Cara Menjadi Seorang Penulis Buku Yang Baik



Siapa yang mau menjadi penulis buku?

Cara menjadi seorang penulis buku – Menulis merupakan salah satu ruang yang tidak memiliki batasan untuk menuangkan segalah ide yang ada di dalam pikiran anda. Baik itu dimulai hanya dengan menulis status di sosial media, konten blog, karya puisi maupun cerita pendek hingga suatu saat anda bisa menjadi seorang penulis buku yang handal. Salah satu hal yang harus anda ketahui ialah membaca dan menulis merupakan suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari dalam kehidupan kita.

Melalui membaca anda bisa mengetahui apa saja yang sebelumnya tidak anda ketahui. Selain itu, dengan membaca anda juga bisa menambahkan inspirasi baru yang dapat anda tuangkan ke dalam buku. Sekarang ini sangat banyak sekali orang yang berkeinginan menjadi penulis buku yang baik dan profesional, akan tetapi mereka tidak tahu harus memulainya dari mana. Sehingga pada akhirnya keinginan mereka hanya menjadi angan-angan semata.

Menjadi penulis buku yang baik memang tidak mudah, bahkan penulis yang sudah profesional pun terkadang masih bisa membuat kesalahan. Maka dari itu, berikut ini akan dipaparkan beberapa cara untuk bisa menjadi seorang penulis buku yang baik:

Sering Membaca Buku Karya Penulis Ternama

Bagi anda yang ingin menjadi seorang penulis buku yang baik sebaiknya haruslah sering-sering membaca buku karya penulis ternama karena hal ini dapat membuat anda lebih peka dalam menulis nantinya. Dengan membaca anda juga bisa meniru buku penulis ternama tersebut seperti mengetahui bagaimana tulisan yang benar dalam penulisan atau sebagainya. Jika jarang membaca buku maka anda tidak akan tahu bagaimana penggunaan tulisan yang bakal menjadi ngehits ataupun tidak tahu cara menuliskannya. Bagi penulis membaca memang menjadi awal yang baik untuk segalanya. Dengan cara ini anda akan tahu bagaimana mekanisme penulisan yang baik serta gaya apa yang cocok untuk anda terapkan. Selain itu, dengan membaca juga akan menambahkan inspirasi baru untuk tulisan anda.


Selalu Mencatat Ide Baru



Jika anda ingin menjadi seorang penulis sebaiknya harus selalu  membawa sebuah buku catatan kecil. Hal ini sangat berguna ketika terlintas ide baru maka anda bisa langsung menuliskannya. Akan tetapi jika anda terpikir ide baru dan tidak langsung menulisnya maka ide-ide tersebut sangat mudah menguap dari pikiran anda. Selain itu, anda juga bisa menuliskan percakapan menarik yang anda dengar, baik itu puisi, lagu ataupun detail visual dari tempat yang anda lewati.

Menciptakan Ritual Menulis



Untuk dapat menjadi seorang penulis buku anda haruslah konsisten dalam menyisihkan waktu khusus dalam sehari untuk menulis tanpa adanya gangguan ataupun hambatan. Anda bisa menggunakan waktu selama tiga jam, baik itu pagi, siang ataupun tengah malam untuk menulis apa saja yang anda inginkan. Sebaiknya anda melakukan kegiatan menulis secara rutin karena hal ini lama kelamaann akan membuat kesabaran dan konsentrasi yang sangat baik untuk anda menulis selama beberapa jam per hari.

Revisi


Ketika anda berhasil menuangkan ide ke dalam teks dan membiarkan semua ide mengalir keluar maka setelahnya anda harus kembali lagi ke belakag dan membaca ulang tulisan yang telah anda buat. Meskipun hal ini menyita waktu yang banyak namun jika anda melakukan hal ini dapat dipastikan buku yang anda tulis dapat terhindar dari ejaan yang salah, paramasastra yang keliru dan kalimat yang tidak cocok serta membingungkan. Dengan memerhatikan beberapa hal tersebut maka anda bisa menjadi penulis buku yang baik

Menggunakan Kalimat Yang Mengena


Dalam menulis buku salah satu hal yang harus anda hindari ialah menulis kalimat yang bertele-tele. Maka dari itu, ada baiknya anda menulis kalimat yang ringkas dan esensial yang lebih memfokuskan pada kalimat yang bisa mengena para pembacanya. Sehingga nantinya dapat menimbulkan kesan yang kuat dan berkarakter pada buku yang anda tulis tersebut.  Hal ini akan lebih mudah anda lakukan saat merevisi tulisan, karena ketika membaca ulang buku tersebut kemungkinan besar akan terlintas ide baru di dalam pikiran anda yang dapat di tuangkan kembali ke dalam buku tersebut.

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar