Pengalaman Nekat Belajar Ventriloquist Sendiri



Siapa yang senang main boneka?

Jadi.. pada suatu hari gw liat video "Nina Conti" di youtube dengan link https://youtu.be/zDSMyx5kOf0 lalu dari satu video menyambung ke video dia lain, dan satu kata buat dia adalah "WOW" pake banget, belum pernah gw merasa terhibur sebegitunya sama orang dengan boneka.

Berlanjut dengan perasaan unik di dada "gw pengen bisa kayak gitu" akhirnya gw cari video lain buat belajar Ventriloquist tapi sayangnya gak banyak video belajar Ventriloquist dari Indonesia, jadi gw kebanyakan nonton video bahasa Inggris untuk belajar dasar Ventriloquist.

Kebanyakan video yang gw liat juga langsung ngajarin hal yang menurut gw udah dalam tingkat menengah seperti ngajarin nyebut huruf susah seperti "P B V W" dan lain lain. Padahal yang gw butuhkan adalah dasar bagaimana memanipulasi suara biar penonton taunya suara berasal dari boneka, bukan dari suara gw.

Tapi dari berkutat sama pencarian, gw berhasil menemukan hal yang paling mendasar menjadi seorang Ventriloquist, sebagai pemula gw merasa ini cocok banget buat dicoba. Tapi buat yang udah advance mohon kritiknya ya.

Pertama adalah menghidupkan karakter boneka yang kita ingin mainkan, bisa belajar tanpa boneka dan cukup dengan salah satu tangan saja, bentuk cocor bebek dengan salah satu tangan lalu coba gerakan buka dan tutup. Tapi yang perlu diketahui adalah cukup menggerakan jempol untuk gerakan buka tutup tangannya.

Setiap satu suku kata adalah satu gerakan buka tutup tangan, di depan cermin gw coba menghitung dan coba ngomong asal asalan. Hasilnya gw sampe ketawa sendiri di depan kaca, mirip orang gila memang, tapi bedanya gw sadar telah melakukan hal yang gila.

Untuk menghidupkan karakter ada satu hal lain lagi yang penting yaitu, karakter boneka yang kita mainkan harus berkomunikasi dengan lingkungan sekeliling tanpa berkata. Misalnya bergerak melihat sekeliling penonton, nengok ke muka gw, atau membentuk sikap tertentu yang bisa memberikan signal emosi tertentu ke penonton.




Kedua adalah membuat suara karakter boneka yang kita mainkan. Dua hal penting untuk suara karakter adalah kontras dan nyaman, kontras artinya suara karakter harus beda banget sama suara asli kita dan harus nyaman didengar oleh penonton atau kita, caranya adalah dengan latihan berbisik.

Gw coba ngoceh dengan berbisik dan ngomong apa aja dengen berbisik sampai loe merasa nyaman. Lalu gw coba berbisik agak keras sampai akhirnya bini gw bilang "ngapain sie mas!!!!". Itu artinya isyarat gw untuk berhenti latihan langkah ke dua.

Ketiga gw belajar untuk mengontrol suara karakter, tetep dengan suara berbisik tapi nadanya ditinggikan untuk mendapatkan suara anak kecil atau nadanya direndahkan sampai mendapat suara orang tua. Yang perlu diperhatikan adalah suara karakter harus kontras dengan suara asli kita, dan dibantu dengan suara berbisik yang juga menghembuskan nafas yang banyak. Memang sie pada awalnya gw disangka kesurupan sama bini, tapi layak kok.

Dari ketiga pelajaran Ventriloquist di atas gw udah bisa memainkan karakter tanpa boneka, nanti gw upload youtube hasil latihan sambil belajar Ventriloquist sendiri deh. Subscribe channel gw dulu ya, biar gak ketinggalan.

Share this:

CONVERSATION

3 comments:

  1. Lo terlalu jauh mencari inspirasi. Coba cek ria ernest dengan bonekanya susan dan kak seto dengan si komo atau pak raden dengan seri unyil.

    BalasHapus