Lika liku musim ujian

Sekolah sd smp sma kuliah
Bukan hujan tapi ujian. Diperjalan pulang kerja kemarin, saya melihat kejadian yang cukup menarik. Yaitu sekumpulan anak-anak SMA yang penuh dengan coretan di baju putihnya. Mereka tampak senang dan bahagia, tapi masalahnya apakah sekarang memang lagi musim ujian yah ?. 

Ternyata usut punya usut sekarang memang sedang musim Ujian Akhir Nasional, bahkan musim ujian sudah lewat, terlihat dengan mereka yang sedang merayakan akhir dari ujian. Bukan merayakan kelulusan lho karena nantinya perayaan kelulusan akan lebih heboh lagi, di barengi dengan berita-berita kelulusan para artis muda di infotainment.

Musim ujian memang hanya ada di bangku sekolah, banyak kejadian-kejadian unik lucu dan haru biru yang saya dapati di musim ujian. Ini adalah catatan saya melewati musim ujian baik di bangku SMP, SMA atau pun bangku Kuliah.

Pada saat musim ujian ada beberapa jenis pelajar yang mengisi penuh tasnya dengan buku cetak yang tebal-tebal, catatan ataupun soal-soal tahun lalu. Seperti biasa mereka menyiapkan semua itu untuk belajar di sekolahnya sebelum ujian. Mereka selalu membawa buku cetak tersebut kemanapun mereka pergi, mau nongkrong di depan sekolah, mau kekantin atau Cuma ngobrol plus cekakak kikik, buku cetak selalu dibawa. Bahkan pernah saya lihat di kantin sekolahnya mereka menggunakan buku cetaknya untuk tatakan jajanan bakso yang mereka beli. Lucunya walaupun buku cetak tersebut selalu melekat, buku tersebut tidak pernah di baca. Pernah kadang di buka, itu juga hanya buat kipasan saja. Panas booooo

Saya termasuk orang yang royal dalam hal contekan, kalau ada yang minta contekan, saya langsung kasih tanpa ba bi bu be bo. Mereka tampaknya suka minta contekan sama saya, padahal saya bukan orang pintar di sekolah. Jangankan peringkat 3, bahkan peringkat 10 besarpun saya tidak masuk di jajaran kelas, Jadi GR saya.

Tetapi saya selalu bilang kepada yang minta contekan “jangan nyesel loe, gw jawabnya sengerti gw aja nie“, 90% mereka bilang “ya udah gak ngapa-ngapa”, 10% nya lagi bilang “buruan mumpung yang jaga lagi gak liat”. Alasan saya royal memberikan contekan karena saya yakin mereka sudah tahu buruk dan baiknya dari contekan yang saya kasih, saya hanya memberikan apa yang mereka minta dan saya bisa, pilihan mereka pakai atau tidak itu ditangan mereka masing-masing, manusia selalu punya pilihan.

Ada kejadian yang unik yang pernah saya alami. Saya gambarkan sebagai dialog, p=saya dan t=teman.

t : put ntar bagi-bagi loe
p : yoi santai aja, gampang ntar gw kasih, eh lo ngapa kagak minta ma sebelah lo, kan dia pinter, dapet rengking lagi
t : males gw ma dia, pelit, masak kemaren gw minta jawaban dia bilang gini “eh jawabannya jangan sama dong, bedain dikit”, bt gw lah
p : lo juga sie cuma bedain jawaban dikit aja males
t : lo pegimana seeeh, soalnya kan PG(pilihan ganda), masak gw mo bedain, apek banget kan
p : heeeek.. –ketawa dalam hati-

Ujian akhir tahun 2000 termasuk unik menurut saya, ada isu bocornya ujian akhir. Mengakibatnya evaluasi ulang dari sisi prestasi dan hasil dari ujian akhir, hasilnya adalah beberapa orang ada yang harus mengulang ujian. Banyak tangis dimana-mana keharuan menyeruak di seluruh kelas, tapi tidak sedikit juga yang tersenyum geli di antara kesedihan yang berlangsung. Sayalah yang tersenyum geli dan mungkin juga beberapa orang lainnya. Bagai mana tidak senyum geli, coba bayangkan, ada orang yang nilai matematikannya 90 dan ada yang fisikanya 100, dan dia bukannlah termasuk orang yang bintang di kelas –seperti saya-.

Lucu juga kalo di inget-inget, sekarang sudah tidak adalagi musim ujian, karena di dunia kerja semuanya ujian. Ujian setiap saat, sungguh enak masa-masa sekolah, jadi buat yang masih sekolah dan kuliah, selamat menikmati Musim Ujian.

