Apakah Benar Soda itu Berbahaya ?

bahaya minuman bersoda

Entah kenapa beberapa minggu ini gw seneng banget minuman bersoda, tapi hanya merek-merek tertentu aja. Bahkan kadang 1 botol 1.5 liter bisa habis gw hajar sendirian dalam 1-2 hari. Gw sendiri juga bingung kenapa gw jadi suka minuman bersoda, padahal sebelumnya gw gak begitu suka sama minuman bersoda.
Dahulu kala minuman yang masuk ke mulut gw cuma 2 jenis, es the tawar sama air putih. Eh sama kopi beberapa, hmmm trus kadang kadang jus, oh ya gak lupa temulawak (I love this). Tapi soda juaaarang banget.. bahkan dalam 1 bulan gw bisa gak minum soda sama sekali. Tapi sekarang setiap gw pulang kantor gw bawaanya pengen mampir ke Alfamart pengen beli Soda buat persediaan.
Orang rumah udah sering negor gw, karena gw beli Soda mulu, katanya sieh berbahaya. Tapi apa iya berbahaya ??

Akhirnya gw cari cari informasi di Internet, apa bener soda itu berbahaya. Ternyata banyak banget artikel yang mengatakan kalau Soda itu berbahaya, tapi kebayakan dari artikel itu hanya memberikan perbandingan tanpa memberikan sebuah informasi zat apa dari soda yang dapat membahayakan tubuh, Atau gw aja yang kurang jago googling nya :p
Beberapa artikel yang gw baca menyebutkan kalo soda bisa membersihkan karat pada besi, membersihkan keramik, bahkan bila tulang di rendam dalam minuman bersoda tulang tersebut bisa larut. Bagaimana bila Soda tersebut masuk kedalam tubuh kita, apa yang terjadi dengan usus kita yang halus ?
Nah point disitu lah yang pengen banget gw tau, “apa yang terjadi dengan usus kita yang halus ?”. Sampe capek gw googling, gw belom bisa menemukan jawabannya. :(
Mari kita coba sendiri aja, kita bereksperiment, gw coba pake usus ayam, gw rendem pake minuman bersoda selama 15 menit. Sambil gw rendem usus ayamnya, gw haluskan sedikit cabe dan bawang merah. Trus gw rajang 2 siung bawang putih, langsung bawang putihnya gw masukin ke teflon yang udah gw panasin pake sedikit minyak, sampe bawang putihnya harum, gw cemplungin cabe dan bawang merah yang udah gw alusin berbarengan sama usus ayam yang udah di rendem sama air soda tadi. Aduk aja asal asalan sesuai selera, selang beberapa saat masukan sambal tomat botolan dan sambal cabe susuai selera.
Tunggu sampai matang dan hidangkan dengan nasi hangat, bakal bikin air liur mengalir, usus ayam yang enak. Trus gimana kabar si ayam yang ususnya kita rendam pake air soda ?
Hmmmm yang gw tau ayamnya udah gak bisa ber kokok lagi, akhirnya gw sadar kalo soda itu berbahaya. Gw janji akan mencoba mengurangi minuman bersoda. Kopi I’m back….

logoblog

Share this:

CONVERSATION

15 comments:

  1. Kata gw sih simple aja, lo liat kadar gulanya Put, tinggi banget. Ga boleh banyak2 minum manis, kan (gw) udah manis. Trus alasan paling kuat, nyokap udah bilang ga boleh, harus nurut kata orang tua, takut kualat. Kopi masih boleh, tapi paling banyak 1 cangkir (bukan jembung) sehari.

    BalasHapus
  2. Aku kan belum manis mbak nur, :D banyak2 boleh deh

    "alasan paling kuat, nyokap udah bilang ga boleh, harus nurut kata orang tua, takut kualat"

    setuju mbak nur, takut kualat gw :D

    BalasHapus
  3. Wah...rajin juga mas Puput sampai bikin eksperimen segala. Tapi bener mas, soda itu cukup berbahaya...contohnya temen saya habis minum soda langsung sempoyongan ( minum satu gelas soda ditambah bir hitamnya 2 botol...he...he )

    BalasHapus
  4. yang gue inget sih katanya ngerusak ginjal juga.. serem kan.. berabe banget kalo ginjal rusak, kudu cuci darah.. hii menderita banget itu kata orang yang ngalaminnnya.. mendingan mati aja katanya daripada kudu cuci darah..

    *hayah jadi ngelantur*

    mungkin lo belinya soda kue kali? jadi sama orang rumah gak boleh :p

    BalasHapus
  5. nyahahaha.. mas puput..
    klo ga salah, dulu pernah denger, ada orang yang lomba minum banyak2an minuman bersoda salah satu merk.. dan katanya ususnya rusak terus meninggal..

    ntah lah.. itu kan katanya...

    eh ridu parah.. wkwkwkw

    BalasHapus
  6. @noor
    wakakakk gubrag.... sempoyongan bukan karena soda... itu mah karena 2 botol bir hitam

    @ridu
    wah itu serem banget... wakakkkak bukan du.. soda beneran... bukan soda kue

    @nee
    nah ini makin sewreeeem nee.. wakakakk soda ampun dah

    BalasHapus
  7. Gak tau deh kalo soda made in China hehe Kalo made in America aku gak khawatir karena ada department khusus yg nangangin Food and Drug. Plus pemerintah sini perduli ama nyawa. Ayam goreng dibiarin sejam aja dah gak boleh dimakan. Bakteri. Bayangkan dg ayam goreng di Indo yg dieler berjam-jam ?!

    Yg jelas, soda bisa menyebabkan asam lambung meningkat. Juga kalo manis, bs naek berat badan hehe

    Yg jelas, komen yg ditulis Nee aku pernah baca, and itu HOAX.

    BalasHapus
  8. kebanyakan kopi juga gak baik put...

    btw list minuman kesukaan lu kurang tuh... teh hijau

    BalasHapus
  9. @mercury
    ahaaa... boleh juga tuh, pepsi lagi ah

    @kadet
    teh udah masuk det, :D

    lagian gw balik nyoda lagi dulu,, :D

    BalasHapus
  10. mas puput..boleh saya minta alamat emailnya gak? saya mau nanya-nanya tentang j2me game programming nih....trims ya mas...

    BalasHapus
  11. @anonim
    boleh, blog@puputs.com

    BalasHapus
  12. Hhaahaha.... ya iyalah ayamnya udah mateee secara dia harus matek dulu baru ususnya bisa diambil.
    Eh tp memang iya sih soda itu tidak baik (bukan berbahaya lho ya, tp tidak baik), soalnya sekarang tiap habis minum soda (coke), jantung langsung berdebar...

    BalasHapus
  13. @zee
    iya katanya juga gulanya yg gak baik si soda itu, kurangin tapi tetep minum kali yah. :p

    @dedi
    kurangin tapi tetep minum aja :p

    BalasHapus
  14. Hati-hati pak, bisa membahayakan dompet kalo tiap hari makan soda...

    BalasHapus