Upaya menjaga keutuhan NKRI



Upaya menjaga keutuhan NKRI merupakan cara atau langkah yang harus ditempuh untuk mempertahankan persatuan NKRI. “NKRI harga mati”, itulah kalimat yang sangat sering kita dengar. Sebuah kata yang menunjukkan akan kecintaan pada republik Indonesia. Sebuah kata yang penuh akan semangat dan daya juang dalam mempertahankan bangsa. NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) merupakan suatu tempat yang diperjuangkan oleh para pejuang dan para pahlawan demi kemerdekaan atas sejengkal tanah diatasnya. NKRI merupakan lambang dari sebuah perjuangan tiada henti untuk mencapai martabat sejati dimata bangsa-bangsa lain. Persatuan NKRI adalah hal yang wajib dan dibebankan oleh setiap individu orang yang berada diatasnya. Sang proklamator Bung Karno pernah berujar bahwa suatu saat keutuhan NKRI akan bergantung pada rakyatnya sendiri. segala ancaman dari dalam diri merupakan ancaman terbesar yang bisa memecah NKRI. Kesatuan NKRI adalah hal yang paling penting dalam suatu kehidupan berbangsa. Banyak hal yang bisa memecah belah kesatuan NKRI
 
karena bangsa ini terdiri dari beratus-ratus suku dan budaya serta adat sehinga tidak mudah untuk menyatukan asa dan pikiran. Perselisihan antar suku sendiri menjadi musuh utama dan ancaman yang nyata bagi persatuan NKRI. Sehingga dari sini bisa dinilai bahwa kesatuan NKRI bisa dijaga oleh penduduk yang tinggal dalam negeri tersebut.

Diperlukan sikap-sikap yang nyata sebagai upaya menjaga keutuhan NKRI bagi warga yang tinggal di dalamnya. Sikap-sikap tersebut bisa dicerminkan pada hal-hal berikut.

Cinta Tanah Air
Layaknya cinta pada seseorang yang tidak ingin menyakitinya dalam kondisi apapun, kapanpun dan dimanapun. Cinta tanah air juga ditunjukkan dengan membuat negara ini terlihat sakit dimata dunia. menyayangi negara ini haruslah diungkapkan dengan tindakan yang nyata. Mencintai negara Indonesia akan terlihat dari dampak dari tindakan keseharian kita. beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai ungkapan rasa cinta terhadap tanah air adalah
-       Bangga akan produk dalam negeri sehingga tidak perlu melakukan banyak impor  yang hal itu bisa menurunkan harga diri pada negara kita. dengan menggunakan produk sendiri akan menunjukkan bahwa negara kita bisa bekerja dengan mandiri dan mampu bersaing dengan negara-negara lain.
-       Membuat inovasi dan kreasi yang membanggakan negeri dimata dunia. ajang perlombaan tingkat internasional sudah banyak digelar baik di bidang  olahraga atau bidang yang lainnya. Sebagai warga yang cinta akan negerinya pastinya harus berjuang sekuat tenaga agar mampu diperhitungkan oleh bangsa yang lain.
-       Bersikap layaknya orang yang berpendidikan dan menunjukkan ciri khas Indonesia yang ramah dan bersahaja. Perilaku yang bisa kita tunjukkan pada keseharian adalah sikap toleransi dan saling menghargai akan keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia.

Membina Persatuan dan Kesatuan
Membina persatuan dan kesatuan merupakan arti dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda-beda akan tetapi tetap satu juga. Sebagaimana kita tahu bahwa dalam bangsa ini terdapat berbagai suku bangsa dan bahasa dengan budaya yang berbeda pula. Kesenjangan antara satu dengan yang lain sangat dibutuhkan demi terciptanya kesatuan dan persatuan. Beberapa tindakan yang bisa kita lakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan adalah
-       Menjalin persahabatan dan saling gotong royong untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.
-       Saling bekerja sama antar daerah demi menyamaratakan rasa cinta terhadap tanah air.
-       Tidak membeda-bedakan dalam memilih teman antar suku.
-       Mempunyai rasa simpati dan empati terhadap sesama penduduk bangsa.
-       Menerima saran dengan lapang dada dan penuh dengan kesederhanaan hati.

Rela Berkorban 
sikap ini adalah sikap yang paling diperlukan dalam upaya menjaga keutuhan NKRI. Tak banyak orang yang memiliki sifat ini karena lebih mengedepankan egonya masing-masing. Sifat yang ingin menang sendiri membuat negara ini akan tertinggal dan mudah untuk dipecah belah. Demi keuntungan pribadi sampai rela mengorbankan kepentingan orang lain. Rela berkorban bukan hanya ditunjukkan ketika negeri ini mendapatkan serangan dari bangsa luar. Akan tetapi sikap rela berkorban juga bisa kita tunjukkan pada kehidupan sehari-hari.
-       Menghindari aksi korupsi baik secara materiil maupun korupsi waktu.
-       Bekerja keras demi mengharumkan nama bangsa dan menjaga martabatnya.
-       Mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.
-       Saling menghormati dan tidak saling menjatuhkan antara satu dengan yang lain.
-    Mudah memaafkan orang lain yang memiliki kesalahan sebagai bentuk rela mengalah yang dapat dikatakan sebagai upaya menjaga keutuhan NKRI.

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Poskan Komentar