Roti Tisu di Martabak Mahabarata



Namanya unik "Roti Tisu". Kalo denger pertama kali apa yang kebayang?

Tisu toilet dan tisu lembaran!

Salah semua, karena yang dimaksud dengan tisu adalah tipisnya. Tapi apakah tipis seperti jajanan crepes pipih yang banyak beredar. Salah juga. Inilah rahasia abad ini. Roti Tisu bentuk gunung.

Jreng-Ejeng

Nama kiosnya "Martabak Mahabarata" udah bisa ditebak bukan, pasti khas dari India. Betul banget karena penjualnya adalah turunan ke 3 dari India asli yang awalnya bermukim di Medan. 

Kios portable yang dibentuk apik dari sebuah mobil bak. Menjajakan makanan khas India seperti beraneka ragam roti canai dan martabak negara tetangganya, martabak mesir, berlokasikan di jalan yang cukup terkenal di Dumai, jalan Ombak.

Roti tisu ternyata berbentuk kerucut dengan taburan coklat dan keju disekelilingnya. Memang bentuknya seperti gunung, tapi rasanya tidak seperti crepes pada bagian tipisnya. Lebih mirip keripik. Bahannya pembuatannya juga sama dengan bahan dari roti canai. Bedanya hanya cara pembuatan rotinya saja. Kalau roti tisu ini dibentuk pipih dengan tangan kekar abang India dan di taruh di wajan pipih dengan menekan nekan sampai ada bagian yang agak gosong berwana coklat.



Setalah kering. Abang nya langsung membentuk dengan cepat hasil baharan pipih dan menggulung menjadi bentuk gunung. Selanjutnya langsung memberikan ke Kakak India manis di depannya, untuk selanjutnya ditaburi coklat dan keju di Roti Tisu Martabak Mahabarata

Saat disajikan, kita langsung tanya bagaimana cara makannya. Tanpa basa basi Kakak India menjelaskan dengan gerakan khas melalui tangannya:

"dipetik petik aja bang, kek gini"



Okay, instruksinya cukup simple dan mudah. Kita langsung menyantap dengan hati gembira. Setelah mencoba menikmati roti tisu, ternyata roti tisu yang berbentuk gunung sudah tidak menyimpan misteri lagi seperti gunung yang sesungguhnya.

#DanSemuaBersukaCita

Share this:

CONVERSATION

4 comments:

  1. Jadi ini roti gunung atau roti tisu? Ataukah gunung tisu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya roti tisu ajah, tapi bentuknya kek gunung :p

      Hapus
    2. lebih tepatnya roti gunung tisu kali ya?
      jadi penasaran euy, gimana rasanya

      Hapus
  2. Wah penasaran nih pingin nyoba. Kira kira di malang ada gak ya?

    BalasHapus