Pengalaman Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

Pengalaman Pertama Kali Naik Pesawat Terbang


Jujur aja, pertama kali gw naik pesawat sekitar 10 tahun yang lalu, waktu itu dapet tugas job training di Medan sekitar + 9 bulan.

Pengalaman pertama ngeliat bandara pesawat dari mobil adalah wow, tapi saat masuk ke ruangan bandara adalah wew "gw abis ini kemana ya?". Untungnya waktu itu ada yang mengantar sampai dengan tujuan, jadi gw cuma ngikut aja, disuruh keluarin tiket gw nurut, disuruh keluarin KTP gw nurut, sampai gw berfikir "apalagi yang harus gw keluarin biar kalian puas.. !! Sebuuut.. sebuuuut!!!"

Kalau gw naik pesawat sendiri pasti kayak orang nyasar, gw aja bingung waktu itu, kenapa gw turun ke terminal bandara 2F di cengkareng. Padahal banyak terminal yang ada 1, 2 dan A sampai abjad lain, gw bolak balik tiket pesawat gak ada tulisannya harus nunggu di terminal sekian. Ternyata orang lain tau letak terminal berdasarkan pengalaman mereka, katanya kalo Garuda Air pasti di terminal ini, kalau Lion Air ada di terminal itu.

Alamak, masak naik pesawat aja kayak cari lowongan pekerjaan "minimal pengalaman sekian tahun". Ternyata juga, itu udah pengetahuan umum, kalo gw naik Bus Damri pasti ditanya "tiketnya apa mas?" dan dia juga langsung jawab "Kalo itu di 2F!", perasaan selama gw sekolah dari SD-SMP sampai Kuliah gak pernah di ajarin mengenai terminal pesawat. Dari mana cobak kenek Bus Damri tadi belajar?

Harusnya setiap pembelian tiket pesawat, kita dikasih 1 lembar peta terminal bandaranya, khususnya untuk terminal internasional di cengkareng SOETA. Karena salah terminal bisa menyebabkan kekacauan tersendiri, letak terminalnya jauh-jauh.

Memang sie akhirnya gw terbiasa dengan terminal karena telah beberapa kali naik pesawat, tapi itu sangat tidak adil bagi mereka yang pertama kali naik pesawat dan sendirian. Mungkin harusnya ada 1 SKS mata kuliah pengenalan bandara nasional dan internasional agar yang lain gak gagap di bandara kayak gw waktu itu.

Pengalaman pertama memang selalu menegangkan, tapi pengalaman setelah naik pesawat juga bisa mencengangkan, contohnya beberapa waktu yang lalu gw naik pesawat. 

Seperti biasa kalau duduk di bangku ekonomi pasti nempel duduknya, dan ada aja yang ngajak ngobrol,

"mau kemana mas?"

Bukannya kita duduk di pesawat yang sama yah, dan ini bukan connecting flight, pastinya kita landing di bandara yang sama, tapi sesuai dengan adat orang Indonesia yang mengedepankan Pancasila maka berdasarkan sila ke 5 "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" dan butir 4 "Menghormati hak-hak orang lain", maka gw menghormati hak tanya dia dengan memberikan jawaban,

"Jakarta mas" dengan senyuman

"Ooo dari Dumai ya?"

Jiaaah, perasaan kita tadi boarding barengan, dan kita memang naik pesawat dari Dumai ke Jakarta. Tapi sesuai dengan Pancasila sila ke 5 dan butir 10 "Suka berkerja keras" maka gw berusaha keras dengan penuh senyum menjawab pertanyaan dia,

"Iya mas" tetap dengan senyuman penuh kemanisan


Share this:

CONVERSATION

12 comments:

Lulu Andhita mengatakan...

Setuju neh! Kyaknya hrs dibikin les atau kursus untuk yg blm prnah naek pswat (kek gue) dehh. Atau smcem pngenalan bandara gtu2. Klo k bandara gue prnah, tp nyicip naek psawatnya blm:') wkwk. Dan abjad a-z nya itu bkin bingooeng. Hmm...

Buseng, ngakak gue ama pragrap akhirannya. Wkwk. Org indonesia yaaa... Memang senang berbasa basi:) btw, dumai itu dmn si? :(

Puput mengatakan...

hore ada yg setujuu... bisa bikin petisi nie hehehhe.

Dumai itu di propinsi Riau

AuL Howler mengatakan...

Hahahahhaha

Iya ya mas, agak awkward juga emang kalau ada yang nanya mau kemana padahal udah jelas-jelas pesawatnya nggak bisa belok turunin penumpang terus lanjut kayak naik busway wkwkwkwkw

I feel youu
Untungnya first time naik pesawat dulu mulainya dari bandara Padang which is cuman 1 terminal.
Turunnya juga udah langsung ketemu damri jadi gak bingung

Penerbangan kedua sih baru yg agak bingung, yang ari JkT ke Padang
TERMINAL ITU APA YA ARTINYA??
KOK ADA BANYAAK?

PESAWAT AKU TERMINAL BERAPA NOMOR BERAPA?
KOK MBAK MBAK BANDARA SOETA CANTIK CANTIK YAA??

Gitu mas
hahahaha

Puput mengatakan...

wkakakaak mbak cantik malah nambah kebingungan yaak. :p

Nia Tanaya mengatakan...

hahaha jd ingat pertama kali naik pesawat, pas di bandara bingung bgt cara chek in nya gimana,dimana sih ini, muka udah ga ada ekspresi petugasnya malah liatin aja,kasitau dong minimal ada papan petunjuknya gt. kan gengsi juga mau nanya2, wkwkwkwk :D

Maya mengatakan...

Harus ada pengalaman pertama dong biar berkesan
untungnya aku pertama kali naik pesawat tuh rombongan jadi rada keren dikit haha

ahmad fauzi mengatakan...

gue pertama kali naik pesawat seorang diri. dan alhamdulillahnya sampai tujuan dengan selamat. hahaha
tapi emang ngeri juga sih ya. jarak terminalnya yang jauh, dan belum lagi kalau kita meleng terus ga tau ada pemberitahuan terminalnya dipindahkan. makin ribet lagi tuh.
kemarin juga ke mesir, dilepasin aja. berangkat bareng rombongan, dan ga ada yang pernah ke mesir. alhasil ya gitu. kayak orang linglung, nyari'' terminal selanjutnya.
gue malah susah tuh kadang buat basa-basi gitu. nanya mau kemana segala, takut responnya dianggap sok asik gitu. makanya diem aja. hahah.
coba besok'' sengaja salah naik pesawat gitu, mas. bisa ga tuh kira''?

khairul Leon mengatakan...

Wa iya bener juga ya ngapain juga orang-orang pada nanya kek gitu wkwk.
kan tujuanya udah pasti searah tapi kayaknya aku pernah nanya gitu juga deh ke orang lain haha,

Bandara Soetta mah emang ribet banyak terminal nya tapi untuk bandara-bandara selain Soetta mah masih bisa diatasi karna terminalnya ga ampe banyak banget.

Belajar dari pengalaman emang seru ya lebih mudah diingat jadi ga akan gagap dan melakukan kesalahan lagi :)

Puput mengatakan...

iya yah, petugasnya gak tanggap banget, kudu pelatihan di bank tuh petugasnya. soalnya kalo di bank petugasnya baik2 banget

Puput mengatakan...

heuheeh kalo rombongan bisa action2 kayak udah paham tuh :D

Puput mengatakan...

wahaahahah kayaknya klo salah naik pesawat bisa bahaya, :D kebawa ke Mesir nanti gw

Puput mengatakan...

pengalaman memang guru yang paling baik, tapi yaaaa :p