J2ME tutorial, Membuat animasi kambing

J2ME Tutorial

Selamat hari raya Idul Adha kawan, berhubung kantor lagi libur panjang maka gw pengen bikin tutorial J2ME yang berhubungan sama kambing, kok kambing ?. Yup, momentnya pas banget sama kambing, soalnya akhir akhir ini gw liat kambing di mana mana.

Tutorialnya J2ME sederhana ini cuma menceritakan gimana menggerakan karakter kambing ke kanan dan kekiri, di dalam suasana rerumputan nan asri dan damai. Nantinya kambing itu akan menggoyangkan kepalanya turun naik pada saat kambing tersebut berjalan kekanan atau kekiri.

Ada 3 Class yang gw bikin untuk tutorial J2ME sederhana ini, yaitu

SpriteKambing : Class turunan Sprite yang menggambarkan karakter kambing, disinilah dituliskan apa saya yang bisa di lakukan oleh si kambing.

CanvasAnim : Class turunan Canvas yang isinya adalah method paint untuk menggambar dan beberapa method untuk merekam aksi dari tombol HP. Btw saya tidak menggunakan GameCanvas karena animasi yang saya buat cukup sederhana.

MainMidlet : Class turunan MIDlet yang akan menampilkan Class CanvasAnim

Kebayang kan apa yang gw lakuin sama kambing itu, biar lebih jelas gw akan jabarkan satu per satu,

SpriteKambing

J2ME Tutorial

Constructor Class SpriteKambing menggunakan Image yang terdiri dari dua frame, frame pertama adalah gambar kambing dengan kepala keatas dan yang kedua adalah gambar kambing dengan kepala yang menunduk, dari dua frame tersebut yang nantinya dapat membentuk animasi kambing kepalanya goyang goyang. Implementasinya menggunakan Thread, untuk melakukan looping animasi kepala kambing yang goyang goyang, untuk logika penentuan frame mana yang akan di tambilkan di layar diletakan di method run().

Mehtod moving() dan idle() adalah tempat untuk melakukan perubahan status kepada SpriteKambing, dari situ dapat ditentukan kapan kambing menggoyangkan kepalanya dan kapan juga kambing harus diam manis tak menggoyangkan kepalanya.

CanvasAnim

J2ME Tutorial

CanvasAnim adalah Class turunan Canvas, yang berisi method paint() yang di dalamnya terdapat deklarasi penggambaran background dan SpriteKambing, untuk mengupdate layardi gunakan method repaint() yang di jalankan di prosses tersendiri menggunakan Thread.

keyReleased() adalah method yang menangkap tombol yang dilepaskan, disitu gw pasang method idle() dari SpriteKambing, artinya sesaat tombol dilepas kambing harus diem gak boleg gelengin kepalanya, keyRepeated() untuk menggerakan kambing kekanan dan kekiri.

MainMidlet

J2ME Tutorial

MainMidlet adalah Class turunan MIDlet di dalamnya saya hanya melakukan setDisplay() yang mengarah pada Class CanvasAnim.

Kalau mau download Source Code bisa klik disini

Kalau mau jalanin filenya di HP bisa langsung klik disini

Kalau mau liat tutorial J2ME yang lain bisa klik disini

logoblog

Share this:

CONVERSATION

26 comments:

  1. yang sapi bisa buat ngga , hehe

    BalasHapus
  2. bs ajarin gw langsung gag?? ^_^

    BalasHapus
  3. @yos
    sapi kegedean :p gak muat

    @zhoya
    langsung yang gimana mas :D

    BalasHapus
  4. mas...saya mau buat aplikasi j2me juga tapi yang pemesanan makanan via wireless gt..
    bisa bantuin buat tutorialnya gk?
    biar saya bisa belajar..

    BalasHapus
  5. @rebecca
    kalo menurut saya lebih baik bikin pemesanan makanannya di web aja, nanti tinggal buka di HP lewat browser web nya. lebih mudah gitu menurut saya, kecuali ada fitur2 yang memang hanya bisa di lakukan di J2ME.

    BalasHapus
  6. wah lucunya.. :D saya jadi tertarik belajar J2ME.

    come to Blog Bisnis

    BalasHapus
  7. mas puput nech animasinya pernah di game orang,,skarang gamenya saya sudah kembangkan untuk dijadikan penulisan ilmiah (PI) saya tolong dibantu donk mas time pada gamenya jd berantakan
    gmana yah scriptnya???
    permainan pada game itu menggiring domba kedalam kandang..

    BalasHapus
  8. @indria
    Menggunakan TimerTask yah, kemungkinan kamu belom close atau stop TimerTask yang satu kamu udah mulai TimerTask lagi, kalo itu bisa bikin kacau memang, coba aja kamu debug masing2 method run nya..

    BalasHapus
  9. Mas kambingnya kok gak mau gerak :(

    BalasHapus
  10. Maap mas puput, ternyata bisa gerak kalau mencetnya lama. Bikin lagi dong tutorial sprite yang kalau di pencet bisa loncat

    BalasHapus
  11. @anonim
    ^^ sukurlah kalau sudah bisa gerak, mungkin tadi kambingnya belum di kasih makan hehehhe [bercanda]

    hmm ide bagus tuh.. thanks

    BalasHapus
  12. mas, kalu bkin game j2me librarynya pakai apa ya?

    BalasHapus
  13. mas, kalu bkin game j2me librarynya pakai apa ya?

    BalasHapus
  14. @Anonim
    J2me mulai versi 1.2 udah ada javax.microedition.lcdui.game, bisa pake itu, aja

    BalasHapus
  15. mas,cara untuk membuat level d game mobile itu gmn mas?

    BalasHapus
  16. kalo saya biasanya per level itu per Canvas

    BalasHapus
  17. lalu cara k next levelnya bagaimana?,,saya bikin pakai if else sama switch case ko nda mau,,

    BalasHapus
  18. coba kamu ke link di bawah ini

    http://www.puputs.com/2010/08/j2me-tutorial-pindah-menu-antar-canvas.html

    BalasHapus
  19. mas tany, klu bikin level untuk play gamena gmna ya? jadi klu lagi main trus sampe scrore berapa trus bsa langsung ke next level gitu mas.... maaf mas tanya na macam-macam...

    BalasHapus
  20. @shanty
    kamu harus bikin logic di game loopnya, selalu cek scorenya, kalo kondisi terpenuhi langsung kamu pindah ke display lain atau level berikutnya,

    kalo mau tau gimana pindah display, buka link dibawah

    http://www.puputs.com/2010/08/j2me-tutorial-pindah-menu-antar-canvas.html

    BalasHapus
  21. mas mau tanya, klo mau bikin menu back misal menuutama pilih play,muncul slide show story(class canvas) trus klik fire muncul game(game canvas),trus klu mau
    back ke menu utamanya gimana ya?

    kok saya bikin listing program na kayak di

    http://www.puputs.com/2010/08/j2me-tutorial-pindah-menu-antar-canvas.html

    kok gak mau ya mas................................

    BalasHapus
  22. Put, kyaknya lebih bagusan prioritaskan ke Netbeans n Nokia dech, untuk IDE n ponselnya..

    cuma usul aja, aq yakin lu ngerti alasannya kan :)

    Btw, lanjutin posting dah \(^^)/

    BalasHapus
  23. @deci
    Sebenernya back itu sama aja, kamu nampilin Displayable yang udah ada sebelumnya, state masing2 kamu save di suatu tempat,

    gak munculnya gimana?

    @Anonim
    usulnya menarik.. maksudnya agar Fokus begitu kan.. ^^

    tapi sayangnya gw Blog umum.. jadi gak berani Fokus.. :D

    Thanks masukannya.. :)

    BalasHapus
  24. ya, samasama :)

    lagian, labor2/kampus2 juga kebanyakan menggunakan Netbeans. Dan Nokia adalah merek yang terbanyak digunakan.. akan lebih bagus kalau artikel2 j2me mu bisa dijadikan bahan belajar oleh lebih banyak orang kan, yakni dengan menyesuaikan IDE dan medianya :)

    ujung2nya apresiasi pengunjung juga akan bertambah, y nggak?
    btw, lanjut deh bikin eksperimen2 sebanyak n sebagus mungkin.. semoga tambah berkah ^^

    BalasHapus
  25. @anonim
    thanks semangatnya, :D berarti banget

    BalasHapus
  26. mas puput waktu di run di emulator kok gak bisa gerak ya?

    BalasHapus