Memilih Buah Mangga yang Baik

Memilih Buah Mangga yang Baik

Dengan harapan mempunyai koleksi buah yang lengkap, kita selalu mencari kios di pinggir jalan yang agak besar untuk membeli buah, 

Karena kalau kiosnya nya kecil dan jualnya  ditengah jalan, sebaiknya jangan dibeli, cukup nasehati penjualnya, untuk berjualan lebih ketengah, agar buahnya bisa menjadi jus automatis, dengan bantuan mobil dan motor yang lewat.

Bini gw demen banget sama buah mangga, permasalahannya milih mangganya lama banget, mangganya di puter-puter diperiksa seluruh badannya, dicium, ditaroh lagi di keranjang mangga.

Selanjutnya dia ambil lagi mangga lain, buat diputer-puter, diliat, dicium, ditaroh lagi di keranjang mangga, begitu terus, sampe semua mangganya puyeng karena diputer-puter.

Gw nunggu aja di motor, soalnya kalo ikut nimbrung milihin mangga, bisa gawat, malemnya bakal tidur ditemenin guling doang, gw udah punya pengalaman cukup banyak untuk gak negor cewek yang lagi milih mangga.

Selesai milih mangga, kita pulang ke rumah pake motor, sambil naik motor gw tetep kepikiran nasib mangga yang tadi di puter puter, pasti gak bisa tidur nyenyak, palanya puyeng abis di puter-puter.

Bibir gw juga gatel buat nanya mangga yang dibeli bini, karena posisi udah gak milih milih mangga, gw coba peruntungan dengan nanya:

"lama amat belinya, beli banyak yah?"

"lumayan mas, tadi cari mangga yang bagus dulu-kan"

"emangnya.. kamu tau mangga yang bagus gimana?"

"..." dia diem

"harusnya kamu tanya yg jual, kan dia lebih tau, jadi milihnya bisa cepet"

"kalau di bohongin gimana!!!" mulai ketus

"sama aja.. kan kamu juga gak tau mangga yang bagus gimana"

"...." dia diem lagi

Sepanjang perjalanan kita diem dieman, perasaan udah gak enak, hawanya udah dingin banget, padahal udah pake jaket dan tas ransel ditaroh kedepan, tapi hawa dingin masih aja tembus ke ulu hati.

Kejadian juga akhirnya.. malemnya tidur cuma ditemenin sama guling, bini dicolek colek dah gak bergeming.

Pengalaman buat para pria, kita harus bisa memahami wanita kita, kalaupun masih belajar memahami seperti gw, setidaknya kita bisa membantu mereka memilihkan mangga yang bagus buat dia.

Coba tips memilih mangga dibawah ini:

Walaupun jenis mangga sangat banyak, tapi pada umumnya untuk menentukan kematangan dari buah mangga bisa dirasakan dengan meraba mangga, tekan kulitnya, kalau terasa lembek berarti sudah matang, dan jangan juga terlalu lembek.

Kalau mau di makannya keesokan harinya, pilih yang tidak terlalu lembek, cukup yang agak keras sedikit, agar tidak terlalu matang kalau kita makannya besok.

Wangi dari buah mangga juga bisa dijadikan salah satu parameter manis atau tidaknya buah mangga, kalau sudah harum, berarti mangga tersebut bagus dan manis.

yang perlu di perhatikan, kalau mangga malah berbau seperti kotoran kucing, asam dan gak karuan, sebaiknya periksa seluruh badan buah mangga, mungkin bener mangganya kena tai kucing.

Pertanyaan selanjutnya, apakah dengan memutar mutar buah mangga kita bisa mengetahui buah mangga yang bagus atau tidak.

Jawabannya adalah... bisa, caranya adalah :

Mangga kalian putar-putar sampai dia pusing dan akhirnya mengakui sendiri, dia mangga manis atau mangga asem.

#PakaiKacaMataHitam

Share this:

CONVERSATION

49 comments:

  1. biasaya mangga yg baik itu punya surat kelakuan baik dari kepolisan loh
    jadinya mangga itu g berani buat yang engga~engga

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngurusnya berat tuh... ke kecamatan dan kelurahan dulu tuh..

      Hapus
  2. memilih buah mangga itu harus yg baik biar enak di makan nya :)

    BalasHapus
  3. Pernah beli mangga di kios buah, mangganya rapi berbaris dan menimbulkan aroma yang wangi. Langsung saya ambil dan beli tuh mangga, pas mau dimakan rasanya malah asem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah.. nah... kan, kurang teliti

      Hapus
  4. Hahhahha aku speechless lagi bacanya. Ya ya Kak. Itu kalo mau cium wangi apa engga, dari ujung mangga dikelopek bagian bekas tangkainya. Trus diendus2 deh baunya manis apa engga..

    BalasHapus
  5. Kirain cukup melihat warnanya yang kuning sama empuk-empuk gitu, doang. nyatanya ada trik khusus..

    Biar nanti saya coba kalo mau beli mangga

    BalasHapus
  6. Bhahahaha itu kirain beneran kudu diputer-puter. Ternyata alasannya cuma kayak ngancem si mangga doang. Bener-bener dah.
    Eh, tapi saya jadi tahu cara baik milih mangga. Ya semoga mangga nanti yang bakal saya pilih nggak mengecewakan. *ini apasih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. eaaaa pilih yg bertanggung jawab

      Hapus
  7. Lebih suka memilih mangga harum manis kalau milih yang ukuran besar ketahuan tuanya kalau kecil kadang belum terlalu tua jadi asem

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang besar kalo manis juga ok sie :D

      Hapus
  8. asik juga jd mangganya, dicium2.. gak papa lah pusing dikit ;)

    BalasHapus
  9. Yg harus manis blom tentu harum dan manis lohh lagi musim mangga neh

    BalasHapus
  10. Haha. Mangga diputer-puter bikin mangganya puyeng. :'))

    BalasHapus
  11. hahaaa... keren ceritanya bikin ketawa bacanya.
    boleh juga tipsnya, jadi tau milih mangga yang baik gak bau tai kucing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D waspadalah...waspadalah tai kucing dimana2

      Hapus
  12. Hahahaha, endingnya njir banget. Apaa coba, diputerin sampe dia pusing terus biar ngaku mana yang manis. Lah, kalo mangganya satu. Kalo 100 aja misalnya. Keknya orangnya yang pusing. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua pusing semua senang, kita beli kapal jet representatif

      Hapus
  13. bener banget tuh, pria emang harus lebih memahami^^
    tips terakhir belum pernah nyoba, kali aja salah satu mangga ada yang mau ngaku...

    BalasHapus
  14. thanks ya put tips sedikit absurd nya. si mangga di puter puter kasian ntar dia muntah :(
    tapi bener deh ini ilmu banget. jadi tau gimana caranya milih mangga yang bagus. kalo milih cowok yang bagus gimana yak ? muehehehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hue.. milih cowok yg baik juga bisa kok di puter2... puter2 aja kalo dia masih sabar... kemungkinan dia cowok baik

      Hapus
  15. nice inpoh nih buat milih mangga, btw sedikit ngakak ane hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma mangga aja ya, jng pilih yg lain

      Hapus
  16. Besok-besok bawa alkohol sekalian, dimasukin ke dalam alkohol kan bisa mabuk. Ntar ngaku hahhahahha

    BalasHapus
  17. Mangga harum manis... paling saya suka... :D
    Untuk yang jenis mangga lainnya juga suka kalau gratis... hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakkaka... indramayu dong mak nyooos

      Hapus
  18. Dan rumah tangga pun berantakan karena mangga. Heheheh piss mas. Salam kenal yaa baru pertama kali mampir ke blognya. Seruu nih mas! \(w)/

    BalasHapus
  19. Hehehehe akhirnya jadi lucu ya Mbak, hayoo ngaku mangga, kamu manis apa asem, kalo nggak ngaku diputer2 lagi nih ya, wkwkwkwkwkwkw :) makasih tipsnya Mbak hehehehehe :)

    BalasHapus
  20. lain kali kalo nemenin beli mangga lagi, jangan lupa bawa makanan kecil mas. sama snack. atau tipi. plus playstation juga. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew bisa lama... ampe besok itu

      Hapus
  21. Wahahanjeeer berantem gara-gara mangga ini kocak. XD

    Hm, tip yang terakhir itu kok ngaco, ya? Gue beneran ngebayangin pas si mangga bilang, "Ampun, Bang. Jangan puter-puter aku lagi, aku mangga yang asem nih. Mungkin mangga yang itu manis." :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok gw jadi merasa kasihan sama mangganya.... :(

      Hapus
  22. ngakak bacanya :D jadi mikir, jangan2 gw juga gitu kalo milih mangga, hmmmm...

    BalasHapus
  23. Saya ga jago milih buah, suami yg jago

    BalasHapus
  24. Bagaimana kalau diicip satu-satu mangganya? hahaha

    BalasHapus
  25. Tips nya okeh, hehehe... Lebih gampang kalo beli mangga yang sudah sertifikat manis dan halal, :)

    BalasHapus