Menyiapkan Pengembangan Aplikasi Mobile menggunakan Corona



Seperti yang pernah gw ceritain sebelumnya di sini, gw lagi seneng utak atik Corona, percobaan pertama, gw buat game sederhana berjudul "Tap Blue Circle to Start", dan sudah bisa di download di play store.

Sekarang gw mo sharing sedikit, bagaimana nyiapin Corona biar langsung bisa mulai pengembangan, tanpa bingung tanya sana-sini lagi, karena pengalaman pertama kali install, gw bingung, abis install trus ngapain lagi.

Kita mulai aja, gw asumsikan elo sudah register dan download corona, dan sudah di install di komputer masing-masing.

Selanjutnya, sewaktu kita jalanin corona, tiba-tiba aja langsung mucul gambar dibawah,


Disitulah... saya merasa bingung, selanjutnya ngapain, karena klik sana-sini cuma muncul emulator yang langsung jalanin aplikasinya, lah terus.. dimana gw ngetik codenya, dimana gw masukin gambar, dimana gw masukin suara, gimana compile jadi APK nya atau istilah kerennya dimana Integrated Development Environment-nya, yang selanjutnya gw sebut aja IDE.

Usut punya usut, ternyata Corona gak langsung menyediakan IDE, mampuslah.. pikir gw, terus gw harus pake notepad gitu? trus dari notepad bisa klik kanan compile gitu? gila ini SDK pikir gw.

Tapi.. ya nekat-nekat aja, gw coba run project samplenya yang udah dikasih sebelumnya, seperti gambar dibawah ini, setelah gw klik Samples, muncul windows open, arahin aja ke direktory yang ada file main.lua, seperti dibawah ini,



Lalu gw buka direktori projectnya, coba buka folder SampleCode/GetingStarted/HelloWorld, iseng aja sie buka HelloWorld, tapi dengan harapan semoga melalui HelloWorld lebih mudah memahami Corona, yang pertama gw buka adalah file main.lua, lihat gambar dibawah,


Sambil emulatornya berjalan, coba kalian edit file main.lua dan save, edit aja String yang menurut kalian bisa di rubah tanpa membuat codenya error, sewaktu di save, secara ajaib emulator Corona akan mendeteksi adanya perubahan pada code, secara automatis menjalankan ulang emulator,  dan menampilkan kekita hasilnya.

Gw coba ngedit code main.lua pake text editor cupu, tapi masak iya kita mau coding nyiksa diri kayak gitu, nah.. disitulah saya merasa.. perlu googling, text editor mana yang gratis dan bagus buat corona.

ZeroBrane Studio lah yang gw pilih, suport banyak lua interpreter, pastinya ada corona, dan yang paling penting, ZeroBrane Studio juga bisa debugging, lihat gambar dibawah ini,


Jadi tinggal setting lua interpreter-nya dan dilanjutkan dengan F5(start), langsung deh simulator coronanya muncul tiba-tiba.

Silahkan mencoba,

nb:

buat yang pengen info lua lebih lanjut, silahkan klik link disini, kalau baru denger lua, gak perlu khawatir, gw juga baru nyoba lua waktu kenal Corona, pengalaman gw pake lua, dia cukup ramah.. gak akan merusak hidup lah..






Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar