J2ME Tutorial, Membuat Menu di Canvas
Kali ini gw coba bikin tutorial untuk membuat menu menggunakan Class Canvas, memang tidak ada salahnya membuat menu menggunakan Class List pake type List.IMPLICIT. Tapi dengan menggunakan Canvas gw lebih leluasa untuk membuat menu sesuai dengan yang gw mau, istilahnya tidak terbatas dengan pilihan yang ada di Class List.
Rencananya cukup sederhana, gw mau bikin menu yang bisa di pilih pake tombol panah atas ama bawah, trus menunya tuh punya gambar norak yang sering mungcul di blog gw.
Sebelumnya gw mau ngasih info dulu spesifikasi gw waktu bikin menu ini,
OS : Microsoft windows vista asli
IDE : Eclipse yang udah di install plugins elipse me
Java : versi 1.6.0 pake emulator dari Sony Erricson
Spec diatas cuma informasi aja kok, dan kenapa gw pake eclipse karena gw dari dulu makenya eclipse. Gw pake netbean kalo lagi penasaran pengen membandingkan aja, alias iseng bukan kepalang.
Pertama yang gw lakukan adalah, gw bikin suatu Class turunan Canvas, yang nantinya akan kita tampilkan di Midlet kita. Lalu kita tulis logic kode menu yang kita inginkan pada method yang wajib di impelemtasi yaitu method paint.
Dari gambar diatas kita bisa liat kalau CanvasMenu adalah nama Classnya, statCursos adalah nama variable untuk menyimpan status kita sedang ada di menu yang mana. Sedangkan arrMenuText adalah variable yang menyimpan data text menu kita yang akan kita tampilan di layar. Kalau itsYpos adalah variable yang menyimpan status koordinay Y pada layar guna penggambaran menu. Untuk backgroundnya gw menggunakan variable background. Untuk melakukan pemanggilan terhadap gambar yang mana untuk background menu kita gw taroh di constructor dari Class CanvasMenu kita bisa liat
background = Image.createImage(“/bg.png”);
gw sendiri udah menyiapkan gampar bernama bg.png di recourse folder, kalian nanti bisa download file sourcenya.
Dari gambar adalah method paint yang memiliki parameter class Graphics yang bisa kita gunakan. Kode di atas menceritakan awalnya gw ngecek kalo background udah berhasil ke load di variable atau belum, kalau sudah maka akan menggambar ke layar dari posisi awal koordinat x=0 dan y=0 dengan posisi mepet atas dan kiri.
Lalu gw definisikan posisi koordinat y di variable itsYpos dengan nilai ¼ dari tinggi layar, dan melakukan looping pada arrMenuText, di setial looping gw cek nilai dari statCursor sedang ada di manakah beliau. Apabila cocok maka akan set warna jadi ungu dengan g.setColor(200,20,255) dan gambar kotak dengan g.fillRect() pada letak menu yang pas di cursornya, selanjutnya memberikan warna pada tulisan menu dengan warna biru dan mencetaknya. Lalu koordinat y naik sebesar 30 untuk melanjutkan menulis menu selanjutnya pada koordinay y yang baru.
Kalau gambar di atas adalam method keyPressed yang digunakan untuk memeriksa tombol yang kita tekan di ponsel kita, dari gambar di atas gw Cuma meriksa tombol panah atas dan bawah. Di dalamnya melakukan pengecekan untuk membuat cursor melakaukan seleksi pada menu yang tepat, tidak keluar dari arrMenuText yang ada, setelah itu gw refresh layar pake repaint().
Lalu kita tinggal menampilkan CanvasMenu kita di class Midlet kita seperti gambar di bawah ini.
Semoga tutorial kecil ini bisa berguna, dan kalau ada pertanyaan silahkan masukan di kolom komentar, gw coba jawab sebisa gw :p
Download Source code J2ME Tutorial, Membuat Menu di CanvasJ2ME Tutorial, Membuat Menu Grid di Canvas
mas puput mau nanya nih
BalasHapusklu bikin game mobile bisa di eclips ngak
ato cuma di netbeans
makasih
bisa kok, download aja plugin nya di http://eclipseme.org buat ngonekin ke WTK nya. kalo saya pakenya plugin itu. coba aja moga2 sesuai
BalasHapuswow, developer J2ME rupanya..
BalasHapus8o
*garuk2 kepala* mode on
BalasHapuseclips ama netbeans itu apa ya put...?
lebih jago mana kalo diadu...?
Dasyat sobat
BalasHapusSaya mah gaptek urusan ginian :)
tutorialnya, mantab habis, mbak, informatif dan bermanfaat. tapi dasar sayanya myang gaptek, hiks, sdh ada tutorialnyam tapi ndak mudheng juga, hehe ....
BalasHapusmantap nih tutorialnya ... jadi pengen nyoba j2me ...
BalasHapusthank banget infonya mas
BalasHapusgaruk kepala mode on*
BalasHapusne pada ngomongin apa to?
BalasHapusaku ga ngerti soal ginian, hehe :D
BalasHapuseniwei, salam kenal, trims dah berkunjung ke blogku :)
@tiyas
BalasHapusaku cuma belajar aja kok
sekalian di tulis biar inget2 gak lupa.
@BlogSigit mengatakan...
jangan di adu mas.. kasihan hehehheh :)
@cucuharis
terima kasih :)
@sawali tuhusetya
terima kasih mas..
@Permana
silahkan2 mas
@ghenbiu
sama2 mas :)
@genial
mau di garukin :p
@wh
tutorial :)
@phiy
sama2 makasih mas
haduuuuh pusing gw liat koding java....
BalasHapusmata gw kung2 langsung...
tar dah di coba...
tp paling gag bisa ngahahahaha
ah.... ga ngerti put gw... ahahaha
BalasHapusIya..sama.. we jg ga ngerti..hahahaa
Hapus@diana bochiel
BalasHapuscoba aja di.. tnks.. :)
@Nee
hehehehe :p tnks ud liat2
syaratnya;
BalasHapusWindows vista asli?
huah..
puny gue asli gak ya?
*curiga*
Gue Pikir Puput Itu Lempengan bro.. ternyata Lo Batangan :D
BalasHapus@chaliciousgealgeol
BalasHapushuehehhe... :p
@baladika
wakakaka... maaf mengecewakan :D
wew... mantabh bro.....
BalasHapuswao, thx bngt wat tutorialnya :D
BalasHapusWah mantep nih tutorialnya....
BalasHapus*bengong* gak ngertiiiiiiiiii =))
BalasHapussalam kenal. makasih tutorialnya. baru mulai belajar javaME. semangat terus bikin tutorialnya.
BalasHapus@Wisata SEO
BalasHapusmakasih
@Edwin mengatakan...
sama2 mas edwin,
@buJaNG mengatakan...
makasih pak :)
@ichanx mengatakan...
:) dor
@cah bodoh cla_x
makasih, semoga berguna
salam kenal, mas. saya baru banget neh di dunia J2ME, sayangnya begitu juga dengan dunia JAVA. dunia kerja yang 'memaksa' saya masuk ke situ, hehehe... tapi ternyata menyenangkan juga ^_____^
BalasHapussaya udah coba code2 yang mas kasih di atas, persis sama. tapi ada beberapa masalah:
1. (IOException e) ->
cannot find symbol
symbol: class IOException
location: class CanvasMenu
2. e.printStackTrace() ->
cannot find symbol
symbol: method printStackTrace()
location: class IOException
3. Display.getDisplay(this).setCurrent(cm) ->
getDisplay(...) in ... cannot be applied to (CanvasMenu)
cannot find symbol
symbol: method setCurrent(CanvasMenu)
location: class ...
