7 Manfaat Berenang Bagi Tubuh Yang Sering Dilupakan


Selain menyenangkan berenang juga memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh kita ini, tetapi selama ini yang terbayang dalam ingatan, kalau kita mendengar kata berenang adalah, hanya bertujuan untuk membuat badan menjadi lebih tinggi, padahal banyak manfaat lain dari berenang, apa saja manfaat lain dalam berenang bagi tubuh ?


1. Meredakan Stres


Stres bisa diakibatkan oleh banyaknya tuntutan di lingkungan kerja yang pada akhirnya dapat juga memicu masalah pada hubungan sosial dan personal seiring dengan banyaknya media sosial yang secara tidak langsung menuntut kita untuk berinteraksi lebih cepat dari biasanya.

Berendam di kolam renang tentunya akan memberikan efek rileks dan dengan menggerakan anggota tubuh dalam mengarungi kolam renang, secara tidak langsung, akan mengalihkan konsentrasi dan fokus kita dari rutinitas sehari-hari, dan hal ini akan sangat membantu kita untuk meredakan Stress

2. Meningkatkan Fleksibilitas


Seluruh gaya berenang merupakan kombinasi dari posisi badan, gerakan lengan, gerakan tungkai, tempo dan pernapasan, hampir seluruh bagian badan digerakan dalam berenang, sehingga dapat meregangkan hampir seluruh bagian tubuh kita yang akhirnya dapat membantu meningkatkan Flesibilitas tubuh kita.


3. Menjaga Berat Badan Ideal


Apakah kalian pernah merasa lapar setelah berenang?, hal itu disebabkan karena gerakan dalam berenang sangat banyak membakar kalori kita.

Saat di dalam air,  kita menggerakan hampir seluruh tubuh kita, ditambah dengan mengatur pernapasan, tentunya hal ini dapat membakar kalori dengan volume yang tidak sedikit.


4. Meningkatkan Sistem Pernapasan


Berenang dipercaya dapat menguatkan otot paru-paru dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh kita, ditambah dalam berenang tentunya kita mengatur tempo pernapasan kita sehingga hal ini sangat bagus untuk melatih sistem pernapasan pada tubuh kita.

5. Mengencangkan Otot Perut


Pada saat berenang bagian tubuh kita bergerak secara terus menerus, bagian otot perut juga ikut berkontraksi yang diakibatkan peregangan dari bagian lengan dan kaki. 

Dengan semakin banyaknya kontraksi pada bagian perut, hal ini dapat menyebabkan otot bagian perut menjadi lebih kencang.

6. Mencegah Sakit Punggung


Sakit punggung bisa diakibatkan oleh peradangan sendi karena kekakuan sendi, karena berenang memaksa kita untuk menggerakan seluruh badan tetapi sedikit memberikan beban atau ketegangan pada sendi, dikarenakan tubuh kita ditopang oleh air kolam renang, maka berenang sangat dianjurkan untuk mengobati dan mencegah kekakuan sendi tersebut.

7. Melatih Keseimbangan


Pada saat kita berada di kolam renang, kita akan berusaha mengapung dan menyeimbangkan tubuh kita di air, hal ini secara tidak langsung dapat menjadi latihan keseimbangan dan dapat membuat keseimbangan kita menjadi lebih baik pada saat di luar kolam renang.


Suka dengan artikel ini, share :)

Share this:

CONVERSATION

0 comments: