Mendadak Nambah Ilmu SSD


Mendadak gw punya pikiran pengen ngerakit komputer sendiri, terlepas dari portabilitas sebuah laptop yang sekarang gw punya. Gw merasa mereka yang punya komputer desktop terlihat dan tampil lebih bertenaga dan bangga, atau mungkin cuma gw aja yang iri. Lagipula rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau, iya kan?

Dengan pengetahuan komputer yang telat beberapa tahun, gw cuma pengen punya komputer dengan prosesor kekinian, memori modern dan graphics card yang gaul dan hardisk SSD 2.5", tapi setelah gw baca artikel, mampir ke forum dan selesai nonton video di youtube, gw merasa tersambar petir ringan.

Karena gw merasa ketinggalan jauh banget informasi perangkat komputer, apalagi gw yang ngotot awalnya pengen hardisk 2.5".. ternyata udah ada SSD yang namanya M.2 yang dibaca dengan Em Dot Two.

Dari situ gw jadi pengen tau lebih dalam, apa beda dari SSD 2.5" dengan SSD M.2, yuk kita liat bareng, 

Sudah jelas model M.2 pasti yang terbaru karena gw juga baru tau hari ini,  dan ternyata model M.2 ukurannya juga lebih kecil, kita bandingkan aja gambarnya dari image google dibawah ini,



Terlihat kurang jelas memang ukurannya karena gw gak punya gambar pisang sebagai pembanding, tapi kalau kita ambil gambaran besarnya bahwa sebelah kiri SSD 2.5" adalah sebuah alat kotak dan sebelah kanan setelah pembatas hijau adalah gambar SSD M.2 yang terlihat chipnya, maka kita bisa simpulkan aja kalau gambar kiri ukurannya lebih besar ya kan?

Karena M.2 juga teknologi yang lebih baru pasti juga punya kemampuan mumpuni, dan ternyata SSD M.5 mempunyai kecepatan transfer 5 kali lipat dari SSD 2.5", secepat apakah itu?

Bayanginnya mudah kok, seandainya menggunakann SSD 2.5" kita bisa copy film Maria Ozawa 1 Giga dalam 1 menit, maka dengan SSD M.2 kita bisa copy filenya hanya dalam hitungan detik, mantap kan? Maria Ozawa gitu loh!

Tapi bagaimana dengan harganya? apakah lebih mahal 5 kali lipat juga?

Dari berbagai sumber yang gw himpun, untuk SSD 2.5" ukuran 250 GB bisa didapat dengan harga 1.3-1.4 juta rupiah, sedangkan untuk ukuran yang sama SSD M.2 berkisar di 2 juta rupiah. Sangat WOW menurut gw, harganya tidak lebih mahal 5 kali lipat!!

Ini menjadikan sebuah pilihan yang cukup masuk akal, iya kan?

logoblog

Share this:

CONVERSATION

2 comments:

  1. Kenapa nda taro PISANG LOE aja sebagai pembandingnya pak? Wakakakakakaakkakk

    Kl gw malah kepengen pangen bikin instalasi tenaga surya, gegara tagihan listrik belakangan ini kok nyekik leher bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kegedean gak bisa difoto.. masalah banget kan tuh..

      Hapus