Effek Media Di Masyarakat

Effek media terhadap masyarakat di Indonesia

Selalu tidak adil!!

Kenapa lebih banyak games yang dikupas,  seperti artikel di sini yang judulnya "VIDEO GAMES and THEIR EFFECT on MODERN DAY SOCIETY". Padahal tontonan di TV juga mempunyai effek yang luar biasa khususnya gw.

Sebagai contoh,  pernah denger iklan bakmi mewah?.  Awalnya gw gak kan mau makan mie instant selain Indomie, dan cuma Indomie yang gw anggap mie instant.

Setelah muncul iklan bakmi mewah,  gw selalu mecibir.  "Mie gak jelas!! ". Tapi serangan iklan yang bertubi tubi tepat di muka, kayak dapet combinasi pukulan jab,  hook, jab,  jab, hook dan KO!!. Gw dikasih pilihan,  tapi pilihan semu.  Antara mencoba mie sekarang atau membeli mienya nanti.  Akhirnya akan sama,  gw jadi beli bakmi mewah,  mencobanya dengan suka dan rela. Begitu hebatnya TV.

Apa pernah ada yang meneliti effek film Doraemon?

Film yang gw tonton sejak lebih 20 tahun lalu. Tokohnya Nobita.  Setiap nonton film Doraemon,  gw selalu berfikir kalau semuanya akan baik baik aja.   Tenang aja, masalah apapun akan selesai sendiri dengan "kantong ajaib". Dan 20 tahun setelah nonton seperti itu,  apa yang terjadi sama generasi gw.  Apakah akan kebawa pikiran "kantong ajaib" setiap ketemu masalah di dunia dewasa.

Kalau sedikit mundur dari saat ini.  Gw pernah ngerasain motor yang ganjil.  Motor sedikit oglek dan tarikan gasnya udah gak mantep.  Itulah ciri-ciri ban kempes.  Tapi gw selalu melewatkan tukang tambel ban.  Dan dengan tenangnya gw berfikiran "nanti juga ketemu tukang tambel ban lagi".

Sampe ban beneran kempes, dan gw harus dorong motor di daerah macet Jakarta. Gw masih berfikiran "anggep olah raga,  dorong motor cari kringet. Nanti juga ketemu tambel ban".

Gw baru sadar banyak melakukan pembiaran dan menunda menyelesaikan akar masalah, setelah ban motor selesai di ganti pentilnya,  dan menghabiskan es teh satu botol. Kalau aja gw langsung cek ban setelah merasakan ada yang aneh dari motor,  pasti gak akan ada cerita kerepotan dorong motor di jalan raya macet.

Sifat menunda cek ban bocor tadi pasti gw dapet dari nonton film Doraemon lebih dari 20 tahun.  Gw selalu peranggapan "tenang" semua akan baik-baik aja,  pada akhirnya akan ada kantong ajaib yang menyelesaikan semuanya.

Menariknya,  dengan mudah gw salahkan media sebagai sumber masalah hidup pribadi. Tapi beberapa saat ini memang media informasi adalah hal yang sangat pribadi. Semuanya mempunyai muatan pribadi.  Apalagi TV, kalau sampe berani ganti channel di waktu tertentu,  emak loe pasti akan berubah kepribadiannya.

#GantiChannelBacok 

Share this:

CONVERSATION

18 comments:

  1. Oalah, sampe segitunya efek media ngaruh ke kehidupannya bang puput ya, kasian doraemon dan nobita disalahin, padahal mereka dateng cuma buat ngehibur masa kecil anak2 era 90-an. Awas bang, nanti nobitanya minta pistol angin kena tembak loh, dor, ban motor pun petsah, eh kempes deh. Wkwk :D

    Kalo gue suka nunda buat postingan bulan ini bang, ternyata nunda itu enggak baik, harusnya bisa nulis banyak postingan, ini mah bulan ini baru ada 2 artikel. Hehe :D

    Nice post. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wekekeke coba aja gan, ngerasain.. Liat doraemon selama bertahun2. Jng2 konspirasi jepang dimulai dari doraemon.. Untuk,

      Hapus
  2. Makanya bang jgn kebanyakan nunda
    Gitu tuh akibatnya
    Kalo g tahan maen ma bini dikamar
    Jgn ditunda juga bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arah loe nik.. Patah abis.. 😅

      Hapus
  3. menunda beberapa saat, seperti misalnya ngambil minumkarena kehausan lalu melanjutkan pertempuran melawan ibue sih, normal kok bray....stelah nggak haus lagi, kan pertempuran bisa dimulai lagih atuh...bertempurnya nyelow lebih sensasional loch

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ampooon gan, saya damain aja.. Menghindari pertempuran ah

      Hapus
  4. langsung turun berapa kilo mbak put? bahaha

    aku juga pernah. ya allah ga enak diliatin pasti sama orang-orang yang lewat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mas2 kekekke, dan ya.. malunya ternyata cukup membuat kita turun beberapa kilo..

      Hapus
    2. Wah ada yang salah paham dengan nama mas Puput..hehe

      Hapus
  5. Terkadang malu ya mas, tapi bisa juga nih, aku anggap olahraga juga..wkwk
    Baru kemarin malam aku dorong mtor, tapi bukan karena ban bocor, bengsinnya habis..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. owalah... sama susahnya dong, yg di cari pom bensin.. #OlahRaga

      Hapus
    2. Kebetulan susah sih gak mas, tapi capeknya itu lho..wkwk

      Hapus
  6. btw mau tanya mas
    itu gambar ilustrasinya
    film apa ya
    #ehhhh

    BalasHapus
  7. Follback www.mangandosetiawan.com
    Salam kenal
    Terima kasih

    BalasHapus