saya pake NetBeans. mohon petunjuk, mas. makasih ya :D
@berbagipikiran
BalasHapussalam kenal juga mas :)
kemungkinan error itu karena tidak menemukan file backgroundnya mas "bg.png" saya curiga itu karena ada error "IOException"
di sourcecode yang di atas itu kan terlalu banyak file lain. untuk memakai netbean mungkin setelah bikin project j2me baru mas copy aja langsung folder yang "src" dan "res"
semoga membantu :)
mas,ada gk referensi buat setting sound (on,off) pake canvas?thanxb4
BalasHapus@mamah
BalasHapusdi fungsi keyPressed(int keyCode)
ditambahkan aja else disana
else if (getGameAction(keyCode) == FIRE)
{
//misalnya index untuk text Off Suara =0
if (statCursor == 0)
{
//Panggil fungsi untuk off suaranya
}
}
semoga berhasil
apikkkk mantaff brooo
BalasHapus@bim
BalasHapustrima kasih mas bim, :)
yang mw tw cara terbebas dari belenggu pulsa sehari2,mudah ko',..!KLIK DISINI MUNGKIN BERGUNA BUAT ANDA..!makasi
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuskl mau buat next - previous di menunya gimana bang???
BalasHapusmas, kalo pakenya wireless toolkit apa juga bisa dengan source kode ini?
BalasHapussaya sudah coba,buildnya sukses tapi pas dijalanin di emulator tampilannya gak keluar dan keluar error seperti ini "Exception:java.lang.InstantiationException:Class not a midlet".
kenapa ya? apa ga cocok? hehe...nekad ya aku...
@anonim
BalasHapusada Class Command itu bisa dipake buat next/previus atau kalo mau capture sendiri key next/previus di method keyPressed, nanti tinggal ubah2 layarnya.
@elya
bisa kok, hmmm saya sendiri males kalo pake WTK only, biasa pake IDE, mungkin di WTK ada settingan yang merujuk dimana Class turunan MIDletnya, nah mungkin kalo itu udah di set errornya ilang. heheh hebat berani nekat :p
ada contoh penggunaan gak bang???
BalasHapuskan menunya itu pke canvas,jd misal masuk menu 1,ntar bisa back lagi ke menu utama @_@
@anonim
BalasHapusmau make yang pake Command atau keyPressed
intinya keduanya sama, misalnya kita bikin ada 2 Canvas, nanti kalau dipilih salah satu tombol, Display nya di setCurrent() canvasNext atau canvasUtama
contohnya bro...
BalasHapusmisal pke menu utamanya py dikau itu, trz aq buat 1 kelas lagi Tampilan1
cara munculin ke Tampilan1 itu gimana? trz kl dikasih BACK gimana...mksi bro sblmnya
udah utak atik tetep gak isa,prustasi daku...hehehehe
Class yang kamu buat itu turunan dari Displayable kan, nah untuk menampilkannya panggil
BalasHapusDisplay.getDisplay(midletNya).setCurrent(classNya)
semoga berhasil
bukan Displayable bang kelasnya,tp dia extends canvas gt,gimana manggilnya
BalasHapusiya turunan Canvas, dan Canvas itu turunan Displayable. jadi turunan Displayable itu ada Canvas ada Form dan ada List.. dan apa lagi yah.. lupa saya (kalo gak salah :p)
BalasHapusnah cara pakenya di setCurrent(Classnya), sama kaya menampilkan menu awal.
Semoga berhasi.
mas,nanya lagi...
BalasHapustaruh lah itu tampilan awal dah sukses (hehe...semoga,amin...).:p
trus cara hubungin ke selanjutnya gimana? ya istilah kerennya ke database nya gitu (kalo di j2me disebut RMS ya???)
bisa di contohin ga?
terima kasih atas bantuannya...
@elya
BalasHapushmmm sory aku susah bayanginnya, maksudnya tampilan layar di hubungin ma database itu yg gimana yah
hehe...maaf mas,baru bales.kemarin lagi mudik!
BalasHapusmaaf lahir batin ya...
bingung ya? aku juga jadi ikut bingung deh gimana ngomongnya.
gini aja,untuk sementara lupakan soal database.kita kembali ke tampilan..
kemarin aku dah buat 2tampilan. tampilan 1 sukses,dari tampilan 1 ini aku menuju tampilan 2 menggunakan command screen.
setelah aku running berhasil,tapi yang tampil cuma tampilan pertama,pas mau aktifin tampilan 2 cuma kedip-kedip aja.kenapa ya? trus bedanya command screen dan ok apa ya? terima kasih mas...:)
Klo dah tambah
BalasHapuselse if (getGameAction(keyCode) == FIRE)
{
if (statCursor == 0) {
System.out.println("Test");
// aku view di output keluar tulisan Test
Cara nambah biar bisa akses form di Main.java gimana ya?
// Main.java
public void startMIDlet() {
switchDisplayable(null,getForm()); }
public void switchDisplayable(Alert alert, Displayable nextDisplayable) {
Display display = getDisplay();
if (alert == null) {
display.setCurrent(nextDisplayable);
} else {
display.setCurrent(alert, nextDisplayable); }
}
soalnya klo ga via Canvas ini aku masukin di startApp() nya
initialize();
startMIDlet();
Makasih
@elya
BalasHapusbedanya cuma di letaknya aja kok, beda2 buat hp
@anonim
gini aja,
object Midlet nya kamu passing ke class Canvas kamu aja, nah perubahan display bisa kamu atur2 di canvas
cara buat diagram batang dengan canvas dari data di RMS gmn y???
BalasHapusthanks b4...^^
@Anonim
BalasHapuskalo udah bisa ambil data dari RMS, tinggal mainin drawRect atau fillRect aja, berkreasi bebas
Alo mas puput exist terus....
BalasHapusaku mau nanya nih, apakah bisa menu tersebut di tampilkan dari filemenu.txt yang kita taruh pada folder res? tujuannya adalah jika kita ingin menambahkan menu cukup hanya menambah list menu pada filemenu.txt tanpa menambah array "new String[]" pada source code dan tanpa merubah fungsi dari menu itu sendiri. mungkin ini nantinya dapat di implementsikan pada mobile learning atau mobile book. saya senang sekali jika mas puput bisa sharing dengan saya, ini email saya tiefanliu@gmail.com, thanks ya mas
@mooz
BalasHapusmau baca file di RES folder J2ME,
saya agak lupa sie,
tapi kira2
getClass().getResourceAsStream("filemenu.txt");
nanti dapet InputStream trus di looping read InputStream nya.
trus dapet byte, jadiin String, trus di Split sesuai sama delimeter di filemenu.txt. jadi deh array String nya.
wah... ada master J2ME :D
BalasHapusmo nanya nih... isa g capture image lewat J2ME?
kan aku mau buat nangkep gambar pake camera. tetapi klo pake getSnapshot() pasti akan mengembalikan byte[] sebesar ukuran resolusi camera. Kepengennya sih ngembalikan byte[] sesuai dengan ukuran layar screen (jadi lebih kecil). klo ide ku sih masih sebatas resize gambar yg udah diambil. tapi klo ada yg lebih baik tolong bantuannya... :D
DahsyaT bnget c yanG namanya puput iNi..
BalasHapusmauU dounk bsa j2me ..
huhu
aku IMK dsuruh buat mobile aplikasi
menurut puput yaNg kira" nya sering dpake apa yah?.
kLo game gtU gmana?.
@omega
BalasHapusbukan master, gw baru belajar kok
yup dulu gw juga gitu, dapet gede trus di resize aja, gak pake macem2 :D
@ogawa
gw baruu blajar kok,
kalo menurut gw, bikin aja education game di HP, biar anak kecil kalo maen HP bisa dapet manfaatnya..
halo,mas puput..
BalasHapussy mau tnya neh,sy kan mau TA dngan topik membuat kamus untuk hp dngn pke netbeans..
apa bsa dibantu?
thanks
@anonim
BalasHapusapa yg bisa saya bantu?
sya mau desain menu utama sperti yg mas puput buat..tp tnpa background..
BalasHapusapa codingnya sama?
lalu stau sy,di netbeans ada bagian source, screen, flow,dan analyzer..lalu gmana bagian flowny?
thanks b4
@anonim
BalasHapuskalo gk pake background, g.drawImage nya bisa di komentarin aja,
jujur saya ud lupa kalo pake netbean, tapi kayaknya bagian flow di biarin aja, soalnya saya lebih suka nulis logic di code aja, untuk flow dari layar ini bisa di mainin di method keyPressed nya aja
klo databaseny gmn ya?
BalasHapussy mau buat kamus,tp keqny kl ditulis 1/1 buang wktu..
apa qra2 mas puput bsa kasih tau link yg bisa sy download yg berisi kosakata untuk kamus?
lalu penulisan databaseny enakan pake apa ya?
thanks a lot
@anonim
BalasHapusdatabase bisa pake rms atau taro di text file load pada awal app start, wah kalo kosa kata gak pernah nemu yang kayak gitu, maaf
mau tanya bro (kl gak sempet posting bales ke imel jg ndak papa urgent soalnya hehehe)
BalasHapuskalau mbuat menu gt skalian fungsi tombol backnya gmana ya...mohon ptunjuk
oiya sedikit tanya untuk menu nya...hi-lite bar nya kadang tidak sebesar fontnya...jd kalau mau buat konstan sebesar fontnya gmana ya? :D
@ferme
BalasHapuskalo mau tombol back, bisa pake (kalo gak salah)CommandButton, itu bawaan dari J2me nya, atau kalo mau biar serasi sama canvasnya, kamu buat aja rectangle di pojok kanan atau kiri, trus actionnya kamu capture di methode keyPressed
kalau mau lebih besar dari fontnya, kamu cek di class font yang kamu buat, disitu ada method getHeight() kamu ambil nilainya trus kamu tambahain aja beberapa pixel biar lebih besar.
moga2 membantu
terima kasih banyak.. saya newbie dalam belajar canvas.. ^^
BalasHapus@ilmu mutiara
BalasHapussama2 terima kasih banyak juga
mas kox nggak bisa didownload ya projectnya, saya kan mau untuk metode steganografi lsb mas punya nggak ya? kalau punya apa saya minta diajari... mas buat coding diatas kox nggak bisa didownload kalau boleh saya tolong dikirimi di email barongan_ok@yahoo.com. trimz
BalasHapusmas puput, ko saya mw donlot zipnya, filenya corrupt? mohon bantunnya mas.. bs kirim ke email saya? di ayu.anggreani@adirarent.com atau di ayoe_ravenclaw@yahoo.com
BalasHapusceritanya saya mw bljr j2me,krn akan ketiban project dgn base J2ME -_-!
@dika & ayoeravenclaw
BalasHapusaneh kok pada gak bisa download yah, btw errornya apa. di sini kok bisa ke download yah.
mas cara membuat game harvest moon gimana . . . .
BalasHapustapi yang kaya versi gba . .. harvestmoon friends of mineral town . .. . .
mas mau nanya kalo edit size g.fillRect gimana c, biar ukuran kotaknya itu sesuai sma panjang text menu
BalasHapussatu lagi misalnya ditulisan menu1 mau ditambahin icon gimana caranya???
