Lontong Pecel Gantino Baru Dumai


Belom pernah gw coba sebeluknya.  Namanya juga aneh,  ini masuk ke genus lontong atau genus pecel?

Tempat sarapan yang cukup dikenal di Dumai propinsi Riau.  Terletak di jalan Jendral Sudirman Dumai arah menuju pelabuhan.  Agak berjejer dengan rumah makan gantino lama.  Jangan tanya gw sejarah kenapa ada gantino baru dan lama, karena gw juga gak tau.

Baru duduk, gw langsung ditanya sama mbak penjaganya "Mo makan apa bang?"
Suara nyaring dengan nada naik turun khas melayu. Disitulah gw memutuskan mencoba lontong pecel.  Karena lontong gulai yang mau gw coba udah abis.  Gw mampir ke rumah makan sekitar jam 10an.  Ternyata lontong pecel hanya dibeli kalo lontong gulainya udah abis.


Untuk minumnya gak ada es teh manis.  Adanya teh es.  Karena gw dikonfirmasi sama mbaknya "teh es bang?" lagi-lagi dengan nada naik turun khas melayu. Iya teh pake es dan kasih gula biar manis, gw langsung nyaut.

Ternyata lontong pecel adalah  potongan lontong dengan kuah sambel kacang encer dan ada topping sambel kacang kental di atasnya.  Juga terlihat sedikit campuran kol, mie kuning dan beberapa serpihan kerupuk merah.

Rasanya cukup pedas dan segar.  Segar kencur kalo gw gak salah. Ada aroma kencur atau gilingan biji wijen,  gw gak gitu yakin. Dan gak berani nanya juga,  nanti dikira mau mencuri resep rahasia lontong pecel.  Gw gak mau dianggap sebagai plankton kayak di spongebob.  Pencuri resep rahasia kraby paty.

Harganya 16 ribu, sudah total dengan teh es segelah.  Kebetulan gw lagi laper, jadi asal kenyang aja. Hanya ingat arona khas kencur yang segar aja.

Buat parkir mobil gw kasih Rp 2000.

Share this:

CONVERSATION

16 comments:

  1. Jadi g dicampur sama pecel ayam atau pecel lele, bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dianya gak jual nik, bisa itu jadi masukan bagus

      Hapus
  2. Beuh lontong pecelnya bikin pengen mas.. Pagi-pagi di kostan baca ini jadi laper. Biasanya anak kost makannya di rapel trus.. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekekek rapelan, dah kayak ngerjain tugas aja

      Hapus
  3. Pecel tapi pakai mie tambah lontong wah pasyi kenyang tapi itu makan jam 10 pagi masuk nya sarapan, ngemil aka makan siang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau orang yg kebarat2 an bilanynya brunch, kalo kita bilangnya telat sarapan

      Hapus
  4. wuah, baru tadi makan lontong pecel, eh nemu postingan tentang lontong pecel di sini
    heuheuheu

    BalasHapus
  5. Jauh banget mas nyampe Riau...

    BalasHapus
  6. menarik untuk di coba nih, tapi jauh mba di Riau saya aja sekarang tinggal di Jatim.. huhhhuhu

    BalasHapus
  7. wuenak kayak nya nih, eh mba puput udah pernah nyombain makanan khas ntt belum?

    BalasHapus
  8. lontong pecelnya enak kelihatannya,makanan khas mana?

    BalasHapus
  9. Huaaa huaaa salah ya aku main ke sini pagi-pagi, jadi bawaannya laper hahaha

    omnduut.com

    BalasHapus