Share this:

CONVERSATION

13 comments:

  1. Masa siy, klo saya justru gak pernah menikmati yg namanya masa2 ujian. Kalo boleh, pengen sekolah lgsg lulus aja... hahahaha

    BalasHapus
  2. t : males gw ma dia, pelit, masak kemaren gw minta jawaban dia bilang gini “eh jawabannya jangan sama dong, bedain dikit”, bt gw lah

    WOKWOKWOKWOKWOKWOK

    dodol banget itu sumpah ahahah ..

    yah emang bocor terus kali ..

    BalasHapus
  3. mencontek adalah sebuah hobby buat gw :P

    BalasHapus
  4. rada keburu2 anak jaman sekarang, baru selesai ujian belum tentu lulus udah corat coret? setidaknya klau ga lulus bisa pake seragam baru serasa kelas baru kali yaa.. :D

    hehehe jadi inget masa2 dulu, ya tiap masa ada waktunya sendiri, klau disuruh kembali ke masa itu ya males, da ubanan masak balik ke smp :P

    BalasHapus
  5. jadi inget jaman2 sekolah..bener2 menyenangkan, aneh & ngangenin..he..
    cuman jaman saya kok gak pake coret2 ya..*beda jaman* hihi

    BalasHapus
  6. gw sih yg bikin nyebelin tuh ya, yg minta contekan tuh gak ada bales budinya gitu sama gw, jadi memelas ketika minta contekan, setelah selesai, udah good bye, gw dilupain..

    BalasHapus
  7. Ada yang kurang tu, Kok langsung SD!!! Sebenarnya TK > SD > SMP > SMA > Kulia > lalu......??
    Mungkin ajang Coret2an baju itu ajang Kretifitas anak2 yang sedang gila-gilanya

    BalasHapus
  8. WAkakakakakakakakak... Jadi inget jaman kuliah dulu... saya suka bikin kertas puanjanggg banget kayak struk belanjaan bulanan di carrefour, trus dilipat2 jadi MICROCHIPs, trus dibikin jadi kertas contekan dech... nahhh... makanya saya lulus dengan nilai yg SANGAT MEMUASKAN, hahahahaha...

    Dosen2 UI juga okem2, udah tau gue nyontek, kadang didiemin aja tuhhh, hihihihi...

    Yg nyebelin DOSEN teknologi bahan, mosok udah capek2 nulis rumus diatas meja... Giliran dia masuk... dengan santainya doi bilang... "Ya, sekarang MEJANYA KUMPULIN KEDEPAN, hahahaha... kalo nggak... SEMUA TUKERAN TEMPAT DUDUK!!!"

    Anjirttt, ketahuan belangnya gue... :D

    Ahhh, makasih posting ini yach, sungguh lucu mengingat2 jaman2 kuliah itu... :-)

    BalasHapus
  9. Wahahaaa,
    bener banged,
    jaman kuliah aja nih,
    suka kangen sm masa2 skolah corat coret itu,
    tp gue jg pas SMU dah gak boleh dink corat coret,
    bajunya disalurkan ke tempat laen..

    btw, gue prihatin banged sm soal bocoran soal ujian itu lhooo,
    tp prihatin jg sm kelulusan yg mkn sulit :(

    BalasHapus
  10. waaaa jaman kuliah.. q juga kangen ^^

    BalasHapus
  11. @zee
    hihihhi pengen langsung lulus n kerja yah

    @benazio
    yoi dodol tuh emang

    @fitra
    ayaaa gubrag :p

    @xero
    kekekek klo ubanan masuk smp nama bekennya pasti uban :D

    @yolla
    lagi di larang mungkin pas zamannya

    @ridu
    kekekek sabar pak :D

    @rizky
    gw gak pake TK :D

    @silly
    kakakak dosennya ok juga tuh, nilai di meja aja pak :D

    @nieke
    wah keren bajunya di sumbangkan y

    @elmo
    kuliah aja lagi :p

    BalasHapus
  12. "buku cetak"
    idiom di atas bikin aku kangen bangku sekolah

    BalasHapus
  13. haaa....ndak penting itu ujian nasional. Menurutku cuma pekerjaan pemerintah dalam rangka nambahin dosa masyarakat. dosa guru, dosa siswa, dosa yang jual beli soal. Indonesia ini aneh-aneh aja..

    BalasHapus