Kasus korupsi, siapa yang salah?

Muncul lagi kasus korupsi di Indonesia, menambah daftar panjang kasus-kasus terdahulu di Indonesia, sudah banyak juga koruptor yang dimasukan ke penjara, tetapi kasus korupsi masih tetap marak di Indonesia, apa yang salah dengan Indonesia?

Berat banget pertanyaannya, tapi sebagai warga Indonesia yang tidak baik, kita tidak perlu mencari akar masalah dari suatu masalah, cukup cari saja kambing hitam yang bisa di salahkan, kambing hitam yang tidak bisa membalas, kambing hitam yang hanya bisa diam tanpa belaan dari siapapun.

Menurut gw yang bisa disalahkan dari kasus korupsi yang marak di Indonesia adalah si KANCIL, kancil yang suka mencuri ketimun, cerita rakyat yang sudah ada di Indonesia sebelum gw lahir di dunia, bahkan sudah ada sebelum gw menjadi cita-cita orang tua.

Kancil makan timun diladang pak tani, tanpa ijin, bukan cuma 1 kali tapi 2 kali kancil makan timun tanpa ijin, bahkan setelah puas mencuri dia langsung duduk-duduk istirahat dibawah pohon rindang, puas dan kenyang.

Bayangkan kalau kita sudah mendengar cerita kancil ratusan kali, dan menangkap inti dari mencuri adalah hal wajar karena kita lapar, bisa jadi itu menjadi bibit dihati untuk melegalkan segala cara demi kesenangan kita di dunia.

Bahkan setelah kena jebakan pak tani, dan di kurung, si Kancil berhasil kabur dengan memperdaya anjing penjaga pak tani, kancil memang cerdik, tapi kecerdikannya disalahgunakan dengan baik dan maksimal.

Setelah mendengar cerita kancil berhasil lepas dari kurungan, dengan menipu, itu bisa menjadi contoh koruptor untuk kabur dari penjara asalkan punya sumberdaya yang mumpuni.

Itu hanya satu cerita, bahkan ada lagu anak yang juga bisa menanamkan bibit kejahatan dihati anak2 sejak dini,

"Cicak cicak didinding, diam-diam merayap, datang seekor nyamuk, hap lalu ditangkap"

Coba kamu pikir, apa salah Cicak, dia hanya merayap diam-diam di dinding, dan tiba tiba Nyamuk menangkap Cicak, menangkap tanpa bukti, memenjarakan Cicak dengan keji, apakah karena Nyamuk punya kekuasaan, punya kekuatan, bisa semena mena terhadap cicak?

#JanganTerlaluSeriusAh

:)



Share this:

CONVERSATION

2 comments: