Cara Menghindari Stress dengan Cepat

Cara Menghindari Stress dengan Cepat

Cara menghindari stress dengan cepat haruslah menjadi prioritas bagi anda yang mempunyai pekerjaan yang menumpuk. Mempelajari cara menghindari stress nantinya membuat anda lebih bisa menemukan langkah yang tepat untuk menghindari stress tersebut. stress merupakan hhal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Penyebabnya sudah pasti masalah-msalah  yang datang silih berganti dan belum bisa terselesaikan. Tingkat stress bagi setiap orang tentunya berbeda-beda kadarnya, akan tetapi jika dibiarkan akan dikhawatirkan stress berlebihan yang mengindikasi menuju kecemasan, putus asa, dan bahkan sampai depresi. Penyebab utama dari stress pada umumnya karena tidak bisa mencapai target yang menjadi tujuan pribadinya. Terlepasnya target atau tujuan pribadi menimbulkan masalah-masalah baru yang rumit dan tidak mudah diselesaikan. Dari sinilah stress muncul sehingga fikiran menjadi kacau balau dan tidak bisa berfikir dengan jernih. Bahkan jika sudah pada level tinggi pada tingkatan stress bisa menyebabkan gangguan kejiwaan yang berujung pada cara yang salah seperti bunuh diri.

Oleh karena itu mengetahui cara menghindari stress harus dipelajari sehingga tidka terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuan lain dari mengetahui cara menghindari stress adalah untuk menjaga agar fikiran tetap tenang dan jernih ketika diterpa oleh berbagai masalah. Berikut beberapa cara menghindari stress yang bisa anda lakukan.

Terbukalah pada Orang Lain
Kita sebagai manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Yang harus anda yakini pertama ketika berada dalam masalah adalah anda tidak sendiri. ketika anda menetapkan suatu target atau tujuan pada hidup anda maka anda harus mulai berfikir siapa saja yang bisa membantu anda menuju target tersebut. jika anda terlalu mengandalkan diri sendiri tanpa peduli dengan orang lain akan membuat fikiran anda semakin penuh dan cenderung tidak bisa berfikir jernih. Jadi mempunyai sifat terbuka pada orang lain akan membuat masalah-masalah setidaknya terasa ringan karena tidak dipendam sendiri. 

Bersifat terbuka dianggap sebagai tindakan yang terkadang tidak disukai oleh sebagian orang karena malu masalah atau rahasianya terbuka. Akan tetapi masalah yang dipendam sendiri juga bisa menimbulkan stress yang berlebihan. Oleh karena itu ada baiknya jika anda memiliki sahabat atau orang yang paling anda percaya untuk berbagi pengalaman dan sharing masalah sehingga lebih mudah mendapatkan saran dari orang lain untuk menghadapi masalah anda. Boleh jadi orang yang kita percaya tersebut pernah mengalami masalah yang anda alami dan sudah menemukan solusi atas masalah tersebut.

Jangan Pernah Membandingkan Diri dengan Orang Lain
Be your self and you way is the best for you. Kalimat ini sering sekali kita dengarkan bersama ketika ada motivator atau tulisan-tulisan motivasi. Artinya anda tidak perlu membandingkan hasil kerja keras anda dengan orang lain sehingga menimbulkan rasa iri dan over obsesi pada orang tersebut. rasa iri ini nantinya akan membuat anda selalu mengikuti perkembangan dari orang itu sehingga anda tidak bisa fokus pada diri sendiri. boleh saja kita meniru kehidupan orang lain demi melecut semangat kita dalam mencapai target yang telah kita tetapkan. Akan tetapi mencapai hal tersebut dengan cara anda sendiri tanpa membandiingkan dengan orang lain akan membuat beban anda lebih ringan daripada harus memikirkan cara orang lain. Jadi benar kata untuk menjadi diri sendiri dan jalan terbaik adalah jalan yang kita pilih sendiri.

Sisihkan Waktu untuk Refreshing
Refreshing adalah langkah yang tepat bagi anda yang memiliki masalah-masalah yang bertumpuk dan tiada henti. Dengan berhenti sejenak memikirkan masalah-masalah tersebut untuk pergi berlibur akan membuat fikiran anda kembali jernih dan siap untuk menghadapi maslaah tersebut. refreshing tidak melulu pergi ke tempat wisata yang indah, akan tetapi refreshing juga bisa anda lakukan dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, berolahraga ringan di pagi dan sore hari, atau hanya sekedar nonton bersama orang yang anda sayangi. Hal-hal tersebut sudah cukup membantu anda untuk mengembalikan energi positif pada diri anda untuk lebih siap menghadapi masalah-msalah anda. Jadi refreshing juga bisa menjadi salah satu cara menghindari stress.

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar