Cara Menjaga Kebersihan Diri Untuk Wanita


Wanita makhluk tuhan yang paling sempurna dengan kekurangan dan kelebihannya. Semua wanita memiliki kelebihan sendiri-sendiri dan semuanya tidak ada unik, namun ada satu kelebihan wanita yang hampir semua punya yaitu urusan menjaga penampilan. Wanita selalu ingin terlihat menarik, penampilan menjadi hal yang dominan dalam kepercayaan diri. Namun sebagian wanita melupakan pepatah Kebersihan sebagian dari iman menurut kepercayaan orang muslim dan malah memperhatikan urusan dandan. Kebersihan bagi wanita meliputi dari ujung rambut sampai ujung kaki (menyeluruh). Bisa menjaga kebersihan diri menjadi point plus yang dimiliki oleh seorang wanita di mata kaum pria. Menjaga kebersihan diri berbeda lho dengan berdandan girls. Berdandan atau merias diri merupakan kegiatan untuk menambah nilai indah perempuan sedangkan menjaga kebersihan diri merupakan upaya menjaga apa yang sudah ada. Apa saja yang harus dilakukan wanita untuk menjaga kebersihan diri?

Cara menjaga kebersihan diri untuk wanita.

1.     Mandi

Mandi menjadi rutinitas harian yang harus kita lakukan. Mandi idealnya dua kali sehari, tidak kurang dan juga jangan terlalu banyak lebihnya. Jarang mandi tentu akan menumpuk banyak bakteri dalam badan sedangkan keseringan mandi tidak baik untuk kulit karena akan menyebabkan kulit kering dan tidak sehat. Mandi bukan hanya membuang air ke tubuh begitu saja, mandi di sini merupakan cara menjaga kebersihan diri untuk wanita paling mendasar, mandi memperhatikan kebersihan anggota badan yaitu:
 
  • Kepala dan rambut. Dibersihkan dengan cara keramas menggunakan shampoo yang sesuai dan dirapikan dengan bantuan sisir kepala.
     
  • Bagian wajah dan mata. Wajah dikatakan sebagai investasi masa depan bagi seorang wanita, hal itu benar karena manusia sekarang tertarik pada orang karena penampilannya. Wajah dan mata dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci muka 2 kali sehari dengan sabun muka yang cocok untuk kondisi kulit.
     
  • Kebersihan hidung dan kuping. Lakukan pembersihan hidung dan kuping seminggu sekali dengan bantuan alat yang aman digunakan.
     
  • Gigi dan mulut. Kebersihan gigi  dan mulut diupayakan dengan rajin menggosok gigi sedikitnya 2 kali sehari pagi setelah makan dan malam sebelum tidur.
     
  • Badan. Badan dibersihkan dengan menggunakan sabun dalam ritual mandi minimal 2 kali sehari.
     
  • Kuku. Kuku kaki dan tangan menjadi ajang masuknya kuman ke tubuh, rutin membersihkan kuku minimal 2 kali dalam seminggu dan setiap kali kotor langsung dibersihkan.

2.     Pakaian

Pakailah pakaian yang sudah bersih yaitu yang sudah di cuci dan di setrika. Hindari menggunakan pakaian lebih dari 12 jam karena pakaian tersebut telah banyak menumpuk kuman yang tidak baik untuk tubuh. Kuman, virus dan bakteri akan menyebabkan bau badan tidak sedap, terlalu banyaknya tumpukan kuman akan membuat kulit tidak nyaman. 

3.     Bersihkan keringat

Tubuh yang berkeringat akan memunculkan bau yang tidak sedap itu tandanya telah banyak virus dan bakteri yang bersarang. Kondisi tubuh yang berkeringat tentunya tidak akan nyaman bagi seorang wanita, untuk itu segera bersihkan keringat yang menempel sebelum mengeluarkan bau yang tidak sedap. Cara menjaga kebersihan diri dari keringat dengan mengelapnya dan untuk mengatasi bau badan bisa menggunakan parfum dan wangi-wangian lain pada area badan yang mengeluarkan bau.

4.     Membersihkan wajah secara rutin

Cara menjaga kebersihan diri untuk wanita yang terakhir yaitu dengan membersihkan wajah secara teratur, bersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran yang tidak terangkat ketika mencuci muka dan dari kosmetik yang digunakan dengan bantuan bahan pembersih dan penyegar kulit, pilih produk yang sesuai dengan kulit kalian.

Tips: jangan terlalu banyak makan bawang mentah karena bawang merupakan makanan yang bisa merangsang munculnya bau badan.

Menjaga kebersihan diri penting dilakukan wanita untuk menghargai tubuhnya, tidak ada salahnya melakukan itu semua, manfaatnya akan kembali ke diri kita sendiri. Melakukan cara menjaga kebersihan diri memang perlu dilakukan dengan berbagai cara karena memang tubuh memiliki bagian-bagiannya masing-masing yang tidak bisa disamakan dalam perawatannya. Berbagai bahan pembersih diri sudah beredar luas di pasaran, pilihlah produk yang tepat untuk jenis kulit yang dimiliki. Girls giat menjaga kebersihan diri menjadi point plus lho buat kalian di mata pasangan atau pria so jangan sampai kalian lupa untuk merawat dirinya.

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar