9 Trend Sinetron Indonesia



"Aku harus kuat, aku harus cepat sehat, aku harus menyelamatkan Mentari", itu adalah cuplikan prolog dalam salah satu sinetron di Indonesia. Berdasarkan wikipedia, sinetron adalah kependekan dari sinema elektronik, atau dapat di artikan sandiwara bersambung yang dapat disaksikan melalui media elektronik yaitu televisi. Umumnya sinetron bercerita mengenai kehidupan sehari-hari manusia di Indonesia yang nantinya di sisipi konflik-konfilk yang membuat sinetron seharusnya semakin menarik untuk tetap disaksikan.

Sinetron sendiri sudah lama hadir di tengah-tengah kita, menemani hari-hari kita dalam membuang waktu, walaupun serbuan sinema-sinema asing marak di Indonesia beberapa waktu lalu –sinema asia dan sinema latin- sinetron masih bisa bertahan sampai sekarang.

Trend cerita dalam sinetron tampaknya memiliki kesaamaan dalam satu periode tertentu, apa bila ada satu sinetron dengan cerita tertentu sukses maka hampir semua sinetron bercerita yang sama, saya akan mendaftar seingat saya trend sinetron di Indonesia.

1. Trend cerita budaya Betawi , di pelopori oleh si Doel, setelah itu muncul banyak sinetron yang bercerita kebudayaan betawi, dan dimainkan oleh tokoh-tokoh Betawi.

2. Trend kisah cinta-cintaan, dipelopori oleh suksesnya AADC, bahkan AADC pun ikut di sinetronkan.

3. Tren jiplak gak ngaku, dipelopori oleh suksesnya sinema asia, maka sinetron Indonesia pun mencoba meniru cerita sinema asia tersebut, tetapi karena materi pemainnya berbeda dan ceritanya agak di melencengkan sedikit, maka ya gak ngaku deh.

4. Trend religi, keinginan mendulang sukses di bulan suci, maka banyak sekali sinetron religi bermunculan di bulan suci.

5. Trend cerita kerajaan jawa, dipelopori oleh suksesnya kisah-kisah mak lampir dan kawan-kawan.

6. Trend cerita legenda di sadur dengan kehidupan modern, curiga saya ini meniru sukses film romeo and Juliet, yang diceritakan kembali dalam kehidupan modern.

7. Trend benda ajaib, ada anak baik memiliki benda ajaib dan wuzzz kita langsung teringat Doraemon dan kantung ajaibnya.

8. Tren pemeran utama pembantu, entah siapa yang memulai tetapi ada Cahaya, Azizah, trus si Sandra dewi, Mentari , Suci. Trus apa lagi yah ?.

9. Tren anak hilang, mulai bermunculan cerita anak yang hilang dan setelah di telusuri ternyata anak si orang kaya. Sinetronnya seingat dan setahu saya ya si Aya itu, trus Mentari juga, dan bahkan dua sinetron baru RCTI juga bercerita tentang anak hilang, satunya Jelita yang dimainkan Agnes Monica –saduran sinema latin Rosalinda (curiganya)-, satunya lupa tetapi yang main Marshanda, baru di episode awal langsung Marshanda kecil hilang di pasar, "Plok Cape Deh"

Tampaknya bila kita renungkan ada sesuatu atau seseorang yang mengatur persinetronan Indonesia, seseorang atau sesuatu ini sengaja memberikan tontonan yang monoton kepada penduduk Indonesia tercinta, mereka sengaja mencuci otak kita untuk tujuan tertentu dan jahat di masa depan nanti. Bisa jadi ini rencana licik kelompok tertentu untuk menguasai Indonesia dan bahkan Dunia. –kayaknya saya udah kebanyakan nonton sinentron nie-

Atau simple, mereka hanya ingin rating tinggi, iklan banyak dan banjir duit.

Share this:

CONVERSATION

12 comments:

Zee mengatakan...

Trend mistik & juga tuh...
dikit-dikit kena azab.... :D

Sigit mengatakan...

sumpah.....
emang paling males nonton sinetron,sinetron yg bertema religi jarang saya tonton juga tuh....

saya sering heran juga,ada adegan anak kecil bentakin orang tua ato pembantu,pengemis dll,padahal sang anak masih usia sekolah

gak ngerti....

detnot mengatakan...

waduh jeng, gk pernah nonton begonoan :D

Puput mengatakan...

@zee
wah iya tuh, kelupaan :D
lucunya kadang judulnya sudah menceritakan semua cerita sinetronnya, contoh "Kakek tua yang terkena azab karena memakan barang haram hasil korupsi", jadi cukup baca aja judul sinetronya, gak usah di tonton :p

@sigit
namanya juga sinetron mas, jangan di ambil hati nanti pusing sendiri, nikmatin aja pemainnya kekekkekke :p

@detnot
wah sayang sekali, padahal banyak pelajaran yg diambil dari sinetron lho, terutama "sabar" :p

Nazieb mengatakan...

Ada lagi mbak...
Tren hilang ingatan..

:D

antown mengatakan...

saya baru tahu kalo sinetron itu ada kepanjangannya. Mmmm, makasih ya. bagus nih blognya

salam kenal
karyasaya.blogspot.com

sluman slumun slamet mengatakan...

jangan mau anak cucu kita dicuci otak oleh keluarga punjabi
:d

Totok Sugianto mengatakan...

senjata saya cuman remote saja, jika acara sinetron pasti saya ganti entah animal planet atau acara lain asal bukan sinetron :D

Puput mengatakan...

@nazieb
bukan di sinetron aja tu, dimana2 pada lupa ingatan :D

@antonw
salam kenal juga

@sluman
hayaaah Gubrag :)

@totok
nanti akan muncul sinetron binatang lho. hehehe :P

Pitshu mengatakan...

lagi musim banget, cewenya miskin jadian sama cowo anak orang kaya

ga nonton aja udah males hahahaha ^^

Ningtyas mengatakan...

woo....kyke emang smua alur sama yuh??kita sbage penonton uda bisa nebak alurnyah kyk apah..humm...jadi gag ada tantangan liat sinetron
*ekspresi bela diri coz tipi uda digondhol yg empunya :(

http://myangelistyas.blogsome.com

waterbomm mengatakan...

sinetron? -pencet tombol off-