Inilah Akibat Nonton Video Pengembangan Diri!!

know thyself meaning artinya

Semua ini adalah murni kesalahan setelah selesai jam kerja, gw harus nunggu konfirmasi seseorang yang menyebabkan gw nonton video pengembangan diri di youtube, untuk menghabiskan waktu.

Padahal selayaknya menghabiskan waktu, gw harusnya nonton video Girl band korea terbaru atau setidaknya channel yang lagi trending di dunia youtube, biar gak dibilang kuper dan tua di masa media sosial kayak gini, kan malu kalau lagi dikantin ada anak muda ngomongin "Young Lex" gw malah nanya "sopo sing mambu kelek??".

Di video pengembangan diri yang gw tonton, ada 3 cara untuk meningkatkan kemampuan diri, kemampuan apapun yang kita inginkan, dari leadership, berolah raga sampai kemampuan ngedeketin cewek -komunikasi-. Dengan meyakinkan, si pembicara menegaskan, kalau 3 hal tersebut bisa diaplikasikan kemana aja.

Dengan penuh keyakinan teguh, gw menyiapkan hati, membuka diri dengan apapun yang diajarkan oleh video, mulai dari yang pertama dia bilang "know thyself", gw langsung memicingkan otak kanan, perasaan gw belom pernah denger kata "know thyself", menggunakan bahasa inggris pembicaranya bilang kalau kita harus tau kemampuan kita sendiri dan bla..bla..bla.

Sedangkan gw terpaku sama kosa kata baru "know thyself", video berbahasa inggris tadi gw tinggalkan sebentar, gw cari ke google untuk memahami "know thyself", ternyata itu adalah pepatah kuno dari yunani artinya adalah tahu diri sendiri.

Lebih dalam lagi, gw nemu artkel yang menjelaskan kalau "know thyself" adalah kemampuan untuk memahami keterbatasan dan kelemahan diri sendiri, sehingga bisa lebih akurat dalam berprasangka terhadap orang lain, teman, keluarga, rekan kerja, bos atau siapapun itu, karena dengan memahami kekurangan atau keterbatasan kita, akan selalu ada pertanyaan "apakah yang saya lakukan/pikirkan terhadap orang lain sudah benar?".

Gw jadi coba mengingat lagi kejadian beberapa waktu yang lalu, gw udah percaya diri banget mau presentasi, tapi setelah giliran gw dateng, bicara gw terlalu cepat, napas abis, dan kehilangan fokus peserta presentasi. Semua karena gw merasa menggampangkan situasi tanpa melihat lebih dalam "apakah gw siap presentasi", apakah gw udah latihan cukup, apakah gw udah siap secara nyata, bukan siap dalam membayangkan saja.

Pikiran gw melayang kejaman kuliah, sewaktu kenalan sama ce..(SENSOR)

Ini yang gw benci, jadinya introspeksi diri sendiri, padahal introspeksi adalah kegiatan yang sangat melelahkan dan menghasilkan kekecewaan kalau tidak kontrol dengan baik, gw gak suka introspeksi. 

Akhirnya gw balik ke video untuk ngeliat langkah ke 2 dan ke 3, ternyata videonya udah abis karena terlalu banyak introspeksi, gegara introspeksi gw jadi merasa banyak yang harus dibenerin dan itu jadi pekerjaan tambahan buat gw, tapi kalau balik ke "know thyself" perbaikan diri tadi bagus untuk gw. 

Batin gw jadi konflik, gw gak suka ini... ARRRRRRRG... gw tutup semua internet browser, menutup mata dengan tangan, menunduk, diam, mengingat kembali eksistensi manusia, dan dadakan buka internet browser, meluncur ke.."Always In My Heart" 


Share this:

CONVERSATION

13 comments:

  1. Jadi dapet ilmu nih :)
    Pas berfikir ke zaman kuliah smpe d.sensor gitu mas :D

    Ktawa pas ngmong bau kelek,haha
    Lagi tenar d.youtube mas young lex,banyak anak2 yg ikutn gaya2nya jga, klw liat anak kcil udh gtu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheehh agak2 soalnya jadi sensor aja

      Hapus
    2. Wah agak apa nih mas Puput.. wkwk

      Hapus
    3. hahahahahah agak sensor, :p

      Hapus
  2. setuju mas andi... bener bener ngerusak moral generasi muda masa kini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. :p tergantung sisi melihat aja sie sebenernya, beda sisi beda car pandangnya

      Hapus
  3. Eh tapi emang beneran capek kalau disuruh introspeksi. Sampai kapan kebenaran yang hakiki itu dapat kita lakukan. Halah!

    BalasHapus
  4. Interopeksi diri paling enak di tempat dan suasana yang mendukung. Kayak di tempat-tempat yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota., :D

    Mungkin perlu sedikit enjoy agar interopeksi terlihat tidak terlalu memaksakan diri... keep by yourself

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada tempat seperti itu :p fiksi ilmiah

      Hapus
  5. walaupun kadang intropeksi diri itu bikin kesel sendiri, tapi itu dibutuhin buat menyiapkan diri kita nantinya

    BalasHapus
  6. wah jadi penasaran sama du poin yang belum ditulis nih.. hehe
    kira kira ada lanjutannya gak ya.

    BalasHapus
  7. hmm zaman sekarang sih semua serba canggih, semuanya ada di youtube entah tentang kesehatan, pengembangan, parodi dan lain sebagainya..

    BalasHapus