Jangan diminum susunya !!!

Gambar di ambil dari http://www.dairy.com.au

Empat sehat lima sempurna. Sehabis makan ada baiknya kita menyempurnakan apa yang masuk ke perut kita dengan susu, begitulah kira-kira arti dari 4 sehat 5 sempurna, saya jadi inget sewaktu saya liburan dahulu kala, ada teman yang sedang kurang enak badan kita sebut saja namanya A, rencananya sehabis makan si A ingin minum obat, sembari minum obat dia juga membawa segelas susu, sebelum dia meminum susunya, terdengar lah teriakan misterius, eiiit eiit jangan diminum susunya...!!

"Kenapa gak boleh diminum" tanya si A
"lo mau minum obat kan" tanya temen saya yang melarang minum susu, kita sebut saja D
"iya, mang kenapa, lo mau?" jawab si A
"enggak, gini, gw mo kasih tau, kalo lo mau minum obat jangan sambil minum susu, susukan menetralisir racun, nah kalo lo minum obat, sama aja boong, khasiat obatnya juga ntar di netralisir, gitu" kata si D mencoba menjelaskan
"gitu yah, trus susu gw gimana dong, sayang kan gw udah bikin" tanya si A kebingungan
"ya udah, sini gw minum, dari pada nganggur" jelas si D mencoba membantu
dengan agak ragu akhirnya A memberikan segelas susunya kepada si D, dengan penuh keyakinan si D meminum susu yang di buat si A sampai habis, saya dan anak-anak lainnya cuma bisa ketawa-ketiwi.
"lo dikibulin tuh, emang dia aja yg mo minum susu gratis, kekekek" teriak anak-anak yang lain, saya cuma bisa ikut ketawa, karena gak begitu yakin susu bisa bikin obat jadi netral.

Sebenernya saya juga baru denger atau bisa di bilang telat denger, mengenai susu dan obat, apa sebenernya yang terjadi yah ?, apa bener susu bisa menentralkan obat, akhirnya saya coba-coba cari info dari pelbagai sumber. Gak jauh-jauh sie, cuma tanya-tanya ma orang dan browsing di Net, kalo tanya-tanya kebanyakan bilang "iya, susu bisa netralisir obat, jadi kalo mau minum obat, jangan minum susu", trus browsing-browsing dapet info di sini, nih cuplikannya bilang gini

Lebih lanjut dijelaskan, susu dapat menetralisir racun yang masuk dalam tubuh. Pasalnya susu bisa menetralisir asam. Racun yang bersifat asam misalnya air keras bila terminum dan masuk dalam tubuh bisa ternetralisir. Itulah sebabnya bila ada orang keracunan harus minum susu sebanyak-banyaknya. Tetapi bila minum obat tidak boleh sambil minum susu. "Ada obat tertentu yang memerlukan keasaman lambung. Sementara susu yang menetralisir asam lambung bisa mengakibatkan obat tidak pecah dan tidak bisa diserap," imbuh Indraguna.


Jadi menurut artikel tersebut, cuma obat-obat tertentu saja yang gak boleh diminum bersama susu, cuma sayangnya di situ tidak di terangkan obat jenis apa saja yang boleh dan tidak boleh di minum bersama susu, terlepas dari benar atau tidaknya artikel di atas, karena sudah banyak yang bilang bahwa minum obat jangan sambil minum susu, jadi ada baiknya saya ikut-ikutan aja lah, apapun obatnya. :p

Share this:

CONVERSATION

37 comments:

  1. Hmm... Gitu...

    Tapi saya jarang minum susu.. :P
    Males bikinnya...

    Tapi klo ada yg ngasih sih ya tak minum..

    Hahaha...

    BalasHapus
  2. Kalo gak ati-ati, susu malah bisa nimbulin masalah. Contoh nyata aja Put.. gak semua bayi bisa cocok minum susu yang ada di pasaran,meskipun susu bisa buat bayi sehat.
    Itu yang saya ketahui Put..

    BalasHapus
  3. halo puput makasih ya kemarin udah mampir keblog saya..:)
    btw blognya puput banyak ilmunya, kapan2 boleh nyontek ya, terutama yg ngutak ati blog..he..

    BalasHapus
  4. katanya kl pake teh iya juga yah??

    BalasHapus
  5. iya, saya juga ndak suka susu :)

    BalasHapus
  6. tapi emang penting kok minum susu mba.. :)

    BalasHapus
  7. @praditya
    wakz... curang :p

    @sigit
    kalo bayi kasih asi aja, pasti gpp deh

    @yolla
    makasih juga :D,
    ah jadi malu kan cuma 1 tutorial, gak banyak, boleh2 silahkan aja :D

    @ekowanz
    teh juga yah, manis apa yang tawar :p

    @eve
    kalo saya suka lho minum susu :D

    @mitora
    memang penting kok :D

    BalasHapus
  8. @ Ekowanz: kalo minum teh juga denger2 jg ga boleh. tp blm tw jg knp, takutnya ini cuma mitos.

    tp ada yg lebih berbahaya lagi: minum obat pake coca cola, sprite, dan teman2nya! cari mati tuh :D

    kalo soal susu, mmg sbaiknya jangan, sebisa mungkin minum obat pake aer putih aja, yg gak dingin kalo perlu ;)

    *dokter mode: diaktifkan :P*

    BalasHapus
  9. Artikel ini pas banged, soalnya kita memang g tau komposisi obat yg masuk ke tubuh kita yg boleh or tdk boleh disambil dgn minum susu.

    Nah, klo sy, sekarang kan emang hrs minum susu 2x sehari plus vitamin & obat.

    Jd biasanya sehabis ngobat, 2jam kemudian baru minum susu. Setelah itu, lalu minum air putih lg.
    **kembung deehh....

    http://tehsusu.com

    BalasHapus
  10. artikel menarik
    thanks jeng :D

    BalasHapus
  11. saya udah dari dulu tau kalo minum obat ga boleh sambil minum susu, tapi baru tahu alasannya setelah baca ini... :D

    isnuansayangpengenpresidenperempuan

    BalasHapus
  12. ah.. gw ingat...
    guru kimia gw juga pernah cerita kalau orang2 yang abis gawe di lab langsung disediakan susu. ternyata itu alasannya :D

    BalasHapus
  13. @nieke
    serem juga yah, obat ma sprite, hiiii

    @zee
    rajin juga mbak minum susunya :D

    @detnot
    makasih juga :D

    @isnuansa
    sama, saya juga baru tau sekarang alesannya, :D

    @nisa
    orang di lab kimia sehat2 dong, minumnya susu terus :p

    BalasHapus
  14. susu? walah.. aku cocok tuh minum susu sama obat apa aja:-D

    hihi.. :-D dah biasa.. :-D
    mungkin sekarang tinggal tunggu hari H nya aja kali ya :-s seremm... :-(

    BalasHapus
  15. bermanfaat juga infonya... saya juga baru tahu dari puput lho kalo gak boleh minum susu sambil minum obat ;)

    BalasHapus
  16. hehe dulu yang pertama kali kasi tau hal ini tuh emak kulkas, mbak. katanya emang jadi mubazir gitu. en karena kulkas anak yang penurut lagi penyayang dan tidak sombong (hueek!!) so kulkas turutin deh apa kata emak. minum susunya kira2 dua jam setelah minum obat itu ga papa. soalnya obat udah dicerna :)

    BalasHapus
  17. wah baru tahu nih..
    tapi gak ngaruh jg sama aku..coz aku gak suka minum susu :D

    BalasHapus
  18. g klo minum susu biasanya buat melancarkan pembuangan. dan kalo kebanyakan minum susu biasanya berat badan g enggak naik2 akhibatnya jadi ceking terus hahaha ^^

    BalasHapus
  19. @pitshu: hmm,, bukannya kbnyakan minum susu bikin tmbh endut ya.. trgantung susunya jg sih.. kl yg non fat yah g tau lg.. :p aku g suka susu putih.. :D

    BalasHapus
  20. wah makasih banget infonya... jadi tahu ni

    BalasHapus
  21. oooh susu bisa menetralkan asam di lambung ya...baru tau hikhik....kalo gitu bagus buat orang magh ya ?

    BalasHapus
  22. @muhammadimam
    minum obat n susu kan cuma menghilangkan khasiat obatnya aja :D

    @totok
    terbalik, minum obat jangan sambil minum susu khasiat obatnya hilang :D

    @koolsonic
    hihih kulkas emang anak penurut yah :D

    @myfirstday
    hihihi enak lho susu :p

    @pitshu, kiki
    iya sie, denger2 susu emang gak bikin gemuk

    @anang
    sama2 pak anang

    @mercuryfalling
    biasanya temen saya minum susu beruang kalo lagi sakit perut, saya juga gk tau khasiatnya sie :p

    BalasHapus
  23. Sy tau ini dari keluarga, kalo minum obat, minum susunya 2-3 jam sesudahnya. Alesanya sih karena obatnya ternetralisir sama susu.
    Setau sy jg, org ngedrug, biar pas ditest urine ga ke detect, minum susu dulu.
    Apapun itu, saya suka susu. Sedapp.. :D

    BalasHapus
  24. Susu adalah salah satu minuman favorit saya,, kalo saya sakit gak boleh minum susu ya jdinya?? gimana donk???

    BalasHapus
  25. ayuk minum susu biar sehat pagi ini.. :D

    BalasHapus
  26. @nico
    iya betul. susu emang sedap :p

    @riedu
    minum susunya kaya riedu be2rapa jam stelah minum obat

    @cempluk
    ayuuuuk :p

    BalasHapus
  27. kalo lagi keracunan emang banyak yg nganjurkan minum susu ya he he he..

    BalasHapus
  28. @mega
    sama mbak mega saya juga begitu kalo lagi keracunan, tapi baru tau itu juga ngaruh sama obat :D

    BalasHapus
  29. heheheh gw kalo badan gw sakit gt, suka dikasih ma temen jamu,gw khan kagak doyan jamu,
    terusnya gw kasih susu kental maniss, heheheh beres dech
    banyakan susunya daripada jamunya,
    minumnya sembunyi2 , heheh
    tar di bilang cengeng,

    BalasHapus
  30. nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi

    kita semua :)keep update!
    teknologi mobil

    BalasHapus
  31. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update! velg mobil

    BalasHapus
  32. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) mobil sport

    BalasHapus
  33. harga Suzuki Swift2014Senin, April 14, 2014

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Suzuki swift 2014

    BalasHapus

  34. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Rio Dewanto

    BalasHapus
  35. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Piala Dunia

    sukses selalu

    BalasHapus
  36. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Toyota Agya 2014

    BalasHapus
  37. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Piala Dunia

    sukses selalu

    BalasHapus