Membuat aplikasi BlackBerry

Gara gara pernah di kacangin sama pengguna BlackBerry

Device yang satu ini - BlackBerry – emang lumayan ok, terlepas dari keyboardnya yang QWERTY, BlackBerry Bisa bikin orang ketawa tiwi sendirian dan gak sadar kanan kirinya.

Gw jadi penasaran, kenapa sampe segitunya kalo orang lagi BlackBerry an, gw pernah pinjem beberapa menit untuk coba utak atik yang namanya BlackBerry –ngerebut Blackbery nya yang penah ngacangin gw-.

Nice lah, terlepas dari keyboardnya yang QWERTY itu, pertama gw terpana sama menunya yang asik, iconnya bersih tanpa basa basi, kalo di klik langsung menuju aplikasi favorite kita, Push mailnya juga yahud dan bisa menyebabkan syndrome “home office”, Kalo YM nya bisa bikin online terus, kata si Doel anak sekolahan “gak ade matinye”, tapi dari keseluruhannya ternyata pengguna BlackBerry lebih suka sama BlackBerry Messager nya, official messenger punya BlackBerry yang katanya lebih asik aja kalo pake BlackBery Messenger.

Kalo gw..?, suka sama App World nya, keren.. tinggal satu klik di icon App Wolrd, kita langsung bisa download banyak aplikasi gratis atau yang berbayar, nah dari situ gw jadi penasaran bikin aplikasi di BlackBery, kayak apa ya bentuknya ??

Langsung deh maen maen ke http://na.blackberry.com/eng/developers, daftar jadi anggota dan download Development Kitnya, sekilas gw baca baca Getting Started nya, gw di haruskan minimal download BlackBerry JDE –Java Development Environment- nya, dan karena gw punya eclipse maka gw juga sekalian download Eclipse Plugins, yang gw download adalah BlackBerry JDE 4.7 sama JDE PlugIns Full 1.0.

Instalasinya nggak sulit, cukup klik next, klik next, baca, next lagi dan semua sudah terinstal dengan baik, kalau sudah terinstal semua, Project BlackBerry akan muncul di project Eclipse seperti gambar di atas.

Buat project baru dan beri nama projectnya, kalo gw pengen coba bikin kalkulator, jadi gw namain projectnya “Kalkulator”, sebuah aplikasi yang tak lapuk di makan jaman. Kalau kita lihat di properties project, masuk ke Tab Application kita bisa liat Project Type, ada 5 Project Type CLDC Application, MIDlet, Library Dan 2 lain lainnya yang gw juga masih belom paham.

Kita coba ber experiment, untuk tau apa sie bedanya Type Project, menggunakan konsep sotoy yang masih gw terapkan sampe saat ini.

Setelah menerapkan konsep sotoy, gw jadi sadar, ternyata kalau kita pilih Project Type CLDC Application, project kita harus punya “public static void main(String args[])” artinya kalo kita pilih type project ini kita harus menyediakan Class yang ada method main, sebagai pintu utama untuk menjalankan aplikasi BlackBerry.

Kalau kita pilih Project Type MIDlet, kita di minta memasukan “Name of main MIDlet Class:” artinya kalo pake konsep sotoy gw, kalo pilih project yang typenya MIDlet maka gaya bikin aplikasinya akan menggunakan konsepnya J2ME standar yang biasa di pake untuk membuat aplikasi di Handphone yang bisa berjava ria.

Type Poject lainnya, gw gak begitu tertarik, gw lebih tertarik sama Project Type CLDC Application, karena belum pernah utak utik aplikasi mobile yang ada “public static void main(String args[])” nya, agak norak sieh alesannya, tapi bodo amat :p

Untuk buat aplikasi sederhana ini di dalam project BlackBerry gw bikin 2 File, yaitu MainKalkulator.java dan ScreenKalkulator.java, file MainKalkulator.java adalah file yang berisi “public static void main(String args[])”, sedangkan ScreenKalkulator.java berisi kode untuk menggambar Layar UI pada aplikasi kalkulator.

ScreenKalkulator.java, kalau kita lihat pada kode di bagian atas 1, adalah pembuatan item UI yang akan tampil di layar, tidak lupa Class ScreenKalkulator harus turunan dari Class MainScreen, bagain 2 adalah melakukan pembuatan object dan melakukan set parameter pada konstruktor item UI, agar item UI bisa di gunakan, juga pada fbJumlah dilakuakan setChangeListener dengan parameter this, artinya apabila di klik akan memanggil method yang terimplement oleh FieldChangeListener pada Class ini -ScreenKalculator-.

Pada bagian 3 di ScreenKalkulator.java, adalah pemasangan item UI kedalam layar BlackBerry. Bagian 4 adalah method yang di panggil saat aplikasi di Close, gw cukup menampilkan kata kata indah sebelum aplikasi di matikan. Bagian 5 adalah method yang dipanggil kalau fbJumlah di eksekusi, logika di method tersebut cukup jelas, hanya melakukan operasi dari 2 nilai yang kita input pada efNilai1 dan efNilai2.


MainKalkulator.java, merupakan Class turunan dari UiApplication berisi constructor pada bagian 1, dan method main pada bagian 2.

Kalkulator sederhana kayaknya udah siap untuk di jalankan, gw tinggal coba di emulator yang udah di sedian sama JDK BlackBerry, run dan coba Kalkulatornya.

Gak ada yang istimewa dari Tutorial Membuat aplikasi BlackBerry ini, gw cuma iseng plus penasaran sama BlackBerry, ternyata BlackBerry yang cukup laris manis di Indonesia memang sudah menyiapkan pasar –App World- untuk para developer beneran, biar giat bikin applikasi BlackBerry, salut deh. Tapi gw, still in Love with my SAMSUNG :p ..

Download file Tutorial Project di sini, atau langsung menuju file kalkulator.zip

logoblog

Share this:

CONVERSATION

24 comments:

  1. waw.. cool.. ditunggu posting selanjutnya ya mas.. kalo bisa ttg koneksi ke webservicenya B-)

    BalasHapus
  2. yup.. BB memang seharusnya hanya digunakan utk yg benar2 membutuhkan sperti di departemen2 dan perkantoran2 yang memang aplikasi yang mereka gunakan membutuhkan fitur2 dari BB.. Kalo gak bener2 butuh mending pake hp biasa aja.. yuuu :D

    BalasHapus
  3. @ilmu mutiara
    makasih :) kalo menurut saya HP BlackBerry harusnya di gratisin aja di Indonesia, biar program Blackberry masuk desa dapat lancar dan terwujud :D

    BalasHapus
  4. whew.. anggarannya berapa tuh.. tapi boleh juga.. selama ini kan yg dikasih gratisan baru kantor2 pemerintahan dan BUMN..
    :) hidup BB masuk desa!! bagus juga tuh kalo bikin group di FB

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. pnya cntoh2 aplikasi j2me yg laen ga mas??
    qu bwt tgas ni..
    klo ada,link'a krm k email qu yaa
    wah_rian@yahoo.co.id
    thx yaa..

    BalasHapus
  7. @ilmu
    hoho masak sie di kasih gratisan di kantor2.. enaka aja tuh

    @wahyu
    saat ini belum ada yu, sory

    BalasHapus
  8. Beliin aku BB dulu ntar aku coba deh mas... hahaha... :D

    BalasHapus
  9. gw aja blom punya rhein :p

    BalasHapus
  10. Mkasih mas saya akan coba donlod dulu

    BalasHapus
  11. Thanks for sharing....good blog and good post. nice can be visite this blog.

    BalasHapus
  12. bahasan IT yang dikemas ringan, menarik utk dibaca bagi org gaptek spt gw ini hehehhee

    BalasHapus
  13. ::: put!!! gak pake bb niy.... ^-^ tapi pengen deh..

    ::: put... mampir dunk... dah lama gak nongol... T_T

    BalasHapus
  14. @aditmaru
    iya silahkan kawan :)

    @chugy
    terima kasih bro... :)

    @Fisa
    wah, makasih banyak.. :)

    @Main
    heheh sama dong gak punya BB, senasib :p

    BalasHapus
  15. mas, aq coba pake netbeans, trus pas mw di run ada yg error :
    I/O Error: Import file not found: C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/samples/transcoder/uppercasehtml_transcoder.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/tomcat-util.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/servlet-api.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/servlets-default.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/naming-resources.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/commons-modeler-2.0.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/jasper-compiler.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/jsp-api.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/commons-el.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/jasper-runtime.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/bin/rapc.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/tomcat-coyote.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/commons-logging.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/ESS/classpath/emailServerSim.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/bin/SignatureTool.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/catalina.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/catalina-optional.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/tomcat-http.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/commons-beanutils.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/ESS/classpath/mail.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/jasper-compiler-jdt.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/webserver/lib/naming-factory.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/MDS/conf/mdsweb.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/samples/com/rim/samples/server/browsermultipartpushdemo/activation.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/ESS/classpath/activation.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/bin/IDE.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/bin/JDWP.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/samples/com/rim/samples/server/browsermultipartpushdemo/mail.jar:C:\Program Files\Research In Motion\BlackBerry JDE 5.0.0/lib/net_rim_api.jar
    D:\mardiy\java\project\Mardi.BlackBerry\nbproject\build-impl.xml:782: exec returned: -1
    BUILD FAILED (total time: 4 seconds)

    itu kenapa mas? mohon pencerahannya mas, makasih

    BalasHapus
  16. kayaknya harus install BB JDE nya dulu deh,

    BalasHapus
  17. BB JDE udah terinstal mas sblmnya, BB JDE 5.0.0
    aq juga udah add platform BB di netbeans,
    tapi pas di run tetep gitu mas.. lier aing..

    ada solusi ndak mas?

    BalasHapus
  18. udah instal plugins di netbean nya belum?, buat run bb

    BalasHapus
  19. plugins yang di http://plugins.netbeans.org/PluginPortal/faces/PluginDetailPage.jsp?pluginid=11194

    BalasHapus
  20. mas ada link buat download JDE n pluginnya tp server indonesia ga
    saya downloadnya putus terus

    BalasHapus
  21. @ardi
    :( gak tau yang server indonesia, kalo ada saya minta dong,

    BalasHapus
  22. mantap ... maju terusssssss,,, info yang diposting nya bagus bagus ,, dilengkapin gambar,, makin informatif mantap,,,

    BalasHapus
  23. Mas puput klo bwt mskn file swf ke bb apa ya???

    BalasHapus
  24. mas klo masukin file swf ke bb or android gmn ya?

    BalasHapus