Cara Menjadi Relawan Kemanusiaan Di Daerah Konflik

Cara Menjadi Relawan Kemanusiaan

Cara menjadi relawan kemanusiaan – Bukan sembarangan orang yang dapat menjadi relawan kemanusiaan, terlebih lagi menjadi relawan kemanusiaan pada daerah – daerah konflik. Harus adanya persyaratan tertentu yang harus anda penuhi. Saat ini pun, bencana alam kian marak terjadi, bahkan memerlukan penanganan yang serius. Anda dapat melihatnya di internet, koran, layar televisi, maupun pada berbagai media lainnya bahwa satgana PMI, anggota TNI atau polri, tim SAR, serta relawan – relawan yang berasal dari organisasi partai politik, kemasyarakatan, wakil instansi, dan lainnya secara bersama – sama untuk melibatkan diri secara langsung untuk upaya dalam tanggap terhadap bencana tersebut. Mereka sangatlah antusias dalam menolong orang lain. Dengan adanya relawan kemanusiaan, di harapkan penanganan yang tadinya sulit untuk di lakukan akan dapat terbantu dengan baik. Nah, jika anda sangat tertarik untuk menjadi relawan kemanusiaan, di bawah ini akan di paparkan bagaimana caranya menjadi relawan kemanusiaan agar dapat bermanfaat untuk orang lain.

Memiliki keberanian yang kuat


Jika anda ingin sekali menjadi relawan di daerah – daerah konflik atau peperangan, maka syarat yang paling harus terpenuhi adalah tidak takut untuk mati. Mengapa ? dikarenakan daerah yang akan di tuju merupakan medan perang dengan berbagai bahaya di dalamnya yang siap menerjang kapan saja. Seperti resiko akan terkena mortir, peluru, roket, maupun bom pasti ada. Sehingga para relawan – relawan yang hendak berangkat ke daerah tersebut haruslah sudah siap dengan berbagai macam risiko tersebut. Anda dapat melihatnya dari perjuangan – perjuangan bangsa Indonesia dahulu yang tidak takut mati untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Darah dan nyawa tidak ada artinya lagi untuk mereka.

Berbagai pengetahuan


Pengetahuan juga sangatlah penting untuk di ketahui para relawan. Salah satunya adalah pengetahuan dasar agama. Bukan hanya pengetahuan dasar saja, tetapi juga sangat di perlukan akhlak baik. Akhlak baik akan memberikan jati diri anda sebenarnya. Tanpa adanya pengetahuan yang baik serta memadai maka akan merusak niat yang awalnya anda rencanakan dalam menolong masyarakat yang berada di dalam kesulitan.

Mendapatkan izin dari orang tua


Ini merupakan hal yang penting juga untuk di ketahui oleh anda. Restu orang tua di perlukan agar anda dapat menjalankan tugas dengan optimal dan maksimal. ketika restu dari orang tua tidak di berikan, tetapi anda memiliki kapabilitas, sama saja anda tidak di perbolehkan untuk berangkat.
Ketika anda telah mengetahui cara – cara dalam menjadi relawan kemanusiaan, sebenarnya ada beberapa hal lain yang sangatlah di perlukan dalam menjadi relawan, bahkan menjadi modal terbesar untuk anda bagi seorang relawan. Di antaranya adalah :

Memiliki keikhlasan


Modal yang pertama ini memang sangat mudah untuk di ucapkan tetapi sangat sulit untuk di di laksanakan. Dengan adanya keikhlasan dalam diri anda, yaitu melakukan sesuatu tanpa mengharapkan imbalan, nama baik, pujian, serta citra, kecuali hanya beribadah kepada – Nya maka anda bisa menjadi contoh yang baik untuk orang lain.

Memiliki tanggung jawab


Tanggung jawab sangatlah penting untuk di ketahui oleh para relawan kemanusiaan. Terlebih lagi tanggung jawab kepada orang lain. Dengan tanggung jawab yang tinggi maka anda bisa di andalkan untuk beberapa hal penting.

Menjadi relawan kemanusiaan merupakan tugas mulia dan baik untuk di lakukan. Dan sangatlah di butuhkan agar dapat memberikan bantuan – bantuan yang sangat sulit di dapat. Bahkan untuk para relawan sendiri, mendapatkan berbagai macam pengalaman yang tidak pernah di dapatkan sebelumnya. Anda dapat mengembangkan kepribadian, dapat mengasah dalam kepekaan sosial serta nurani, dan dapat membangun semangat untuk bertahan hidup pada berbagai situasi apapun. Berbagai pengetahuan serta ketrampilan yang anda peroleh dari peran relawan anda tentunya sangat bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Target yang ingin di capai oleh relawan – relawan kemanusiaan adalah memberikan berbagai macam bantuan untuk orang – orang yang sangat membutuhkan bantuan yang memang tertindas di daerah konflik tersebut. Demikianlah pembahasan mengenai cara menjadi relawan kemanusiaan

Kalau kalian lebih suka melihat video, saksikan yang di bawah ini!


Share this:

CONVERSATION

2 comments:

  1. sungguh mulia para relawan yang dgn ikhlas membantu sesama manusia.
    semoga mrk semua diberi keselamatan dan kesehatan oleh Allah SWT.

    BalasHapus