segera dijwab y mas
tenkyuuuuu
@anonim
BalasHapuswah.. kalo bikin game semacam itu berat tuh, kompleks.. panjang ceritanya
@ai
kalo mau panjangnya mengikuti text, kamu coba buat Font trus kamu apply font ke drawString trus kamu liat berapa widht 1 Font tersebut, dan di kali banyak karakter, dapet deh panjang dari drawString nya,
kalo mau nambah icon pake drawImage aja, letak x,y nya sesuaiin sama x,y dari drawString biar lebih cantik
mas bikin tutorial hubungin menunya donk
BalasHapusmisalnya nih di menu1 = formabout
trus di mainmidlet.java + canvasmenu.java
apa aja yang perlu ditambahin
tolong dunks, berikan penjelasan yg lengkap
@anonim
BalasHapusboleh aja, mungkin kalo saya sempat nanti akan coba saya upload untuk tutorial itu.. salam
Mas Pu2t,
BalasHapusaku baru baca blajar cepat pmrograman j2me.. Tapi gak ada contoh pmakaian list.implicit tuk pangil list.implicit di class laen. Aq mo bikin catalog produk agar bisa klik item jenis,klik model, trus t'akhir klik ktrgn dgn baca file txt sbg database ktrngn.
Minta contoh n pencerahannya...
Thx buanget sblumnya
kalau mau yang cepet coba ke javaalmanac.com disana menyediakan contoh source code, sapa tau ada list implicit, sukses
BalasHapushello mas puput,,,,
BalasHapussebelumnya maaf kl komentar saya kurang berkenan,,,saya ingin tanya, kira - kira buku yang ngebahas game dan cara bikinnya, apa yah..?tolong mas puput kasiah referensi bukunya,,,aku masih newbie, jadi agak kurang mengerti.
thank's mas puput. kl mas puput berkenan, tolong kasih referensinya ke email saya di hermansyah_17@yahoo.com. thanks sebelumnya
Halo juga mas Bambang,
BalasHapusmaaf saya lupa komentar yang mana mas yang kurang berkenan, tapi kalo ada kesalahan saya mohon maaf yah.
untuk buku sebenernya saya kurang punya referensi, saya liat banyak buku yang bahas pembuatan game di Gramedia.
tapi untuk buku selain di gramedia, yang agak hitam, dan saya gak bisa sebut disini mungkin akan saya email ke sampean aja ya mas,
salam
hallo..
BalasHapussalam kenal mas puput...
saya boleh tanya gak?
saya pake netbean 6.1 mau bikin aplikasi buat handphone yang integrasiin camera handphonenya buat ambil gambar trus dikirim ke server...
yang mau saya tanyain buat ngehubungin kamera handphone ke aplikasinya, buat dapet gambar yang nantinya dikirim gimana yah?
mohon bantuannya ya mas puput..makasih...
oh ya mas puput ditunggu bantuannya di email blok03i@gmail.com yah...sekali lagi makasih mas...
BalasHapus@indra
BalasHapusudah lupa ambil foto di j2me, tapi sekilas kalau gak salah, abis ambil gambar dapet array byte, convert aja jadi base64, trus kirim ke server, pake httpConnection, app servernya harus dibikin dulu untuk menerima base64 trus convert jadi byte array lagi..
ckckckck......... J2ME mainan gw SMP.... g berarti byak cuma gitu2 doang, eh malah mau buat TA pake program Cemen..... ketinggalan.... kyk gitu Mahasiswa........??? kapan indonesia bisa maju,,, ckckckckck
BalasHapusbisa maju kalau orang Indonesia bisa memberikan saran dan komentar gak Pake Anonim, berani maju dan menunjuk orang yang salah... dan membenarkannya
BalasHapusmaju terus mas puput, trims tutorialnya.
BalasHapusKalo yg bilang cemen biarin lah kita ga perlu orang jago yang sombong, tp perlu orang yg mau belajar dan sharing buat orang lain.
Salam kenal mas
BalasHapussaya kurang ngerti java. tapi saya sedang belajar bagaimana mngupload gambar hasil jepretan dari hp ke server website. boleh sharing gak mas, konsep dan tekniknya kalok makek netbeans.
mungkin kalok di php (web based), gambarannya semacam form yang bisa mem-browse file trus bgitu klik tombol submit langsung upload ke direktori tertentu dalam web server.
mohon replay nya. terimakasih.
@Belajar Foto
BalasHapusthanks :)
@hairul
kalo mau upload File di j2me pake Http Connection, kamu taroh filenya di Body Httpnya, nanti kamu siapin server buat nerima filenya, bisa pake Php atau asp atau dll
mas puput saya coba programnya, kok gambar backgroundnya g keluar ya? :D mohon pencerahannya
BalasHapus@ada apa aja
BalasHapuscoba di cek dalam folder res apa udah sama namanya di codingnya, sapa tau beda nama filnenya,
kalao masi gak bisa juga kayaknya gambarku bikin ngehank hp :D
mas puput mau nanya ni.aku bikin rms di java,trus aku indtall ke hp,ternyata rmsnya tidak ikut terinstall,alias database kosong,mau g mau saya mesti input lagi.gimana ya mas biar rmsnya ikut masuk ke hp.trima kasih.tolong bales ke margo_stev@yahoo.com
BalasHapus@argo setyo
BalasHapuskalo RMS itu di taroh di masing2 HP,
jadi kalo di dev di isi data, maka waktu di instal di HP pasti bakal hilang data di Dev,
kalo mau, harus bikin data awal dulu, pertama kali jalanin aplikasi, kamu isi datanya, sumber data bisa macem2. text file lokal atau ambil data dari web, atau hard code
gambarnya...kok unregister semua ya...
BalasHapusoh iya, thanks infonya
BalasHapusmas puput..mau nanya nih mas.. di netbeans ketika kita pake visual midlet trus kita buat form baru trus pada form itu kita tambahkan stringItem.. nah lalu kita buat stringItem itu sebagai tombol.. lalu kita kasih nilai untuk score bisa g sih mas? mohon bantuannya yah mas puput.. makasih sebelumnya..
BalasHapus@Rino Pribadi
BalasHapussepengetahuan saya stringitem gak bisa di jadiin tombol, tapi kalau bisa di share ya caranya :)
kenapa gak main di canvas aja, lebih bebas
salam kenal mas puput . . .
BalasHapusaku ada tgs bikin game nih pake netbeans IDE 6.9.1 . . .
aku rencananya mau buat game mariobros, tp yang sederhana aja . . .
aku udah cari tutorialnya kemana2 nggak ad . . .
bisa bantu saya nggak mas . . .
plisssssssssssssss
@Anonim
BalasHapusbisa ku bantu apanya nie :)
tutorial2nya bgus, sgt membantu sy dlm mngerjakan Tugas Akhir,.tp msh bngung nih mas sama Collision detection antara 2 sprite ato lebih. maunya msalkan pas sprite user tabrak sprite kupu-kupu, sprite kupu-kupu tu diganti dg sprite lain..udh coba tp msh bngung sndri,.mhn bntuannya,.thanks b4
BalasHapus@nia ana meci berkata...
BalasHapusSprite kan image nya ada index nya, jadi kalo colide pindah aja index image di spritenya, begitu kita2
mas puput slm knal ya :)
BalasHapusaq pemula niy di J2ME,,skripsi ku bikin matching game..tp aq ga tau script buat reset gambarnya gmn..boleh mnta bntuan tak..?
makasi ya mas puput :) :)
@j3nx_kirei
BalasHapuskalo mau reset canvas, kamu fill rect aja, dengan background default, sebesar layar HP nya,
kk gmn yacaranya biar gambarnya mau stretch/ center???
BalasHapusbiar klo ganti" hp gambarnya ttp ukurannya ga berubah ubah...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapustengkyu mas puput.. :)
BalasHapustp aq msh bingung gmn cara ngereset game sama timer'a gmn y mas?? tuluuuung mas puput...soal'a aq ga tau lg harus sharing ma sapa....deadline sidang awal bulan dpn..kalo boleh nnti aq kirim game yg aq bikin ke email mas puput ya... >_<
@Ramayu_Kid
BalasHapuskalo mau center,
X lebar layar/2 - lebar gambar/2
Y tinggi layar/2 - tinggi gambar/2
@j3nx_kirei
gampangnya kalo mau reset, ya di stop/buat null aja, trus bikin baru, moga2 bisa :p
mas maw tanya kalo buat backgroun game yang bisa update (kayak di game assasin creed) mksudnya dia ikut jalan saat sprite kita jalan...nah kayak gitu caranya gmn mas?
BalasHapusbales di emailku aja mas dikutandinata486@gmail.com
sip mas puput..udh bisa..hehe tararengkyu ya mas ^_^
BalasHapus@Anonim
BalasHapuslogicnya sama kok kayak bikin animasi, buat aja animasi di belakang sprite,
@j3nx_kirei
iya sama2 :)
Permisi gan, saya lagi belajar J2ME juga nih lumayan ngisi waktu, begini ceritanya gan untuk membuat menu yang pake gambar gimana yah..? saya udah coba yang si agan posting itu tapi untuk mengarahkan ke bawah dan atas kok ga bisa, bisanya cuma kanan dan kiri bisa ga saya minta source code nya makasih gan mohon bantuannya
BalasHapus@anonim
BalasHapusgan, udah coba tutorial ane yg di bawah ini belum gan, semoga sukses gan
http://www.puputs.com/2009/06/j2me-tutorial-membuat-menu-grid-di.html
bang, q kn masih belajar J2ME nih...trus q udah nyoba tutorial bikin grid menu, tp q pengen nambahin buat navigasi ke atas sama ke bawah...
BalasHapusudah di oprek2, tp g bs2...hehe, maklum mash blajar....
kasih pencerahan dong bang...perlu ditambahin apa?ato mngkin dikurangin apanya gt...
Salam kenal bos...
BalasHapuskayaknya mantab jg nich..ijin liat2 yah..maklum mash blajar...hehe
@rhorho
BalasHapuskamu bayangin sebuah kumpulan array, dengan index 0,1,2,3,4,5 dst, nah tinggal kamu mau ke index yang mana setian ada aksi apa, dan kamu cari polanya, dan buat algoritmanya, tinggal coding deh :D
@reynofiesta
terima kasih :D
kak, aq nyoba nggak kluar emulatornya...
BalasHapusgmn y??
ini kalo buat tulisannya ga ditengah tapi di kiri gtu gimana yah? trimakasih sblumnya
BalasHapussalam kenal gan... waaah bagus bener niy tutorial.. syg saia terlmabat bacanya.. dah gak apdet tapi tetap hot... siip... matur thanks, gan... :D hehehe
BalasHapusaskum..., mas kalau mau buat java tentang data-data pelanggan pln pake java bisa ga? tank's sehat selalu mas puput.
BalasHapusheheheh ambil dari mana tuh data2 PLN, :D
BalasHapusmas, klo mau bikin salah satu menunya dipencet menuju canvas laen gimana mas...
BalasHapusmaaf mas, masih pemula saya..
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusgan sumpama ane mau bikin program kamus sama gps plugin yang di butuhin apa aja gan????
BalasHapuskalo pke eclipse
mohon pencerahanya
sekalian plugin2 yang wajib dimiliki programer j2me apa aja gan????
eclipse itu apaan see mas puput
BalasHapusmasih bingung.hehehe...
BalasHapusTolong share tutorial aplikasi pengisian pulsanya bos.di tunggu.....
lsrpulsa@yahoo.com
Makasih
tlng kash penjelasan knapa tiap saya bka opera dll g bs,tp klw google bs,tyap aku bka opera keterangannya http://mini5-1.opera-mini.net:80/..trs aku bka situsnya muncul java tp g gpaham.. ini apanya gan tlng ksh solusinya bos. tlng krm ke afif.alazam@yahoo.com
BalasHapusmaksih banyak bos
Tlong donk kasih cara nya pae vidio
BalasHapus