Mengapa Batu Istimewa di Indonesia

https://openclipart.org/detail/195838/quartz-crystals

Dinegara mana lagi, batu direndem air bisa dijual?

Pertama kali gw maen batu, sewaktu gw duduk di bangku sekolah dasar(SD), gw maen dampu. Bisa dibilang, gw termasuk salah satu yang handal dalam bermain dampu, bahkan gw membayangkan, kalau dampu dilombakan ditingkat dunia, seperti olimpiade, gw siap mewakili Indonesia untuk merebut medali emas.

Itu jaman dahulu, sekarang gw gak maen batu lagi, tapi kerennya, disaat gw gak maen batu, euphoria batu di Indonesia malah menjadi jadi, yup batu akik. Batu akik udah gak berkonotasi klenik dan tua lagi, tua dan muda, kenik dan ilmiah, semuanya maenan batu akik.

Beberapa waktu lalu, gw makan siang di Department Agama gambir, kebetulan ada bazar, banyak yang jual makanan kecil, pakaian, aneka minuman, dan coba tebak, kios apa yang paling rame, yup.. kios batu akik, dan disitu ada batu yang berbentuk bongkahan kecil-kecil dan direndam air, dan di jual. Keren kan, bongkahan batu direndam air, bisa laku dijual.

Masih inget dong, beberapa tahun lalu, sewaktu handphone baru booming, sepenjuru jalan, setiap pengkolan, dan di antara gang, pasti ada kios kecil yang jualan pulsa dan handphone second, lalu dipenuhi orang nongkrong disekitar kios pulsa tersebut, mereka menjamur cepat bak mencret yang gak bisa di tahan.

Mirip kios pulsa, saat ini hampir sepanjang jalan pulang dari kantor ke rumah, bermunculan kios batu akik termasuk asahannya, dan banyak orang berkerumunan di sekitar kios batu akik tersebut, ada yang liat koleksi batu, ada yang asik ngasah, ada yang ngeliat orang ngasah, ada juga motor yang berhenti sebentar untuk nengok kios tersebut.

Banyak muncul kios akik dengan asahan, pasti karena banyaknya orang yang jual batu bongkahan yang belum jadi akik, mereka pasti pingin batunya diasah juga, disitulah rumus ajaib suply and demand bermain dengan beautifulnya.

Karena banyak orang yang ingin mengasah batunya, harusnya fenomena ini cepat ditangkap oleh waralaba setingkat Nasional dan Internasional, setaraf Star Buck, KFC atau J-Co, seharunya selain menyediakan WI-FI gratis, mereka juga menyediakan asahan batu akik gratis.

Kebayang dong, anak mudah jaman sekarang, jalan-jalan ke Mall, sambil bawa batu,

"Mau kemana sob..?"

"Mau ngopi di J-Co sob.. sekalian cari Asahan gratis"

"Mas.. punya Asahan gak?.. kalo gak.. gak jadi ngopie nie"

"Mas..Mas.. Asahannya pake password  gak? saya coba kok gak bisa ya..!"

 "Liat tuh cewek, beli es teh 10rb, tapi ngasah batu seharian"



Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Poskan Komentar