Error Structured Data di Blog yang Misterius



Pada satu waktu,  gw buka google webmaster di https://www.google.com/webmasters/,  dan menemukan ada error di blog gw ini http://www.puputs.com, dan menurut gw ini sangat misterius karena gw gak pernah utak atik template atau ekperimen utak atik blog ini sebelumnya. 

Terlihat sekitar bulan november 2017, item dengan Errors merangkak naik, dan puncaknya pada bulan januari 2018, walaupun akhirnya gw berhasil memperbaiki error ini, tapi sampai sekarang gw sendiri gak menemukan penyebab mendadak banyak error Structured Data ini, ajaib banget memang.

Bermula dari error ini gw jadi cari informasi apa dan siapa sie sebenernya "Structured Data" itu?

Jadi kalau kita buka google webmaster dan masuk menu "Search Console" ke salah satu web yang kita kelola, kita akan menemukan menu "Search Appearance" dan di bawahnya baru ada sub menu "Structured Data", berarti kalau kita ambil kesimpulan sepihak maka "Structured Data" ada hubungannya dengan bagaimana tampilah web kita saat muncul di search google.

Lebih jelasnya lagi, gw menemukan artikel resmi dari google tentang structure data ini, bisa di lihat di https://developers.google.com/search/docs/guides/intro-structured-data, intinya adalah sebuah aturan bagaimana google bisa lebih memahami isi dari web kita ini. 

Jadi pada bulan november 2017 si google menyatakan ada aturan yang salah pada blog gw, dia gak paham beberapa isi dari blog gw, waktu itu errornya terlihat jelas saat gw masuk kedalam "Structured Data Testing Tool" muncul error "A value for the publisher field is required"dan cukup lama gw berkutat googling kesana kemari dan tertawa bersama dalam hujan, untuk memperbaiki error tersebut, walaupun akhirnya berhasil seperti capture dibawah  ini:


Tapi sampai sekarang gw blom bisa mengetahui, kenapa mendadak blog gw punya banyak error di "Structured Data". Saat ini gw mencoba untuk maju kedepan tanpa memikirkan masa lalu, walaupun sakitnya masa lalu masih terasa tapi semoga waktu akan dapat memulihkannya kembali.

logoblog

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar