

    banyak LPKyang siap pula :)

    BalasHapus
  5. Wahhh, setahun di jepang bisa kaya ya. Sangat menggiurkan..

    BalasHapus