Persiapan Badan Kecil



Sebesar apapun usaha kita untuk menyiapkan diri, pasti ada yang tertinggal saat bertemu masalah dunia nyata.

Sebagai anak yang berbadan kecil, gw sering dijadikan target pemalakan di tempat umum. Sebut aja game center, pasar, jalan kecil, jalan besar, jalan sedang dan bahkan kalau ada jalan tikus yang beneran ada tikus sedang berjalan, mungkin tikusnya akan ikut malak gw. 

Pernah setelah selesai kegiatan pramuka dan pulang malam, kita berniat jalan kaki untuk menghemat biaya angkot. Tapi ditengah jalan, gerombolan kita dipalak oleh orang mabok dan hasilnya uang jajan gw ludes. Bukannya gw gak mau berbohong sebagai Pramuka, tapi gw dibentak "Mau Gw Taboook!!!" abis gw bilang gak punya duit. Bukannya gak mau melawan, tapi waktu itu di kepala kita cuma ada tepuk Pramuka, salam Pramuka dan beberapa yel-yel lucu. Gak mungkin juga gw yel-yel di depan orang mabok, karena orang mabok gak bakal tau dimana lucunya yel-yel kita.

Tapi selang waktu berjalan, gw latihan dengan giat untuk menanamkan kekuatan mental dan fisik menghadapi pemalak. Pengen banget gw menghukum pemalak yang gak sopan itu, pemalak yang gak pernah permisi, gak pernah pake baju rapih dan gak tau tata krama. Setidaknya mereka sopan dikit kek.. bilang "permisi" "maaf" "punten" atau "nyun sewu",  atau setidaknya mereka ngasih gw kesempatan untuk lari.

Akhirnya terjadi saat gw duduk di bangku mahasiswa, saat gw lagi di angkot untuk masuk kelas perkuliahan. Preman berbadan tegap dengan rambut yang gak pernah kena creambath masuk ke angkot dan langsung duduk di sebelah gw. Tujuannya jelas minta duit karena ngeliat badan gw yang kecil, mungkin dia merasa gw adalah mangsa yang sempurna.

Tapi tidak kali ini gw udah menyiapkan segalanya, pikir gw. Saat dia minta duit, gw gak gentar lagi karena udah melatih mental, dan tentunya karena udah sering kena palak jadi momen ini udah biasa bagi gw. Tapi gw juga gak bisa menghukum dia secara fisik, bukan karena badan dia lebih besar dan tegap kaya homo yang terawat.

Tapi entah kenapa, yang keluar dari mulut gw adalah kejujuran yang tulus, dengan suara jelas gw bilang,

"loe gak salah malak gw? gw kuliah naek angkot kek gini masih loe palak juga?? kalo gw kaya dah naek motor gw!"

Dia terdiam sesaat dan langsung turun dari angkot. Ternyata kita hanya membutuhkan kejujuran untuk menyelesaikan masalah.

Dan dengan sedikit keberuntungan.

logoblog

Share this:

CONVERSATION

3 comments:

  1. Gue merasakan hal ini waktu SD. Sungguh lemah sekali fisik dan kekuatan gue sampai dipalak aja gue nangis. Semoga gak terjadi kepada anak cucu gue. Gue harus ajarkan mereka kungfu sejak balita

    BalasHapus
    Balasan
    1. balita baru bisa jalan mas bro, jangan kungfu. MMA aja

      Hapus
    2. Hahaha kalau MMA kepentingan TV nanti di dunia nyata dia bingung harus nunggu linceng sebelum nyerang

      Hapus