Apa Itu Bagasi OOG di Bandara?



Waktu itu gw lagi santai di bandara karena waktu boarding masih 2 jam lagi, sambil nenteng oleh-oleh yang dibungkus kardus kecil gw melenggang ke counter check-in, tapi gw terkejut waktu masukin bagasi, karena barang gw gak boleh masuk lewat counter itu.

"ini makanan ya?" kata masnya, "iya mas makanan" sambil gw beresin KTP di dompet.

"makanan OOG ya mas", "eh apaan tuh?" gw tanya balik.

Dan si masnya dengan santai nunjuk tulisan di ujung gang, tulisan berwarna merah cukup jelas tercetak "OOG".

Karena gak mau menghambat antrian, maka gw turutin aja menuju tempat yang ada tulisan OOG-nya, semakin dekat ternyata lokasi OOG mirip dengan tempat masuk ruang tunggu bandara setingannya. Ada conveyor kecil untuk memasukan barang/bagasi untuk di scan dan selanjutnya menuju ke conveyor besar menuju entah kemana, mungkin ke suatu tempat yang gelap tanpa kasih sayang.

Abis masukin barang, gw ikut antri sambil ngeliat orang paling depan yang sedang diperiksa, plastik bungkusan besarnya di bongkar oleh petugas bandara dan pemilik bungkusan menjelaskan sesuatu ke petugas. Dari situ gw mendapat perkiraan kalau OOG adalah tempat pemeriksaan bagasi, mungkin bagasi gw dianggap mencurigakan atau itu adalah pemeriksaan random.

Akhirnya giliran gw ketemu petugas, dengan PeDe gw bilang "jadi gimana?" tapi petugasnya malah keliatan bingung, "bagasi saya gimana? saya udah masukin ke scanner tadi" menjelaskan kembali ke petugas. Tapi gw mendapat kejutan yang sangat tidak gw duga sebelumnya, petugasnya malah bilang "ooh udah kalo gitu", "maksudnya udah gimana mas?" gw gak terima. 

"udah selesai, nanti bagasinya kita antar kepesawat", "gak diperiksa?" gw makin bingung, "enggak usah", "lah trus maksudnya bagasi saya OOG apa?", masnya diem sebentar, tarik napas dan menjelaskan dengan baik, "itu bagasi mas kurang dari 5 kilo, atau bentuknya kecil, jadi biar gak rusak dimasukin ke bagasi OOG".

Disitu gw langsung, "ooow begitu, ya udah, thanks" dan bejalan menjauh tempat OOG menuju ruang tunggu, setelah duduk di ruang tunggu gw baru sadar sesuatu yang sangat penting, "jadi, OOG itu artinya apa ya?".

logoblog

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar