Mencari Soal UN yang Bocor


https://openclipart.org/detail/25187/architetto-blocco-notes

Baru kemaren gw baca berita, soal UN kali ini bocor, dan gw yakin banget, ini bukan yang pertama, bahkan semenjak jaman gw, EBTANAS kalau gak salah, udah bocor juga.

Inget banget, selesai ujian akhir, besoknya kita dikumpulin lagi di ruangan kelas, dan di informasikan kalau ujian diulang, jelas.. kita panik.

Guru menambahan, kalau tidak semua ujian harus di ulang, dan belum tentu kita akan mengulang, ada penyelidikan dahulu sebelum memutuskan siswa mengulang atau tidak, karena kita semua merasa menjalankan ujian dengan baik, jelas.. kita gak jadi panik.

Mereka akan membandingkan nilai raport tahun sebelumnya, dengan nilai ujian yang kita dapat saat ini, jelas.. kita panik lagi.

Bisa jadi kita lagi sial di ujian raport tahun lalu, dan lagi hoki di ujian akhir ini, dan ada kemungkinan kita di suruh ngulang ujian lagi.

Diumumkan lah siapa saja yang ngulang ujian akhir..

Seketika banyak air mata bercucuran, walaupun gw gak liat orang jual kue cucur waktu itu, sementara gw cuma bisa ngawang-ngawang mikirin kuliah dimana setelah lulus SMA.

Itu jaman dulu, dimana Handphone masih sesuatu banget, bahkan menurut legenda masih ada orang yang menggunakan kedipan mata untuk berkomunikasi, soal ujian akhir yang seharusnya menjadi rahasia antara aku dan kamu, sampai akhir dunia memisahkan kita, bisa bocor.

Apalagi jaman sekarang, dimana anak baru lahir fotonya bisa langsung nyebar diseluruh dunia, seharusnya yang punya hajat UN lebih ektra berhati hati menghindari bocornya soal UN, masak iya udah betahun tahun kasus kayak gini berulang lagi.

Sebenernya banyak lho solusi anti bocor, kemaren gw liat di TV ada iklan cat NoDrop, anti bocor, atau kalo masi rembes pake Laurier yang konon katanya menggunakan sayap tambahan, bahkan tukang ember keliling aja berani bilang dengan lantang, ember anti bocooor.. ember anti bocooor.. dengan bukti embernya di pukul pakai ember lain... bunyinya bledaaar.. bledaaar.. anti bocor.. anti bocoor, kita pinjem aja ember ajaib itu.

Apapun itu, semoga kedepan UN bejalan dengan lebih baik, dan selamat yang sudah ujian, semoga hasilnya baik, dari segi manapun.

Naaah... kebetulan gw sendiri gak ngulang ujian akhir waktu itu, berarti ada dua kemungkinan yang terjadi, pertama, gw jujur dan mengerjakan soal dengan seksama mengikuti petunjuk yang ada, mengerjakan soal yang mudah dahulu menggunakan pensing 2B unggulan, atau bocoran ujian akhir yang gw dapet salah.




Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar