Pengalaman Perpanjangan SIM Keliling di Kantor Pos Gambir



"Sudah telat ini!!!"

"Baru kemarin.. masak gak bisa mas?"

"Sekarang emang begitu bu, harus ke daan mogot ini.."

Akhirnya ibu tadi gak jadi ngurus SIM di lokasi pengurusan SIM keliling, mas penjaganya juga gak berani bantu karena mungkin sudah begitu aturannya, pengurusan perpanjangan SIM di lokasi SIM keliling mensyaratkan SIM harus masih dalam keadaan akif tanggal berlakunya.

Beruntung gw menyegerakan pengurusan perpanjangan SIM, karena tinggal beberapa hari aja gw bakal gak boleh perpanjang SIM di lokasi pengurusan SIM keliling di kantor pos gambir.

Gw pilih di kantor pos gambir karena posisinya yang relatif dekat dengan kantor, dan posisi mobil SIM kelilingnya juga keliatan jelas di depan pintu masuk kantor pos gambir, persis di sebalah Dunkin Donut kantor pos gambir.

Lokasinya agak ke sudut dan posisinya lumayan teduh. Persis di depan mobil SIM keliling ada meja cukup besar untuk registrasi, di sekelilingnya ada bangku bakso untuk orang yang ingin menulis formulir pendaftarannya.

Di meja itu juga ada mesin fotokopi kecil, tapi gw gak tau gratis atau bayar kalau fotokopi di sana, karena gw udah nyiapin beberapa fotokopi dokumen sebelumnya.

Nyampe di lokasi sekitar jam 10 pagi kurang, tapi sudah banyak yang antri untuk ngurus perpanjangan SIM di kantor pos gambir, jadi gw buru buru isi formulirnya, kasih SIM lama dan juga menyerahkan dokumen fotokopi yang diperlukan, setelah selesai isi dokumen gw disuruh nunggu.

Gak sampae bosen nunggu, langsung giliran gw dipanggil sama mbak-mbak yang ada di dalem mobil, di dalam mobil SIM keliling ternyata luas juga lho.. sekali panggil ada 3 orang yang boleh masuk untuk proses verifikasi data dan foto, sedangkan di dalemnya sudah ada 3 orang yang bantu kita.

1 orang yang pegang komputer untuk input data formulir pendaftaran, 1 orang pegang foto dan mengoperasikan sidik jari digital, dan 1 orang terakhir mengurus pembayaran dan memanggil orang masuk kedalam mobil SIM keliling.

Proses fotonya juga kilat banget, verifikasi bio data, difoto, sidik jari digital, tanda tangan digital, tunggu sebentar SIM langsung jadi seketika.

Biayanya juga murah, untuk 2 SIM gw cuma bayar 275 rupiah, setelah keluar mobil SIM keliling gw langsung dikasih kartu asuransi oleh petugas registrasi, trus balik ke kantor langsung pake SIM yang baru deh.

INFO
Yang sebaiknya dibawa sebelum ke lokasi SIM keliling:
Fotokopi KTP 2 lembar
Fotokopi SIM 1 lembar
SIM asli
KTP asli


Didepan Kantor Pos ada lapangan banteng, disana banyak poke stop, kali aja mau mampir cari pokemon disana, jadi sediakan juga power bank :p

Share this:

CONVERSATION

14 comments:

Obat Herbal Jelly Gamat Gold G mengatakan...

ujung ujungnya nyari pokemon haha

Robby Haryanto mengatakan...

Hahaha jadi rekomendasi dua fungsi dalam satu tempat. Bisa perpanjang SIM dan nyari pokemon. Ternyata prosesnya mirip-mirip bikin KTP ya.

Kresnoadi DH mengatakan...

Kayanya di tempat-tempat kayak gitu tukang fotokopi malah jadi mahal deh harganya.

Lah endingnya malah jadi pokemon. :))

Puput mengatakan...

sapatau ada yg mo cari hehehe

Puput mengatakan...

kamu belum ada SIM ya.. segeralah.. :p

Puput mengatakan...

sapatau ngebet cari poke stop :p

Muhammad Haris mengatakan...

wahaha,Lagi lagi SIM SIM

Puput mengatakan...

wew.. emang lagi tenar kah

Haris L. Hakim mengatakan...

Saat gak punya SIM berkali-kali kena tilang, eh pas udah punya SIM malah jarang kena tilang. Apa cuma saya aja yang merasakan fenomena ini?

Puput mengatakan...

berarti yg nilang feelingnya bagus bener yak :D

Niki Setiawan mengatakan...

Kalo perpanjang sim dua tahun sebelum masa habis bisa g bang?

Puput mengatakan...

wekekek sekalian aja 5 tahun sebelumnua nik

yudha prawira Wibisana mengatakan...

bayar berapa bang? trus kalo sabtu buka ga bang?

Puput mengatakan...

gw bayar 275, sabtu gak nanya gw.. hehe