Kesalahan Dalam Menyiasati Musim Ujian


"Gua belom BELAJAAAR!!!!!"

Jangan kawatir kalau minggu depan ada ujian dan kita belum belajar sama sekali, karena secara tidak langsung kita sudah belajar setiap hari saat kita hadir di kelas, tinggal bagaimana kita membangkitkan ingatan tersebut.

Berdasarkan pengamatan sendiri, berikut adalah, apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan dalam menghadapi ujian sekolah maupun kuliah:

Membawa Buku Banyak Saat Ujian


Jangan pernah membawa buku atau catatan terlalu banyak saat hari H ujian, karena selain berat, buku atau catatan akan menjadi beban tersendiri, akan menjadi banyak pertanyaan pada diri kita sendiri,

"Kapan gw bisa baca semua ini!!"

Beban pikiran ini akan terbawa terus sampai pada waktu ujian, dan berdasarkan pengalaman gw, ini yang menjadi penghambat untuk keluarnya semua ilmu yang sudah kita pelajari, selama di kelas.

Coba kalian perhatikan sendiri, apakah temen kalian yang membawa buku dan catatan lengkap pada saat ujian, mempunyai waktu untuk membaca?

Kebanyakan akan menjawab tidak, bahkan mereka yang membawa buku atau catatan banyak, akan lebih banyak mengeluhkan, kalau dia belum membaca semua buku atau catatan tersebut.

Ada juga yang menaruh buku atau catatannya di lantai, sebagai alas duduk, sambil ketawa tiwi bercanda dan ngeUpdate gosip terbaru, tidak ada yang sempat belajar di hari H.

Galau Karena Pasangan


Masalah percintaan memang bikin hidup makin rumit, selesaikan semua masalah percintaan, kalau sudah jadian dan bikin galau, segera putusin hubungan tanpa pikir panjang, agar pikiran kita tenang dan fokus tidak ada beban.

Setelah selesai ujian, baru minta maaf dan ajak balikan, kalau dia mau.. berarti dia orang yang tepat dan baik buat loe, kalau dia gak mau balikan, berarti dia sedang ujian.

Kalau baru gebetan, tapi membuat kita membayangkan kehadirannya, langsung aja sms atau telpon, minta ijin ke dia,

"bayang-bayangmu selalu hadir di ingatanku, aku tidak bisa berhenti memikirkan mu, saat ini aku sedang ujian.. aku butuh konsentrasi, maukah kau sembunyi untuk sementara waktu... setelah ujian.. kamu boleh kembali ke ingatanku.. bahkan aku sudah menyiapkan ruang di hati khusus hanya untukmu"

Kalau dia bales,

"siapa elooo!!"

Mungkin dia juga sedang ujian, bersabar aja.

Mencontek


Khusus untuk mencotek, jangan pernah lakukan itu, sekeras apapun mata pelajaran yang diuji, jangan pernah mencotek, karena apapun hasil dari mencontek, semuanya akan sia-sia.

Hasil jelek bukan akhir dari dunia, gw pernah dapet nilai 'E' dalam mata kuliah pendidikan kewarganegaraan, bukan berarti gw warga negara yang buruk kan?

Dapet nilai 'E', hanya menggambarkan kalau pilihan gw dalam menentukan jawaban dalam kewarganegaraan berbeda dengan dosen yang memeriksa jawaban, tapi tidak bisa menjustifikasi kalau gw warga negara yang buruk.

Walaupun pada kenyataannya, gw sulit membedakan yang mana tempat sampah organik dan non organik, tapi tetep gak bisa menjustifikasi kalau gw warga negara yang buruk.

Kalau ditanya, pernah mencontek atau tidak?

Jujur, gw pernah, sampai sekarang gw menyesalinya, karena gw mencontek sama orang yang salah, yang gw contek sama ngasalnya kayak gw.

Dari kejadian tersebut, gw dapet pelajaran berharga, kalau ada ujian dan gw belum belajar, dan kesulitan dalam menjawab soal, gw berusaha kreatif untuk menjawab, sambil berdoa "berharap semua ini hanyalah mimpi".




Share this:

CONVERSATION

22 comments:

Niki Setiawan mengatakan...

Kalo bawa banyak buku pas ujian saya g pernah loh bang
Emang bener bang berat2in isi tas doang
Akibatnya pundak pada pegel bang
Trus kalo galau karena pasangan belom pernah bang pas ujian
Saya kn tipe orang yg ingin fokus belajar bang pas ujian daripada fokus mikirin pasangan
Kalo menyontek saya juga tidak pernah sesekali bang
Sering iya

mawi wijna mengatakan...

Sekeras-kerasnya kita belajar sebelum ujian, semua ditentukan dari nasib soal ujian yg dikeluarkan :D

Gustyanita Pratiwi mengatakan...

Iyaaa seringnys klo terlanjur bawa buku yg diujikan jadi galau, konsen buyar, lebih baik bawaringkasan aja di sekembar kertas
Percaya ga percsya klo nulis pke tangan sendiri, akan lebih nyangkut materinya kalau kalau ada pertanyaan yg kebetulan jawabannya dah pernah dituliskan di ringkesan itu

Puput mengatakan...

makanya cari pasangan, biar bisa mijetin kalo keberatan bawa buku banyak :p

Puput mengatakan...

pasrah :D amat

Puput mengatakan...

cocok tuh... menulis ulang itu manjur banget, bikin kita mengingat kembali

nurul iman mengatakan...

Kalau ujian saya gak menghapal malam hari tapi waktu paling enak untuk menghapal itu di waktu subuh wah tajam mbak ingatannya terus nempel.

Ramuan tradisional mengatakan...

makasih sharingnya

Puput mengatakan...

bisa juga tuh.. lagi seger2nya

Puput mengatakan...

:)

Adi Laksono A mengatakan...

hahaaa.. bang ketawa aku bacanya. emangbener bawa buku banyak buat apa lagian kan ujian berat-beratin doang. masalah percintaan asli ini bikin aku ketawa kalau bikin galau putusin setelah ujian balikan kalo gak mau berarti dia sedang ujian, berarti sedang ujian ya bang, kalo gebetan minta ijin dulu.. hahaaa..
mencontek karana salah orang ya bang makanya mencontek gak dianjurkan, coba kalo dulu nyonteknya ke orang yang bener bang, pasti kalo ujian enak banget gak perlu belajar.

Yoga Akbar Sholihin mengatakan...

Kayaknya emang bawa buku banyak ribet. Gue mah cuma bawa satu buku yang isinya ringkasan-ringkasan aja. :D

Gue mah asal aja kalo buang sampah mau itu organik apa non. Yang penting judulnya mah tempat sampah dan nggak buang sembarangan. Ehehe. :D

Puput mengatakan...

heheheh ho oh, soalnya setelah sadar berat bawanya, gw cuma bawa diri sama alat tulis, mencontek dah kapoook :p

Puput mengatakan...

kayaknya harus ada mata pelajaran membedakan tempat sampah yak... :p

Fei mengatakan...

Puput ituh cowok tah? Gw pikir cewek. Buwakakakakakaakkaakkkkkkk.

Jaman sekolah gw lebih sering ngitung kancing baju kalau soalnya multiple choise. Hahahaha. Waktu ujian akhir di SMA gw gak selesaiin soal matematika dgn berhitung tapiiiii milih aja deretan angka yg gw suka. Hasilnya? Nilai ebtanas matematika gw jungkir balik.

Puput mengatakan...

iya tulen cowok, bahahaha menjawab berdasarkan angka yg disuka.. art banget dong

Takuya mengatakan...

kalo zaman ujian sih mending bawa catatan kecil hasil resuman aja. trus kalo udah ujian, berpura-puralah jadi pengarang hebat, niscaya ide-ide datang dengan sendirinya. haha

Febri Dwi Cahya Gumilar mengatakan...

Aku kalau mau ujian jarang bawa buku banyaak wkwkwkw soalnya bakal ngga kebaca juga wkwkw :p
Mikirin pasangan juga nggak pernah -_- seriusaaaan wkwkw

nyonteeeeek, kalau kepepet doang. Soalnya aku penakut kalau masalah nyontek -_- takut ketahuan -_-

Puput mengatakan...

gw demen gayanya... berpura2 jadi pengarang hebat.. JK Rowling in d house... leviosaaaa

Puput mengatakan...

aha... hayooo sapa yg berani mepet2 loe feb..

Heru 'Siuplug' mengatakan...

karena galau, setiap ujian, mau UAS mau UAN, ane malah lebih suka main di rental PS waktu sekolah dulu B)
#emot_ane_keren_kan?

Puput mengatakan...

wekekek rental PS, itu baru ruaaaar biazzzzah :D

#EmotnyaGakKeliatan