Apakah Superman melanggar hukum kekekalan momentum ?


Siapa yang nggak kenal Superman, superman adalah mahluk dari planet krypton yang tinggal di bumi, masa kecilnya di asuh oleh keluarga Kent dengan cinta dan kasih sayang. Superman hidup di bumi dengan kepribadian ganda, disisi lain dia adalah manusia culun yang berkerja sebagai reporter, sisi lainnya dia adalah manusia super yang suka menolong dan memiliki kekuatan lebih dari manusia biasa. Ototnya kuat bagai baja beton, matanya memiliki pandangan tembus pandang dan mimiliki pancaran sinar laser, hembusan nafasnya dapat membuat beku segalanya.

Preeeet, lama banget pembukaaannya. Jadi gini ceritanya, ada anak fisika aneh yang komentar dan kekeh banget kalo Superman, Jhony the Torch di Fantastic Four dan yang sejenisnya itu melanggar hukum kekekalan momentum, yang menyatakan kalau ada sesuatu yang kedepan maka harus ada sesuatu yang kebelakang.

Superman itu bisa melayang di udara dan terbang dengan seenaknya, lurus kedepan tanpa adanya dorongan kebelakang. Dia mencontohkan pesawat jet, untuk terbang kedepan dibutuhkan dorongan kebelakang yang membutuhkan banyak bahan bakar.

Rupanya dia lupa 1 hal, yaitu gravitasi. Gravitasi adalah gaya tarik menarik antara satu benda dengan benda yang lainnya, dan di pengaruhi dari massa masing masing benda. Makin besar massa sebuah benda maka makin besar gravitasinya. Contoh massa manusia yang se uprit di bandingakan dengan Bumi, maka apabila manusia ingin terbang melayang harus membutuhkan dorongan yang kuat untuk mengalahkan Gravitasi bumi.

Tapi ini Superman, bukan manusia biasa. Superman memiliki massa yang tidak sama dengan manusia biasa, bahkan mungkin Superman bisa memiliki massa yang sama atau bahkan lebih besar dengan Bumi, bisa jadi karena sangat besarnya massa dari Superman maka dengan mutlak gaya Gravitasi bumi tidak berpengaruh kepada Superman, bahkan mungkin Bumi yang akan berpengaruh pada Gravitasi Superman.

Kalau memang Superman memiliki Gravitasi yang lebih besar dari bumi, kenapa bumi tidak berpengaruh kepada Gravitasi Superman ? Disinilah bedanya Bumi dengan Superman, menurut ilmuwan yang ada di bumi, bumi itu adalah benda angkasa yang memiliki massa 5.98 × 1024 kg dan terdiri dari iron (32.1%), oxygen (30.1%), silicon (15.1%), magnesium (13.9%), sulfur (2.9%), nickel (1.8%), calcium (1.5%), dan aluminium (1.4%) dan lain lain lah, Intinya kagak ada otaknya.

Gimana kalo Superman, belom ada ilmuwan di Bumi yang meneliti Superman, menurut gw Superman dengan mudah menggunakan otaknya dapat mengendalikan massa nya sendiri, lho kok bisa ?. Ingat kalau dia dari planet krypton, cara pandang kita terhadap apa itu massa dan gravitasi sangat lah beda. Apabila di bawa keBumi maka ada suatu ruang kosong yang belum kita temukan.

Masalahnya adalah si anak fisika aneh itu hanya terpaku pada text book yang sudah ada di Bumi, seharusnya dia belajar sejarah dahulu sebelum belajar Fisika. Jaman dulu ilmuwan lokal Bumi bilang kalo Matahari lah yang berotasi terhadap Bumi, sekarang orang pake teori kalo Bumilah yang berputar pada Matahari. Kalau sekarang loe cuma berfikir hanya massa yang menentukan besarnya Gravitasi, maka loe harus bergerak lebih cepat menemukan variable lain yang menentukan besarnya Gravitasi, Itu juga kalo loe mau hadiah Nobel, Intinya adalah dari sikap loe memandang dunia ini.

Ghayakakakakak gw demen banget kata kata kayak gituan, gw ulang lagi ya, Sikap, Sikap, Sikap inget ya, Sikap.


Share this:

CONVERSATION

11 comments:

  1. duh sampe pusing saya :D yang penting superman tetep superhero idolaku! :)

    BalasHapus
  2. baca lagi... baca lagi... lagi baca.... hhhmmm.... superman ya...? tapi tetep superman yang pake celana dalem diluar kan ini???? g nyambung ya... hhh.. gpp lah..

    BalasHapus
  3. yang jadi masalah ; mana supermannya,hehehe
    superman bisa terbang itu mungkin karna beda grafitasinya yaa?

    BalasHapus
  4. apa bedanya superman dengan superboy? superman adalah superboy yg udah tua, gt ya? hehehee..

    BalasHapus
  5. @jimmy
    huehhehe iya, tetep idolah yah

    @kidung
    iya gpp kaleee, makasih

    @duadua
    itu diatas :p

    @zee
    iya betul banget :p

    BalasHapus
  6. okeh... jadi ceritanya ada yang pengen jadi suparman niy?... eh salah.... superman yaaaa?.... :D

    BalasHapus
  7. @mela
    iya kak pengen bisa terbang :p

    BalasHapus
  8. gravitasi disini beda ma planet tempat superman..

    BalasHapus
  9. @tukang
    udah pernah ke planetnya superman yah. :p

    BalasHapus
  10. ehm sebenarnya hukum kekekalan momentum berlaku juga buat superman;
    Apabila ada sesuatu yang ke depan, maka ada yang kebelakang.

    Pikirkan baik-baik. Pesawat jet terbang karna ada dorongan GAS BUANG dari corong gas nya = Hukum kekekalan momentum.

    Bagaimana dengan superman? hehehe..

    BalasHapus
  11. buang terus dong si superman itu :p

    BalasHapus