Membuat Timeline Twitter Muncul di Blog


Sesuai dengan judulnya, dibawah ini gw mo sharing gimana caranya membuat postingan twitter kita muncul di blog, kebetulan gw pake blogspot gratis dari google, makanya postingan ini di khususkan buat mereka yang menggunakan blogspot sebagai enggine blognya.

Tapi tidak menutup kemungkinan sebagai referensi bagaimana cara mengambil code twitter timeline untuk di implementasi engine blog popular lainnya seperti wordpress, karena untuk mengambil code twitter timeline sifatnya umum saja.

Langkah pertama, kita harus punya account twitter, itu sifatnya wajib, kalau gak punya account twitter, silahkan baca-baca postingan blog gw yang lain, sapa tau menghibur.

Kedua, login twitter di komputer dan buka twitter setting seperti gambar dibawah ini,



Dilanjutkan dengan KLIK, kalau di plototin aja settingan twtternya gak akan kebuka, pernah coba gw plototin 1 menit dan settingannya gak kebuka, emang harus di KLIK.





Lalu disebelah kiri bawah ada tulisan "Widget" itu juga di KLIK, gak akan bisa kebuka juga kalau di plototin, dan jangan tanya apa gw pernah mlototin lagi, lihat gambar di bawah.






Setelah kebuka halaman widgetnya seperti gambar dibawah, klik tombol "Create New", di KLIK ya, jangan di KLIK tombol yang lain, ingat.. hanya tombol "Create New".



Kalau sudah, nanti akan terbuka halaman "Create a user widget", dan untuk pertama kali ini, gak usah bingung karena settingannya banyak, pokoknya langsung aja klik tombol "Create Widget",


Selanjutnya akan loading sebentar, gak perlu ditinggal bikin kopi, langsung muncul kode buat kita copy dan paste ke blog kita, seperti dibawah ini.

Kalau kalian merasa senang menghapal, gak usah di copy dan paste, cukup diapalin diluar kepala dan ketik ulang nantinya, kalau gw sie enggak deh.

Balik ke settingan blog kita di blogspot, dan cari settingan Layout seperti gambar dibawah ini,


Kalau sampai gak ketemu settingan Layoutnya, harus ditanya lagi apakah sebenarnya kalian menggunakan engine blog dari google atau menggunakan engine blog yang lain.

Selanjutnya cari kata-kata "Add a Gadget" di posisi yang sesuai dengan perkiraan muculnya timeline twitter yang kalian harapkan, kalau menunya kebuka, pilih "HTML/JavaScript Add", lihat gambar dibawah.



Tapi kalau menunya tidak terbuka, harap ketuk pintu perlahan 3 kali, ucapkan salam dan tunggu beberapa menit. kalau masih gak buka, silahkan merenung dan pikirkan perbuatan kita sudah baik atau belum selama ini.

Selanjutnya, paste kode yang kamu dapat dari twitter kedalam kotak Content, hasilnya seperti gambar dibawah ini.


Kalau kalian belum copy kode dari twitter.. gw sangat sedih, kan tadi udah gw kasih pilihan untuk menghapal, kenapa gak kalian apalin.


Oh ya, jangan lupa.. klik tombol "Save", kalau sampe tombol "Cancel" yang loe klik, mendingan baca postingan blog gw yang lain.

Seharusnya setelah save, akan muncul twitter timelinenya di blog kita,  tapi apakah sudah selesai? belum... selanjutnya follow twitter gw di https://twitter.com/puputse

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar