Cara Menghindari Jerawat secara Alami

Cara Menghindari Jerawat secara Alami


Cara menghindari jerawat tentunya sudah banyak dicari orang karena jerawat merupakan salah satu penyakit yang mengganggu wajah seseorang. Cara menghindari jerawat sudah banyak dipaparkan di berbagai artikel. Akan tetapi cara menghindari jerawat secara alami akan menjadi rekomendasi bagi anda yang takut akan jerawat pada wajah anda. 

Jerawat adalah masalah kult yang di tandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian wajah. Bintik-bintik tersebut juga mempunyai tingkatan sesuai dengan tingkat parahnya jerawat. Mulai dari bintik hitam hingga bintik parah berisi nanah dan kista. Jerawat yang memiliki nanah dan kista inilah yang paling banyak ditakuti oleh seseorang akan keberadaannya karena meskipun sudah sembuh jerawat jenis akan meninggalkan jejak atau bekal luka pada wajah. Bagi seseorang yang memperhatikan wajahnya tentunya hal ini tidak boleh terjadi karena akan merusak kecantikan pada wajah. Penyebab utama dari jerawat adalah perubahan hormon sehingga berdampak pada kelenjar penghasil minyak pada kulit wajah tidak bekerja dengan maksimal. Banyaknya  minyak ini nantinya akan bisa menyumbat pori-pori sehingga tersimpan banyak kotoran dan sel kulit mati yang akan membentuk jerawat.

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa langkah yang bisa kamu ambil sebagai cara menghindari jerawat.

Menggunakan Buah Tomat
Buah tomat merupakan salah satu jenis buah atau masuk dalam jenis sayuran yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C. Bahkan vitamin pada tomat diklaim lebih banyak dibandingkan vitamin C pada buah jeruk. Banyaknya kandungan vitamin pada tomat membuatnya banyak dimanfaatkan dalam berbagai hal termasuk untuk menghindari jerawat di wajahmu. Caranya sangat mudah. Siapkan parutan, wadah kecil, kuas wajah, dan tentunya buah tomat yang masih segar. Parut buah tomat hingga halus dan oleskan pada wajah sebagai masker, diamkan 15 sampai 30 menit. Selain itu agar hasilnya tampak lebih maksimal, kamu bisa menambahkan parutan tomat tadi dengan satu sendok madu atau satu sendok air lemon. Gunakan secara rutin setiap hari maka jerawat akan jauh dari wajah cantikmu.

Menggunakan Madu
Madu merupakan bahan alami yang mendapat julukan sebagai obat seribu penyakit. Hal ini karena manfaat dari madu yang sangat banyak tak terkecuali bisa dimanfaatkan untuk kesehatan wajah dan mengatasi jerawat. Madu juga mengandung antibiotik yang dapat mencegah bakteri tumbuh khususnya bakteri penyebab jerawat. Selain itu madu juga bisa menjadikan pori-pori kulit wajahmu semakin mengecil sehingga terlihat lebih mulus dan membersihkan wajah dari bekas jerawat. Cara menggunakan madu juga sangat mudah. Hanya tinggal menjadikan madu sebagai bahan masker dengan mengoleskan ke seluruh bagian wajah. Tunggu hingga beberapa menit kemudian bilas dengan air.

Menggunakan Buah Lemon
Lemon bisa dikatakan sebagai buah dengan vitamin C paling tinggi di antara buah yang lainnya. Kita tahu bersama bahwa vitamin C juga sangat diperlukan untuk meregenerasi sel yang telah mati. Begitu pula manfaatnya pada wajah, vitamin C yang dikandungnya akan membuat sel-sel baru cepat beradaptasi dengan kulit. Vitamin C yang tinggi pada buah lemon sangat tepat jika digunakan untuk menghindari jerawat karena akan mengikis habis bakteri dan kotoran yang menyebabkan jerawat. Akan tetapi penggunaannya tidak cocok untuk anda yang memiliki kulit yang sensitif karena akan terasa panas dan perih. Cara menggunakannya cukup mudah pilihlah lemon yang masih segar kemudian iris dan gosok-gosokkan pada kulit wajah tunggu hingga mengering dan terasa kaku di wajah kemudian bilas dengan aiir hangat.

Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini juga bisa digunakan sebagai perawatan wajah. Bawang putih sangat baik untuk kecantikan wajah karena mengandung zat anti jamur, antiseptik, dan antioksidan yang tinggi. Selain itu bawang putih juga mengandung sulfur yang dapat mempercepat proses penyembuhan pada jerawat. Sifat antioksidan dan antiseptik inilah yang nantinya bermanfaat untuk mencegah dan menghalangi bakteri penyebab jerawat kembali ke wajah. Cara menggunakan bawang putih sebagai cara menghindari jerawat adalah dengan memotong beberapa siung bawang putih kemudian digosok-gosokkan secara merata pada seluruh bagian wajah. Setalah itu bilas dengan air bersih.

Beberapa cara menghindari jerawat di atas merupakan cara alami yang tidak memiliki efek samping. Diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam melakukannya. Akan tetapi kembali pada diri anda bahwa menjaga kebersihan diri menjadi hal utama sebagai cara menghindari jerawat.

Share this:

CONVERSATION

0 comments: