5 Cara Menjadi Freelancer Yang Sukses

Cara Menjadi Freelancer Yang Sukses

Cara menjadi freelancer wajib kamu ketahui karena tidak mudah untuk menjalaninya. Freelancer sendiri adalah bekerja secara paruh waktu dimana kamu dapat mengatur waktu antara bekerja dan waktu santai. Apalagi saat ini teknologi telah berkembang dimana bekerja secara freelancer dapat kamu lakukan secara online. Sehingga dapat memudahkan kamu dalam berbagai bidang, apalagi berdasarkan prediksi pada tahun 2020 banyak perusahaan yang menyukai proses perekrutan karyawan yang bekerja secara paruh waktu dibandingkan dengan pekerja tetap. Dalam menjadi freelancer kamu akan dihadapkan dengan 3 opsi yaitu freelancer dijadikan pekerjaan sampingan, freelancer untuk memperluas jaringan dan freelancer menjad pekerjaan utama. Namun pasti akan muncul pertanyaan bagaimana untuk memulai menjadi freelancer.



1. Menemukan waktu untuk bekerja


Walaupun kamu pekerja lepas, bukan berarti dalam menentukan jam kerja kamu sesuka hati. Agar teratur dan bekerja dengan optimal tetapkanlah waktu dalam bekerja, dimana hal ini tergantung dengan gaya hidup kamu. Mereka yang bekerja tetap biasanya mempunyai jam dalam melakukan pekerjaan, misalnya masuk kantor jam 08:00 dalam pulan jam 17:00. Nah sebagai freelancer kamu dapat mentepkan waktu bekerja mulai jam 09:00 dan berhenti pada jam 13:00 dan lanjut lagi pada malam hari sesuai kenyamanan kamu. apalagi jika kamu bekerja secara online sehingga lebih mudah. Atau jika kamu lebih nyaman melakukan pekerjaan saat malam bisa, asal kamu merasa nyaman dan pas.


2. Memilih bidang yang tepat


Dalam bekerja kamu harus menemukan bidang yang pas dan cocok serta yang kamu kuasai, sehingga dalam bekerja kamu lebih semangat dan mudah dalam menyelesaikannya. Pekerjaan freelancer umumnya adalah programing, data entry, penulis, penerjemah, desain web, multimedia, dan semua hal yang dapat dikerjakan di rumah. Kamu dapat memilih diantara bidang tersebut yang mana kamu kuasai. Apabila kamu merasa tidak mempunyai bidang yang kamu kuasai kamu dapat mencobanya, bisa saja kamu menguasai bidang tersebut. Namun dalam proses belajar kamu harus bertanggung jawab, agar jika klien meminta pekerjaan yang susah kamu dapat menyelesaikannya bukan dengan lepas tangan. Karena itu kamu harus memiliki niat dan tingkat kesabaran yang tinggi apalagi pekerjaan freelancer tidak tetap dan gajinya tidak seberapa dengan pekerja tetap.


3. Lakukan riset pada pasar


Setelah kamu mengetahui bidang apa yang akan dipilih maka sebaiknya kamu melakukan riset pada pasar. Hal ini dilakukan dengan tujuan apakah dengan keahlian yang kamu miliki dapat digunakan untuk mencari penghasilan dari mana. Dan dimana tempat untuk menampung keahlian seperti itu. Namun saat ini banyak freelancer yang memilih bidang bisnis online karena saat ini banyak digeluti orang sehingga sangat menggiurkan. Kemudahan yang ditawarkan juga menjadi salah satu faktor, serta dengan melakukan riset kamu dapat mengetahui apa yang kamu butuhkan sehingga kamu dapat mempersiapkan diri dalam menjalankan pekerjaan. Sehingga sebagai freelancer kamu bertanggung jawab dan membuat klien puas atas hasil kerja kamu.


4. Mengumpulkan karya terbaik


Kepuasan pelanggan adalah hal yang utama dan tentu saja membuat bangga seorang pekerja tidak terkecuali freelancer. Karena itu sebaiknya kamu mengumpulkan karya terbaik dan sesuai dengan keahlian kamu. Dimana karya tersebut dapat kamu masukkan pada portofolio sehingga dapat dilihat oleh calon klien dan membuatnya yakin bahwa kamu mampu melakukan pekerjaan ini. Karena itu sebaiknya kamu membuat beberapa karya dan memilih yang mana terbaik agar dapat meyakinkan. Dalam membuat karya juga dapat membuat kamu belajar sehingga menjadi ahli dan membuat pekerjaan kamu lebih baik dari sebelumnya, karena membuat karya sama dengan ajang dalam melatih dan mengasah bakat kamu.


5. Melihat peluang dalam bisnis online


Majunya bisnis online membuka peluang untuk freelancer dalam mendapatkan pekerjaan. Namun bukan berarti kamu melupakan informasi pekerjaan secara online. Dengan mencari secara online lebih efektif serta pasarnya lebih luas, dimana tidak hanya berhenti di lingkungan tempat kamu berdomisili. Karena itu manfaatkan media sosial dalam mencari info. Dan inilah cara menjadi freelancer yang baik sehingga sukses

Share this:

CONVERSATION

2 comments:

  1. Bagi seorang freelancer seperti saya emang bener tuh kita setidaknya harus menyiapkan portofolio untuk meyakinkan kilen. Dan yang perlu digarisbawahi adalah tanggung jawab dalam bekerja. Meskipun kita bekerja sesuai kemauan kita bukan berarti kita menunda-nunda permintaan klien. Saya sepakat sama penjabaran 5 diatas, tambahan lagi nih biar kerjaan freelancer makin lancar yaitu jalin hubungan kerjasama dengan siapapun baik klien ataupun teman seperjuangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih tambahannya mas bro, bener banget hubungan baik kalau gak dimaintain dengan baik bisa bahaya, apalagi sekarang jaman medsos, dari share ke share kalo berita buruk cepet banget yak nyebarnya

      Hapus