Tips Cara Menjadi Entrepreneur Pemula Yang Sukses

Cara Menjadi Entrepreneur Pemula Yang Sukses


Cara menjadi entrepreneur sangat kamu perlukan apabila ingin sukses di usia muda. Zaman dahulu sangat susah untuk menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha karena harus belajar secara otodidak, diakibatkan kurangnya sumber dan panutan sebagai contoh. Karena kurangnya keterampilan membuat sebagian dari mereka bangkrut namun terdapat beberapa yang memilih bangkit dan menjadi sukses karena belajar dari kesalahan. Namun berbeda dengan saat ini yang semua informasi mudah didapat. Ditambah lagi dengan program entrepreneur yang dapat dihadiri oleh berbagai kalangan hingga anak SMA.  Ditambah lagi dengan merambahnya usaha online sehingga untuk menjadi pengusaha dapat dilakukan oleh semua orang baik dalam skala besar maupun yang kecil. Namun tidak jarang ada yang kurang terampil sehingga usahanya berhenti di tengah jalan bahkan sebelum tahun pertama.

1. Berani mengambil resiko


Jiwa seorang pengusaha adalah tidak takut dengan resiko, serta berpikir dengan cara out the box. Mengambil resiko artinya kamu berani mengambil keputusan dan bertindak, dimana sebagian orang dalam menjalankan usaha masih takut rugi. Padahal dalam usaha tidak dapat selalu dalam keadaan untung dan kebanyakan pengusaha muda lebih suka menunggu dalam membuat bisnis serta menunggu adanya banyak pembeli. Padahal yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha adalah bagaimana caranya untuk fokus dalam bisnisnya tersebut. Seperti survey yang dilakukan di Eropa yang mengatakan bahwa waktu yang tepat dalam mengambil resiko adalah pada usia 20 tahun. Serta berfikir out the box sangat penting sebab dengan cara ini dapat menghadirkan sesuatu yang baru sehingga orang tertarik membelinya. Serta membuat kamu satu-satunya pengusaha yang menjual barang tersebut sehingga untuk pesaingnya sangat kecil.  

2. Terus melakukan inovasi


Salah satu keuntungan dalam menerapkan pola pemikiran out the box adalah dapat berinovasi. Dimana inovasi merupakan kunci sukses dalam berbisnis. Berinovasi tidak melulu menciptakan sesuatu yang baru namun dapat juga mengolah barang yang sudah ada dengan lebih tepat sehingga jauh lebih berguna dari sebelumnya. Tentu saja kamu memerlukan ide yang gila dan berani dalam mengaplikasikannya. Karena itu kamu perlu mensurvey dan memperhatikan lingkungan sekitar, apakah ada yang mengganjal. Lalu buatlah ide-ide kreatif tanpa harus takut, apabila kamu menemukan rintangan seperti kritikan jangan sampai jatuh. Karena lewat kritikan itulah kita dapat membangun dan memperbaiki kesalahannya dimana.


3. Memperbaiki kemampuan dalam mencari relasi


Salah satu penghalang para pengusaha muda adalah malu dan takut untuk bersosialiasi. Padahal dengan bersosialiasi kamu dapat memperluas jaringan sehingga mudah dalam memasarkan produk. Namun sifat yang malu-malu apalagi untuk lingkungan yang baru, membuat mereka menerka tentang usaha apa yang cocok untuk pasar tersebut. Karena itu keluar dari zona nyaman sangat diperlukan karena dapat memperluas bisnis kamu apabila telah maju. Jangan segan untuk memperkenalkan diri, apalagi saat ini kamu sudah dipermudah dalam berinteraksi dengan munculnya sosial media.  

4. Menetapkan target dan standar


Agar bisnis kamu maju maka kamu harus menetapkan target dan standar. Target dan standar haruslah terhubung. Namun dalam menetapkannya kamu harus realistis, karena target yang tinggi akan susah dicapai sehingga kamu akan kecewa. Tetapi bukan berarti target yang kamu patok harus rendah. Karena akan membuat kamu cepat puas sehingga bisnis kamu tidak berkembang. Karena itu dalam membuat target harus megalami peningkatan sedikit-sedikit. Dimana apabila target pertama telah dicapai maka buatlah target kedua yang lebih sedikit tinggi dari target pertama.

5. Tidak gampang menyerah


Tidak mudah menyerah merupakan sifat yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha baik pemula maupun yang veteran. Tidak mudah menyerah tidak semudah dengan mengucapkannya jika dijalankan. Karena dalam memulai usaha pasti ada saja rintangan yang akan kamu temui, karena itu kamu harus mempunyai niat yang kuat dan semangat baja agar saat gagal kamu tidak akan terpuruk. Karena kamu harus bangkit dan belajar dari kesalahan yang sudah ada agar tidak jatuh dalam lubang yang sama. Semua tips ini merupakan cara menjadi entrepreneur untuk pemula hingga sukses.

Share this:

CONVERSATION

2 comments:

Fanny f nila mengatakan...

Padahl aku tipe yg berani ambil resiko kalo udh menyangkut jual beli saham. Tp nth kenapa msh blm berani kalo soal resiko jd pengusaha :D. Makanya sampe skr msh blm mau kluar dr zona nyaman dan terjamin kantoran... Pdhl papaku pengusaha bakery.. Tp sampe skr, malah suaminya adekku yg tertarik utk bantuin dan nerusin usaha papa :D. Pd Dasarny dia memang pengusaha juga sih..

Puput mengatakan...

tergantung panggilan jiwa berarti ya, :p aku juga gitu sie sebenernyta.. takut2 gmn gitu